Sponsors Link

15 Obat Tradisional Penurun Panas Anak 3 Tahun Paling Efektif

Sponsors Link

Obat untuk panas sekarang ini selain obat yang berbahan dasar kimia juga banyak digunakan obat-obatan tradisional atau herbal. Obat tradisional atau herbal ini sangatlah mudah dijumpai disekitar kita dan telah digunakan sejak dahulu kala. Obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman obat ini tidak kalah ampuhnya dengan obat-obatan yang diberikan dokter atau yang dijual di apotek. Tanpa kita ketahui, obat tradisional selain memiliki toksisitasnya relaif lebih rendah juga lebih aman dan tidak ada efek samping bila digunakan dengan tepat. Selain itu obat-obatan tradisional ini lebih murah dan karena kandungannya bersifat komplek dan organis sehingga dapat disetarakan dengan makanan.

ads

Pemberian obat-obatan herbal ini haruslah sesuai dosisnya agar tepat dan cepat dalam proses penyembuhan panas anak. Bila anak menunjukkan bukan gejala demam biasa, tetap harus ke dokter.  Berikut ini beberapa obat herbal atau obat tradisional penurun panas anak 3 tahun.

  1. Air Kelapa Muda

Obat herbal ini sangat mudah ditemukan terutama di pedesaan. Obat herbal ini berfungsi untuk menggantikan keringat yang keluar saat panas. Hal ini terjadi karena pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh.

  1. Teh jahe

Selain hangat saat diminum teh jahe juga akan memperlancar metabolisme di dalam tubuh sehingga mudah mengeluarkan keringat saat anak mengalami panas tubuh. Dengan demikian, suhu tubuh anak bisa segera turun dengan cepat.  Teh jahe yang hangat sangat cocok untuk demam anak 38 derajat.

  1. Putih Telur

Putih telur bisa digunakan sebagai bahan yang baik untuk menurunkan panas pada anak 3 tahun dengan alami. Caranya dengan merendam handuk tipis atau kain dengan putih telur. Balurkan putih telur ke sepanjang kaki anak. Tutupi handuk tipis atau kain tersebut dengan kaus kaki. Tunggu beberapa saat, lalu bilas kaki anak hingga bersih. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Biasanya bagian kunyit yang digunakan adalah rimpangnya yang berwarna oranye. Obat herbal ini mengandung turmeron, curcumin, minyak atsiri dan zingiberen sangat bermanfaa sebagai antioksidan, anti inflamasi dan antibakteri juga sebagai penurun panas , campurannya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Temulawak

Memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, antibiotik, meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Obat herbal demam anak ini memiliki alpha betha curcumena, zat aktif germacrene dan xanthorrhizol.

  1. Daun Kembang Sepatu

Banyak masyarakat kita yang juga memanfaatkan daun sirih, daun kapuk , daun kembang sepatu. Daun kembang sepatu ini mengandung polifenol, flavonoid dan saponin.  Daun-daun tersebut diambil sarinya dengan merendamnya di air hangat dan disaring.

Sponsors Link

  1. Bawang Merah

Bawang merah yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur namun juga digunakan untuk menurunkan panas tubuh. Cara menurunkan demam anak dengan bawang merah adalah dengan mencampurkan irisannya dengan minyak kelapa dan menggosoknya ke seluruh tubuh.  Bawang merah ini mengandung minyak atsiri, metilalin, kaemferol, floroglusin, sikloalin dan kuersetin.

  1. Meniran

Tumbuhan obat ini tumbuh liar dan seluruh bagiannnya dapat digunakan. Bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C, tanin, alkaloid, flavonoid, lignin, dan lain-lain.

ads

  1. Madu

Manfaat madu untuk demam anak diyakini sejak lama. Meskipun pada awalnya madu tidak dianjurkan untuk anak karena khawatir tidak tercerna. Sekarang banyak diproduksi untuk anak yang sudah disesuaikan kandungannya. BAhkan ditambah dengan beberapa kandungan lain sehingga khasiatnya lebih baik.

  1. Daun Cocok Bebek

Daun cocor bebek sebagai obat tradisional penurun panas anak 3 tahun tidak banyak yang mengetahuinya. Obat ini baik untuk demam diare atau demam cirit birit dan digunakan sebagai kompres penurun panas atau obat luar. Daun ini hanya tinggal dihaluskan kemudian ditempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dapat menurunkan panas sekaligus sebagai antibiotik alami. Khasiatnya didapat dengan mengkonsumsinya. Bagi anak usia 3 tahun, bawang putih dapat dicampurkan pada makanan yang disajikan.

  1. Semangka dan Ketimun

Semangka dan ketimun mempunyai banyak kandungan cairan yang membantu mencegah dehidrasi ketika panas. Selain itu, buah penurun panas anak ini juga memberikan efek dingin menyegarkan di tubuh jika dikonsumsi. Sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak demam yang disertai sakit tenggorokan atau panas dalam.

  1. Daun Singkong

Daun singkong dapat digunakan sebagai obat tradisional penurun panas anak 3 tahun dan obat demam disertai sakit kepala pada anak. Daun ini juga digunakan sebagai jenis nama kompres. Caranya sama dengan daun cocor bebek. Tinggal menghaluskan daunnya, mencampurkan dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha.

  1. Peppermint Oil

Minyak pepermint atau peppermint oil dapat digunakan sebagai obat demam. Pijatan lembut pada anak dengan minyak ini pada seluruh bagian tubuh dapat memberikan rasa hangat dan menurunkan demam flu pada anak, demam batuk pilek pada anak, dan demam akibat radang tenggorokan.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel berguna sebagai penurun panas, anti inflamasi, dan anti virus. Bahan alami ini juga merupakan obat luar yang ditambahkan pada air hangat untuk mandi. Dengan mandi air hangat plus cuka sari apel, panas lebih mudah turun.

Itulah beberapa tumbuhan yang dapat dijadikan obat tradisional penurun panas anak 3 tahun. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan