Sponsors Link

9 Obat Panas Untuk Lansia yang Aman dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Proses menua tentunya dialami oleh setiap manusia. Biasanya ditandai oleh beberapa ciri-ciri tubuh yang semakin menurun seperti kulit menjadi keriput, penglihatan menjadi kabur, pendengaran juga mangalami kemunduran fungsi. Proses menua ini terjadi mulai dari kecil hingga puncak pada usia lanjut atau yang biasa disebut dengan lansia.

ads

Seseorang dikatakan lansia apabila umurnya lebih dari 60 tahun. Seringkali lansia ditemui dengan beberapa kondisi penyakit tertentu. Hal tersebut diakibtkan semakin melemahnya fungsi sel saraf, organ dan lainnya , sehingga  lansia sangat mudah sekali terserang penyakit. Lansia jua akan megalami perbahan pada pola kehidupannya , mulai dari peran , pekerjaan hingga hubungan sosialnya

Lansia yang sedang mengalami sakit sudah menjadi stigma yang lumrah , banyak orang yang engabaikan karena dianggap karena sudah sewajarnya pada usia lansia menjadi sakit-sakitan. Contohnya saja pada kasus kondisi demam , hal ini sering diabaikan. Sebenarnya apabila demam diabaikan pada lansia justru akan berdampak negatif terhadap kesehatannya kedepan. Banyak yang membiarkannya dan tidak meminum obat maupun berobat. Perlu kita ketahui bahwa obat untuk menurunkan panas pada lansia juga pening , berikut mengenai beberapa obat yang dapat digunakan untuk obat panas pada lansia.

Obat Panas Untuk Lansia

Salah satu prosestahap  kehidupan yang dialami setiap manusia yaitu pada tahap lansia ini. Tahapan lansia merupakan tahapan akir pada setiap manusia. Saat seseorang yang sudah lanjut usia banyak sekali masalah kondisi yang ditemui pada fisik, sosial maupun peran dalam kehidupan.

Masalah yang umum yaitu pada masalah fisik, karena pada dasarnya lansia mengalami kemunduran fungsi tubuh mulai dari organ hingga sel-sel saraf. Penurunan fungsi tubuh tersebut mengakibatkan sistem kekebalan pada tubuhnya melemah sehingga mudah sekali terserang penyakit  baik penyakit yang ringan hingga berat. Saring kali masalah demam pada lansia menjadi hal yang sangat lumrah , bahkan diabaikan. Hal tersebut merupakan hal yang fatal, karena apabila diabaikan justru akan mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Obat panas tradisional dewasa seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi demam pada lansia , namun tetap saja perlu penanganan yang medis seperti penggunaan obat panas.

Ada beberapa penanganan untuk demam khususnya penanganan dengan obat panas untuk lansia , berikut penjelasannya :

1. Paracetamol

Cara mengobati demam disertai sakit kepala salah satunya yaitu mengkonsumsi paracetamol. Paracetamol ini merupakan  obat analgetik atau penahan rasa sakit dan antipiretik atau menurunkan demam. Paracetamol ini salah satu obat yang mudah ditemukan misalnya di apotek. Penggunaan Paracetamol ini sebaiknya atas anjuran dari dokter.

2. Naproxen

Naproxen merupakan salah satu jenis obat penurun panas untuk usia tua atau usia lansia. Naproxen termasuk jenis obat pereda rasa sakit yang mempunyai sifat anti inflamasi. Biasanya dimanfaatkan untuk menurunkan demam yang disebabkan oleh peradangan.  Peradangan yang  biasa terjadi yaitu peradangan pada sendi. Dimana sendi pada orang tua lebih sensiti dan sudah melemah fungsinya. Penggunaannya juga harus tetap resep dari dokter. Demam karena asam urat mungkin biasanya juga menggunakan naproxen untuk penurun panasnya.

3. Ibuprofen

Cara mengobati demam disertai sakit kepala juga dapat memanfaatkan obat ibuprofen ini. Ibuprofen ini sering kali digunakan pada demam yang sangat tinggi yang biasanya mencapai 40% celcius. Tetap saja dianjurkan hati-hati memnfaatkan obat ini , alangkah lebih bainya selalu anjurn dari dokter atau berkonsultasi pada yang lebih ahli.

Sponsors Link

4. Sanmol

 Sanmol seringkali ditemukan di apotek , biasanya setiap apotek menyediakan obat ini. Fungsi dari obat ini tak jauh berbeda dengan parasetamol yaitu sebagai obat demam atau penurun panas. Obat ini sangat cocok digunakan untuk dewasa khususnya pada lansia. Namu anak-anak juga dapat mengkonsumsinya dengan anjuran dari dokter. Demam karena batuk pilek pun juga dapat diberikan obat sanmol ini karena identik aman dan tidak bahaya apabila benar dan tepat dalam penggunaanya.

ads

5. Aspirin

Aspirin meru[akan obat perda demam yang disebabkan oleh proses peradangan didalam tubuh. Namun aspirin ini mempunyai efek yang tidak baik pada tubuh khususnya organ lambung. Agar tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan obata aspirin ini diminum setelah makan . Selain itu perhatikan penggunaan dosis , dan jangan berlebihan. Demam karena maag sebaiknya jangan mengkonsusmsi aspirin tanpa resep dokter.

Kelima obat diatas yaitu jenis obat kimia, saat meredakan panas tidak hanya menggunakan obat-obatan kimia namun kita juga dapat memakai obat tradisional. Berikut beberapa obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan panas saat demam :

6. Campuran Jeruk Nipis dan Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi yang akan membantu memperkuat tubuh , selain itu kandungan nya juga dapat digunakan sebagai sumber energi . Ternyata telur ayam kampung akan bermanfaat untuk menurunkan demam saat dikombinasikan dengan jeruk nipis. Dimana jeruk nipis sendiri mempunyai manfaat untuk menyerang racun yang masuk ke dalam tubuh, dan digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Obat tradisional demam menggigil pada orang dewasa juga dapat memanfaatkan telur kampung dan jeruk nipis.

7. Sambiloto

Sambiloto biasanya dimanfaatkan untuk membuat jamu , ambiloto inipun juga sudah sangat sering digunakan untuk masalah menjaga kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu bisa digunakan sebagai penurun demam. Badan panas berkepanjangan mungkin juga dapat diredakan menggunakan sambiloto. Caranya mudah cukup rebus sambiloto serta tuangkan air sambiloto , agar tidak terasa pait maka tambahkan sedikit madu.

8. Kunyit

Kunyit biasanya di gunakan untuk bumbu dapur selain itu juga kunyit merupakan salah satu jenis jamu yang sangat populer dikalangan masyarakat. Manfaat kunyit ini selain digunakan untuk menurunkan panas saat demam juga sebagai anti inflamasi didalam tubuh. Biasanya kunyit mengatasi demam yang disebabkan karena adanya proses peradangan didalam tubuh. Tubuh dingin saat cuaca panas juga dapat diminimalisirkan dengan kunyit ini.

Sponsors Link

9. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda banyak mengandung ion yang sangat berfungsi agar tubuh tidak mudah dehidrasi. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada lansia. Obat panas untuk lansia ini juga sangat mudah ditemukan. Penyebab demam disertai mual mungkin disebabkan karena tubuh kekurangan cairan , atau dehidrasi.

Penjelasan diatas merupakan 2 jenis obat untuk meredakan panas untuk lansia yaitu secara medis dan tradisonal. Sebaiknya tetap melakukan konsultasi kepada dokter sebelum kita menerapkannya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan