Sponsors Link

6 Obat Herbal Demam Tulang Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyakit demam tulang atau flu tulang atau demam chikungunya sesuai dengan namanya ditandai dengan demam tinggi disertai nyeri tulang dan sendi di seluruh bagian tubuh. Sama dengan demam denggi berdarah atau demam berdarah, penyakit ini dibawa oleh nyamuk betina famili Aedes. Nyamuk ini membawa virus Parvovirus B19 dari orang sakit kepada orang sehat. Meskipun termasuk jenis demam infeksi dan demam virus yang dapat sembuh degan sendirinya, pada kondisi akut dan kronis dapat menyebabkan kematian. Jadi, selain mengetahui penyebab, gejala, dan pnegobatannya secara medis baik juga jika mengetahui obat herbal demam tulang.

ads

Mengapa obat herbal? Obat ini herbal ini jika diberikan saat kondisi dan dosis yang tepat, dapat memberikan beberapa keuntungan antara lain:

  • Lebih murah
  • Lebih aman dari bahan kimia sintetis
  • Mudah ditemukan

Obat herbal demam tulang, dijelaskan di bawah ini :

  1. Kunyit

Kunyit diyakini sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sejak dahulu. Zat kurkumoid dalam kunyit diyakini menambah nafsu makan, zat anti bakteri, anti virus, anti inflamasi, dan analgesik atau pereda rasa nyeri. Pengobatan menggunakan kunyit umumnya dengan meminum segelas rebusan parutan kunyit sebanyak tiga kali. Terkadang obat herbal ini dicampur dengan temulawak, sambiloto, dan jehe untuk mengoptimalkan hasil. Dan sebagai penambah rasa bisa ditambahnya kayu manis. Saat ini juga sudah banyak ditemui kunyit dalam bentuk bubuk yang diproduksi dan dijual dalam bentuk kemasan.

  1. Daun Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa mempunyai banyak manfaat, terutama bunga dan daunnya. Daun mahkota dewa dengan kandungan saponin, antihistamin, polifenol, dan alkaloid dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga anti virus. Daun ini bisa direbus beberapa helai dengan air hingga setengahnya. Rebusan diminum beberapa kali sehari hingga demam tulang hilang. Campuran rebusan daun mahkota dewa bisa ditambah dengan temulawak untuk menjadikan hasil yang lebih optimal. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, pereda nyeri, temulawak akan membantu penderita untuk mengembalikan nafsu makannya.

  1. Obat Pijit

Obat pijit alami sebagai obat herbal demam tulang merupakan campuran dari jeruk nipis, minyak kayu putih, dan kapur sirih. Perasan satu buah jeruk nipis, satu sendok makan kapur sirih, dan beberapa tetes kayu putih dicampur hingga rata. Akan lebih baik jika dicampur dengan minyak kecubung. Semuanya digunakan untuk memijat atau digosokkan pada seluruh bagian tubuh atau pada bagian sendi yang terasa nyeri. Lakukan beberapa kali, maka akan mengurangi nyeri sendi dan otot karena demam chikungunya ini.

  1. Jeruk Nipis

Konsumsi jeruk nipis bagi penderita flu tulang akan membantu mengurangi gejala demam tinggi dan flu atau batuk yang menyertainya. Jeruk nipis ini dapat dikombinasikan dalam minuman kunyit, temulawak atau mahkota dewa.

  1. Bidara

Daun bidara laut beberapa helai yang diremas dan dicampurkan dalam 2 gelas air kemudian digosokkan atau dibasuhkan ke seluruh tubuh bersama air hangat akan mengurangi rasa gatal akibat ruam.

Sponsors Link

  1. Madu

Manfaat madu untuk demam dapat dikonsumsi penderita yang berusia di atas 2 tahun. Berbagai jenis madu dipercaya sebagai obat turun panas dan menambah energi bagi yang sakit. Oleh karena itu madu digunakan untuk mengobati berbagai jenis demam dan penyebabnya. Penggunaan madu dapat juga dikombinasi dengan obat herbal lain seperti kunyit, temulawak, dan sebagainya untuk memberi rasa manis sekaligus menambah khasiatnya.

Demikian beberapa obat herbal demam tulang yang dapat digunakan untuk mengatasi gejalanya. Tentu saja masih ada banyak obat herbal lain yang bisa digunakan dapat ditemui di halamam rumah dan diracik sendiri. Dan ada beberapa obat herbal dalam bentuk kombinasi berbagai bahan dalam satu tablet yang saat ini mulai banyak diproduksi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan