Sponsors Link

7 Cara Cepat Menurunkan Demam Anak Kurang Dari 5 Menit

Sponsors Link

Meningkatnya suhu tubuh atau lebih sering disebut dengan demam bisa terjadi pada saat tubuh sedang melawan segala jenis infeksi yang menyerang tubuh seperti batuk pilek dan penyakit lainnya. Jika tubuh anak sedang mengalami demam, maka sebenarnya ada beberapa cara menurunkan demam anak kurang dari 5 menit yang bisa anda lakukan di rumah. Namun jika demam tinggi atau peristen terjadi, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan anak anda ke dokter. Demam tinggi yang terjadi pada anak bisa merusak otak sehingga secepat mungkin harus segera diturunkan seperti beberapa cara berikut ini yang bisa anda lakukan sebelum membawa anak anda ke dokter.

ads
  1. Kentang Parut

Kentang yang di parut atau dihaluskan menjadi pasta sangat ampuh untuk menurunkan gejala demam pada anak secara cepat. Anda hanya perlu memasukkan pasta kentang ke dalam kaus kaki bersih dan kenakan kaus kaki tersebut pada anak yang bisa menurunkan suhu tubuh tinggi pada anak dalam beberapa menit saja.

  1. Campuran Brendi dan Air

Mencampur brendi dengan air juga menjadi cara terbaik berikutnya untuk menurunkan demam anak kurang dari 5 menit. Campur setengah cangkir air dengan setengah cangkir brendi kemudian rendam kain katun tipis didalamnya. Masukkan kain yang sudah direndam tersebut dalam kaus kaki dan kenakan pada anak.

  1. Berikan Suplemen Kalsium dan Vitamin D

Salah satu fungsi utama dari jenis demam adalah untuk menarik kalsium yang bisa terionisasi keluar dari tulang dan kemudian dibawa ke darah untuk melawan infeksi. Proses ini kemungkinan akan membuat tubuh anak terasa sakit sehingga beberapa ahli percaya jika kalsium bisa bekerja dengan baik untuk demam sekaligus mengurangi durasi demam.

Bahkan dalam salah satu penelitian pada pasien yang mengalami bahaya demam berdarah juga membuktikan jika suplementasi kalsium dan vitamin D yang juga membantu penyerapan kalsium sangat penting untuk mengurangi durasi dan semua gejala dari demam berdarah.

  1. Sup Ayam

Dari The Journal of American College of Chest Physicians membuktikan jika sup ayam memiliki beberapa zat dengan aktivasi obat yang sangat penting untuk menurunkan demam panas khususnya sup dari tulang rawan ayam. Sup dari tulang rawan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang hampir setiap kali sel darah putih yang diperlukan tubuh untuk membentuk pertahanan kuat pada mikroba yang tidak diinginkan sekaligus menyediakan kalsium dalam jumlah cukup sehingga sangat tepat diberikan pada anak untuk menurunkan demam dengan cepat. 

Sponsors Link

  1. Gelatin

Gelatin yang merupakan komponen lain dari kaldu tulang tidak hanya baik untuk mempertahankan tampilan kulit awet muda, meningkatkan pencernaan dan memperbaiki kualitas tidur namun juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sebagai cara menyembuhkan demam biasa pada anak. Gelatin juga bisa merangsang fagositosis yakni proses sel mengelilingi dan memakan mikroorganisme serta sisa seluler. Anda bisa memberikan gelatin yang dilarutkan dalam sup atau kaldu untuk menurunkan demam anak secara cepat dalam beberapa menit.

  1. Kompres Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi demam baik pada orang dewasa maupun anak anak. Anda hanya perlu merendam beberapa kain lap dalam cuka sari apel dan air memakai perbandingan 1 bagian cuka apel dan 2 bagian air. Peras kain dan letakkan pada dahi serta perut anak atau juga bisa digunakan untuk membungkus telapak kaki anak. 

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Ramuan Herbal

Beberapa bahan herbal juga sangat baik diberikan untuk menurunkan demam dan panas pada anak secara cepat dalam bentuk bubuk, kapsul, bumbu kering dan juga teh. Cairan hangat dari herbal ini tidak hanya bisa menurunkan demam namun juga bisa menghangatkan tenggorokan anak. Untuk menyeduh teh herbal, anda harus menyeduh 1 sendok teh herbal atau bunga dalam air panas selama 10 hingga 20 menit dan berikan pada anak.

Beberapa teh herba yang bisa diberikan dan aman untuk anak diantaranya adalah teh hijau yang bagus untuk demam namun sebaiknya dihindari jika anak menderita demam yang juga disertai dengan diare atau glaukoma. Sedangkan ramuan herbal lain yang bisa diberikan adalah jamur reishi dalam bentuk tingtur atau kering sebanyak 30 sampai 60 tetes sebanyak dua sampai tiga kali per hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan