Sponsors Link

7 Cara Meredakan Demam Orang Dewasa dengan Cepat

Sponsors Link

Demam merupakan kondisi suhu tubuh berada diatas 38 derajat celcius yang terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi yang terjadi karena parasit, virus dan juga bakteri. Selain karena beberapa penyebab tersebut, demam juga bisa terjadi karena penggunaan beberapa jenis obat, hipertiroidisme dan lain sebagainya. Walau terlihat sedikit mengkhawatirkan, namun tidak selamanya demam yang terjadi pada orang dewasa disebabkan karena penyakit yang serius.

ads

Demam bukanlah sebuah penyakit namun seringkali menyertai sebuah penyakit yang nantinya bisa sembuh dengan sendirinya saat penyakit yang diderita sudah disembuhkan. Namun, jika demam yang dialami terlalu tinggi dan sangat mengganggu kenyamanan, maka anda bisa menurunkan demam tersebut dengan beberapa cara meredakan demam orang dewasa yang aman karena hanya menggunakan bahan bahan alami seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Cengkeh

Dalam cengkeh mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri sangat kuat sehingga bisa digunakan dalam membunuh virus, bakteri dan kuman penyebab demam berkepanjangan.

  • Rebus 5 butir cengkeh dengan 8 gelas air hingga tersisa setengahnya saja.
  • Tutup dan diamkan hingga dingin lalu minum setiap hari selama minggu hingga demam reda.
  1. Daun Kemangi

Daun kemangi yang mengandung banyak jenis antibiotik ini juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berbagai jenis demam pada orang dewasa dalam waktu yang cukup cepat.

  • Rebus 20 daun kemangi dengan 1 sendok teh jahe parut bersama 1 cangkir air hingga tersisa setengah bagian saja.
  • Tambahkan sedikit madu dan minum 2 hingga 3 kali sehari.
  1. Cuka Apel

Kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel sangat ampuh untuk mengeluarkan panas dari kulit di berbagai tipe demam, sedangkan mineral dalam cuka apel sangat baik untuk mengganti kandungan mineral yang hilang selama tubuh mengalami demam.

  • Rendam handuk dalam campuran cuka apel dan air dingin lalu gunakan untuk kompres dahi dan juga perut.
  • Sesudah kain menjadi hangat, ganti dengan kain baru yang direndam kembali dalam larutan cuka apel tersebut.
  • Cara berikutnya, campur 2 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok madu dan 1 gelas air lalu minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
  1. Bawang Putih

Tidak hanya ampuh digunakan untuk meredakan gejala demam, namun bawang putih juga bisa membantu tubuh mengeluarkan keringat sehingga racun berbahaya dalam tubuh bisa semakin banyak dibuang. Selain itu, dalam bawang putih juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur sehingga semakin membantu tubuh dalam melawan infeksi dan menangkal penyakit yang menyebabkan demam.

Sponsors Link

  • Haluskan 2 siung bawang putih dengan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Oleskan campuran ini secara merata pada kedua kaki dan bungkus dengan kain kasa selama semalam.
  • Esok paginya, demam sudah bisa turun dalam waktu hanya semalam saja.
  1. Jahe

Jahe juga menjadi rempah yang sangat baik untuk mengeluarkan panas dari tubuh sehingga efektif digunakan untuk menurunkan baik pada demam biasa maupun demam kronis. Dalam jahe juga mengandung sifat antiviral dan antibakteri alami yang bisa meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai jenis infeksi.

  • Campur air hangat dalam mangkuk dengan 2 sendok makan bubuk jahe.
  • Rendam handuk dalam larutan tersebut lalu peras dan gunakan untuk kompres badan selama 10 menit.
  • Keringkan tubuh kemudian berbaring dan tutupi seluruh badan dengan selimut hingga mengeluarkan keringat dan akhirnya demam bisa diturunkan.
  1. Lada Hitam dan Kemangi

Baik lada hitam dan kemangi sama sama memiliki sifat antibakteri yang merupakan salah satu obat terbaik untuk menurunkan demam panas karena bakteri.

  • Haluskan beberapa lembar daun kemangi dengan 7 butir lada hitam dan daun kunyit hingga menjadi pasta.
  • Konsumsi pasta tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
    Sponsors Link

  1. Jus Lemon

Sejak dulu, lemon sudah sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit karena kemampuannya yang sangat luar biasa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung vitamin C tinggi, lemon juga merupakan desinfektan yang sangat bagus sehingga sangat efektif dikonsumsi untuk melawan serangan virus penyebab demam.

  • Peras sari dari 1 buah lemon dan tambahkan dengan 2 sendok teh madu lalu campur dengan segelas air.
  • Minum jus ini secara teratur setiap hari dalam waktu 2 minggu.
  • Namun jika anda memiliki perut yang sensitif, sebaiknya menghindari cara ini karena pH lemon yang rendah bisa memperparah kondisi perut.

Semua cara meredakan demam orang dewasa yang sudah kami berikan diatas sangat mudah untuk dilakukan sekaligus jauh lebih aman dibandingkan obat obatan. Selain itu, berbagai bahan alami diatas tidak hanya bekerja menurunkan demam namun memiliki peran yang jauh lebih penting yakni mengatasi penyakit yang menyebabkan demam terjadi. Semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan