Sponsors Link

18 Obat Herbal DBD Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam berdarah atau dbd merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat kita saat ini, dikarenakan penyakit ini cukup banyak merenggut nyawa penderitanya. Hal itu dapat terjadi jika penderita demam berdarah tidak ditangani secara medis dengan cepat. Selain penderita harus ditangani oleh tenaga medis atau dokter, juga dapat dilakukan pengobatan secara tradisional dengan obat herbal. Pada umumnya penderita demam berdarah akan diminta untuk dirawat di rumah sakit dan mengkonsumsi obat dari dokter agar terhindar dari kondisi yang lebih buruk.

ads

Sesungguhnya penyakit demam berdarah dapat diobati dengan mengkonsumsi obat herbal.  Di antara obat herbal dbd diantaranya yaitu :

  1. Air Kelapa

Merupakan obat herbal yang ampuh dan efektif yang diyakini mampu mendetoksifikasi tubuh, sehingga seluruh racun yang ada di tubuh dapat dikeluarkan. Dengan cara mencampurkan air kelapa dengan perasan jeruk nipis, dikonsumsi setiap pagi hari maupun sore.

  1. Jus Jeruk

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari jus jeruk, karena kandungan vitamin C yang berperan sebagai stimulator perbaikan sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan buang air kecil. Jus jeruk pun mengandung antioksidan, dengan banyaknya kandungan baik didalamnya menjadikan jus jeruk akan mengusir dan melawan demam virus dalam tubuh penderita.

  1. Jus Delima

Buah delima mempunyai kandungan punicalagin yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan bersifat antioksidan. Senyawa dalam jus delima ini juga dapat menambah trombosit juga seringkali digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi dan penurun kolesterol tinggi. Kekhawatiran utama dari penderita demam berdarah adalah trombosit yang rendah oleh itu dengan meminum jus delima, maka akan menormalkan kembali kadarnya.

  1. Daun Patikan Kebo

Tanaman obat yang banyak memiliki khasiat ini pastinya tidak asing di telinga masyarakat kita. Tanaman ini sangat bermanfaat dalam mengobati demam batuk pilek pada anak, bronchitis, radang ginjal, asma, disentri / demam cirit birit, dan radang tenggorokan. Ternyata daun patikan kebo dapat juga dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah.

  1. Daun Kemangi

Umumnya daun kemangi dijadikan sebagai lalapan yang enak dan juga memberikan manfaat bagi yang ingin menghilangkan bau mulut dan bau badan. Walaupun rasanya pahit di lidah namun dapat menimbulkan selera saat menyantapnya dan beberapa orang sangat menggemarinya. Walaupun rasanya pahit di lidah bagi penderita demam berdarah dapat mengkonsumsinya selama sakit. Karena daun kemangi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga akan mempercepat pemulihan dari penyakit apapun. Untuk menghilangkan sedikit rasa pahit bisa ditambahkan manfaat madu untuk demam.

Sponsors Link

  1. Daun Meniran dan Pegagan

Dua jenis daun ini sering dimanfaatkan sebagai obat, tak terkecuali bagi penyakit demam berdarah. Meniran dan pegagan direbus hingga airnya tinggal setengah dan siap diminum. Khasiat utamanya adalah menurunkan nenagai jenis demam dan gejala yang menyertainya.

ads

  1. Daun Pepaya

Daun yang mudah ditemukan disekitar kita dan merupakan salah satu bahan alami yang ampuh dalam mengatasi penyakit demam berdarah. Daun papaya memiliki nutrisi tinggi serta senyawa organik yang baik untuk meningkatkan trombosit, juga mengandung vitamin C yang cukup besar sehingga berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar diyakini mampu mengobati demam berdarah karena memiliki fungsi penurun demam selama infeksi. Dengan demikian, dengan mengkonsumsi obat herbal ini, gejala demam denggi berdarah tidak masuk ke tahap yang mengkhawatirkan.

  1. Beras Angkak

Sekarang ini banyak masyarakat yang mengetahui bahwa angkak sebagai obat herbal efektif dalam mengatasi demam berdarah. Merupakan bahan tradisional yang baik untuk meningkatkan kembali kadar trombosit yang sempat turun. Angkak bisa dikonsumsi bersama sup ayam, sehingga membantu penyulihan dbd dengan zat gizinya.

  1. Jus Jambu Biji

Jambu biji merah juga merupakan obat herbal demam berdarah yang cukup populer.  Digunakan dalam bentuk sari buah atau jus, diyakini dapat mengingkatkan kadar trombosit dalam darah.  Jika tidak ada waktu, jus jambu merah banyak dijual di toko jus segar atau dalam bentuk kemasan instan.

  1. Kurma

Kurma dapat menurunkan demam panas dan meningkatkan energi. Hanya memakan beberapa buah kurma saja, seseorang dengan cepat merasa segar.  Jika ingin rasa yang lebih enak, maka saat ini banyak tersedia sari kurma.  Sari kurma untuk dbd sudah diakui banyak orang yang mencobanya.

Selain itu ada juga obat herbal yang sangat mudah untuk di dapatkan :

  1. Jus Jeruk
  2. Air Kelapa
  3. Goldensial
  4. Daun Nimba
  5. Daun Pepaya
  6. Fenugreek
  7. Daun Ketumbar

Itulah beberapa obat herbal dbd yang ada di sekitar kita dan mudah ditemukan. Semoga sedikit ulasan ini dapat membantu dalam mengobati demam berdarah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan