Sponsors Link

10 Obat Herbal Demam Tinggi Pada Anak Paling Ampuh dan Efektif

Sponsors Link

Demam pada anak, pada dasarnya adalah mekanisme tubuh dalam menghadapi benda asing yang masuk. Artinya, ketika demam sebenarnya tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap benda asing tersebut. Karena kondisi anak-anak yang daya tahan tubuhnya belum sempurna, maka mereka lebih mudah terkena demam tinggi, demam lebih dari 5 hari, anak demam naik turun, demam anak 38 derajat celcius, bahkan demam anak sampai 40 derajat celcius.  Dilihat dari penyebabnya, demam anak terbagi menjadi dua, yaitu :

ads

1. Demam infeksi

Terjadi karena adanya infeksi virus atau demam virus seperti demam chikungunya, demam kuning, dan demam selesma. Ada juga demam karena infeksi bakteri, misalnya demam tifus, demam cirit birit, dan demam kuskus. Termasuk di dalamnya adalah demam karena imunisasi.

2. Demam non infeksi

Sesuai namanya berarti demam bukan karena virus atau bakteri. Demam ini umumnya karena kondisi tubuh dan lingkungan. Yang termasuk demam kondisi ini adalah demam karena terik matahari dan demam karena kelelahan.

Karena seringnya anak terkena demam tinggi, maka perlu diketahui beberapa obat herbalnya agar dapat diatasi segera kapan saja dan di mana saja. Beberapa obat herbal demam tinggi anak yang paling sering digunakan dan mudah ditemui, seperti di bawah ini.

  1. Kunyit

Sebagai obat demam, kunyit dapat ditemui dengan mudah. Tinggal memasukkan satu ruas kunyit yang telah dikupas selama sekitar 10 menit ke dalam segelas air hangat, maka minuman pereda panas anak siap. Kunyit ini mengandung curcuma, zingiberen, dan tumerun sebagai penambah nafus makan, anti bakteri, anti virus, dan anti inflamasi.

  1. Bawang Merah

Anak yang demam tinggi dapat dipijat dengan campuran minyak dari bawang merah dengan perasan jeruk nipis atau minyak kelapa. Bawang merah mempunyai kandungan zat yang dapat menghangatkan dan meredakan panas tinggi. Lakukan pemijatan terutama di bagian punggung, dada, dan leher.

  1. Temulawak

Temulawak, seperti halnya kunyit merupakan rimpang yang banyak digunakan sebagai bumbu dapur sehingga sangat mudah didapat. Temulawak sangat cocok untuk demam tinggi jenis demam cirit birit, dan demam virus yang menimbulkan rasa nyeri di otot dan tulang. Cara penggunaannya adalah dengan memarut satu ruas temulawak yang telah dibersihkan dan dimasukkan dalam setengah gelas air hangat. Kemudian campuran diaduk rata dan disaring, sehingga yang diminum dengan teratur adalah sarinya saja.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat segar untuk diminum. Begitu pula bagi anak yang sedang demam tinggi. Air kelapa ini berkhasiat untuk meredakan panas dan menawarkan segala macam racun yang masuk ke dalam tubuh. Minumkan air kelapa muda kepada anak secara berkala. Selain sebagai penurun panas, air ini dapat mengatasi dehidrasi.

Sponsors Link

  1. Sup Hangat

Sup hangat dapat menurunkan panas anak dengan memperlancar peredaran darah dan memproduksi lebih banyak keringat yang mengeluarkan panas tubuh. Konsumsi sup hangat juga mengatasi dehidrasi dengan kandungan cairannya dan mempunyai nilai gizi tinggi dari bahan-bahan yang ada di dalamnya, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat berfungsi seperti sup hangat. Jika anak demam tinggi berilah sedikit makanan pedas kesukaannya agar demam segera turun.

  1. Madu

Madu juga dapat digunakan sebagai obat herbal demam tinggi anak. Selain dapat menurunkan panas, manfaat madu untuk demam juga menghasilkan energi yang optimal sehingga anak lebih cepat sembuh. Namun, madu tidak disarankan bagi anak yang berusia di bawah 2 tahun. 

Sponsors Link

  1. Pepermint Oil

Pepermint oil memberikan sensasi hangat yang melegakan. Mengoleskannya sambil memijat lembut anak dengan lembut di bagian dada, punggung, dan leher dapat membantu meredakan demam. Pengobatan ini sangat cocok bagi anak dengan demam selesma atau demam batuk pilek atau hidung tersumbat.

  1. Sambiloto

Sambiloto banyak digunakan sebagai ramuan pahit untuk meningkatkan nafsu makan anak. Ternyata, zat pahit dalam samboloto juga mengandung pereda panas. Oleh karena itu bahan alami ini cocok juga digunakan untuk anak dengan demam tinggi. Sambiloto dapat dicampurkan dengan minuman kunyit atau dibuat terpisah.

Selain obat herbal alami, jika anak demam kita dapat melakukan kompres air hangat, tidak memberi anak pakaian tebal ,meminta anak untuk beristirahat dan banyak minum. Satu hal jangan dilupakan, jika demam tidak turun selama 3 hari segeralah pergi ke dokter. Dengan pergi ke dokter, penyebab demam akan didiagnosa dan akan ditangani segera jika diperlukan tindakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan