Sponsors Link

7 Obat Panas Dingin Dewasa yang Alami dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Obat Panas Dingin DewasaPanas dingin seringkali dijadikan pertanda jika demam sedang terjadi pada tubuh yang biasanya berhubungan dengan infeksi karena bakteri, virus, jamur dan juga parasit. Saat tubuh mengalami panas dingin, maka suhu tubuh akan meningkat melebihi 38 derajat celcius sehingga menyebabkan suhu tubuh yang awalnya berkisar antara 36.5 hingga 37.5 derajat celcius akan terasa lebih dingin dibandingkan semestinya.

ads

Tubuh akan berusaha untuk memperkecil pembuluh darah agar panas tubuh tidak keluar sekaligus untuk meningkatkan suhu tubuh. Penyempitan pembuluh darah ini umumnya terjadi pada bagian tepi tubuh seperti tangan dan kaki sehingga akan terasa dingin. Untuk obat panas dingin dewasa bisa dilakukan dengan beberapa obat yang bisa dibeli di apotik dan juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang juga terbukti efektif untuk menyembuhkan panas dingin.

  1. Jahe

Dalam jahe mengandung astringent yang sangat berguna untuk tubuh. Jahe menjadi rempah alami yang bisa digunakan untuk mengatasi panas dingin atau meriang sekaligus beberapa gejala dari jenis demam berkepanjangan lainnya. Untuk membuat ramuan dari jahe bisa dilakukan dengan mememarkan jahe secukupnya lalu direbus dengan air dan tambahkan madu atau gula aren dan dikonsumsi selagi masih hangat. Ramuan jahe ini sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh sekaligus mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

  1. Kencur dan Kunyit

Kencur dan kunyit adalah rempah selanjutnya yang juga terbukti ampuh bisa mengobati panas dingin. Untuk membuat ramuannya, rebus kunyit dan kencur yang sudah diparut lalu saring dan minu selagi masih hangat.

  1. Madu Kunyit Telur

Kombinasi ketiga bahan ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai cara mengobati panas dingin bisa diatasi dengan cepat. Kuning telur bisa dikocok lalu ditambahkan dengan air kunyit dan sedikit madu dan dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari selama panas dingin.

  1. Teh Peppermint

Teh peppermint memiliki sifat pendinginan yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh saat panas dingin sekaligus mengekstrak panas tubuh berlebihan.

  • Campur 1 sendok makan daun mint dalam 1 cangkir air panas dan diamkan selama 10 menit.
  • Saring dan tambahkan madu lalu minum sebanyak 3 hingga 4 kali sehari untuk pemulihan lebih cepat.
  1. Putih Telur

Putih telur juga bisa digunakan untuk mengurangi suhu tubuh yang tinggi saat panas dingin karena bekerja seperti gel dingin untuk menyerap panas hanya dalam waktu 30 menit saja sekaligus menenangkan peradangan yang menimbulkan gejala panas dingin di kepala, tangan dan kaki.

  • Kocok 3 putih telur lalu rendam handuk didalamnya.
  • Tempelkan handuk tersebut pada dahi, tangan dan kaki lalu bungkus kembali dengan kain kering.
  • Saat kompres sudah berubah menjadi hangat, maka bisa diganti kembali dengan yang baru hingga demam panas reda.
    Sponsors Link

  1. Cuka Sari Apel

Cuka apel juga menjadi obat alami praktis untuk mengatasi panas dingin dan juga mengandung mineral yang baik untuk mengganti kekurangan mineral selama panas dingin.

  • Tambahkan 1 cangkir cuka sari apel dalam air hangat dan gunakan untuk berendam selama 10 menit.
  • Cara lainnya, rendam handuk dalam larutan 1 cangkir cuka apel dan 2 air dingin lalu gunakan untuk kompres dahi, perut dan kaku.
  • Setelah kompres hangat, bisa diganti dengan yang baru hingga gejala demam bisa reda.
  1. Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki sifat untuk menurunkan demam tinggi dengan cara mengeluarkan keringat lebih banyak dari dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga efektif untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh penyebab panas dingin serta anti jamur dan anti bakteri yang baik untuk melawan infeksi penyebab panas dingin sekaligus menjadi cara menurunkan panas badan anak.

Sponsors Link

  • Cincang halus 1 siung bawang putih dan campur dengan 1 cangkir air panas.
  • Diamkan selama 10 menit lalu saring dan minum 2 kali sehari.
  • Cara lainnya, hangatkan 2 siung bawang putih yang dicacah dengan 2 sendok makan minyak zaitun kemudian oleskan campuran ini pada telapak kaki.
  • Bungkus dengan kain kasa dan diamkan selama semalam.
  • Hindari penggunaan bawang putih ini selama masa kehamilan dan juga anak kecil.

Obat panas dingin dewasa tidak selalu bisa dilakukan dengan berbagai jenis obat obatan namun juga berbagai rempah dan ramuan alami yang bisa didapatkan dengan mudah, lebih aman dan juga memiliki khasiat yang sama dengan obat panas dingin lainnya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan