Sponsors Link

4 Penanganan Demam Tak Kunjung Turun Pada Penderita Cacar Air

Sponsors Link

Demam memanglah hal yang umum dialami ketika tubuh sedang tidak dalam kondisi sehat. Demam sendiri bukan penyakit utama melainkan suatu mekanisme tubuh atau adanya respon tubuh dalam melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Adanya infeksi membuat pertahanan tubuh perlu menghilangkan infeksi zat asing dari tubuh. Infeksi ini juga dapat terjadi yaitu tatkala mengalami cacar air yang mengakibatkan tubuh mengalami demam berkepanjangan. Sebenarnya wajar bila demam memang terjadi karena cacar air sendiri disebabkan oleh virus sehingga tubuh memerlukan waktu untuk mengeluarkan zat asing berupa virus Varisela penyebab cacar tersebut.

ads

Pada peristiwa demam terjadi bila suhu tubuh anak ataupun orang dewasa lebih dari 37 derajat celcius dengan pengukuran termometer demam yang mudah dilakukan. Demam yang terjadi kala cacar air ini dapat menunjukkan adanya perlawanan daya tahan tubuh. Tak jarang memang hal ini menimbulkan ketidaknyamanan ketika beristirahat. Ketika musim cacar air menyerang maka kalian perlu menyimak penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air.

1. Mengompres dahi dan badan dengan air hangat

Tentunya kompres dengan air hangat banyak dilakukan ketika sedang demam. Salah satu kegiatan yang cukup mudah dilakukan sebagai penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air. Air hangat sendiri dapat membuat pembuluh darah kalian menjadi melebar sehingga pori-pori kulit terbuka dan kemudian akan membuat panas yang terperangkap dalam tubuh bisa menguap keluar. Air hangat sendiri dapat digunakan untuk kompres badan serta untuk mandi.

Jadi ketika kalian sedang cacar maka kalian bisa mandi air hangat saja. Hal ini juga direkomendasi oleh ikatan dokter anak indonesia dibandingkan kompres menggunakan air dingin. Maka ketika sedang cacar air kalian dapat melakukan mandi air hangat dan diteteskan larutan antiseptik bila diperlukan. Tubuh yang gatal menjadi tidak nyaman dan rentan akan infeksi dari bakteri luar.

2. Mengobati penyebab cacar air

Penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air dapat dilakukan dengan mulai dari mengobati penyebab cacar air. Bila mengobati gejala demam saja namun virus penyebab masih ada maka demam akan kembali terjadi dan mungkin akan mengalami cacar air panas naik turun. Untuk cara mengobati penyebab adalah mematikan atau membunuh virus varisela penyebab cacar air tersebut. Obat untuk membunuh virus tersebut adalah dengan memberikan obat anti virus yaitu Acyclovir yang diminum langsung hingga habis sesuai anjuran dokter.

Ada juga untuk pengobatan cacar air yang memiliki tujuan untuk meredakan gejala serta menjaga kebersihan kulit agar dapat terhindar dari infeksi sekunder. Untuk proses mengurangi rasa gatal pada bentol cacar air tersebut, maka kalian bisa mengoleskan obat oles atau mengonsumsi obat antihistamin. Bila kalian sudah memberikan obat untuk membunuh virus penyebab cacar maka demam tersebut akan membaik dengan sendirinya juga. Serta jangan lupa untuk konsumsi makanan untuk orang demam panas yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

3. Memberikan obat penurun panas badan

Untuk menurunkan demam pada penderita cacar air memang dapat diberikan obat penurun demam yang aman. Obat-obat penurun demam dengan zat kimia yang aman dan yang sudah banyak beredar seperti parasetamol dapat diberikan dengan dosis dan ketentuan yang sesuai anjuran dari dokter. Ketika cacar air yang kalian diberikan banyak macam obat maka dapat meminumkan bila perlu saja. Bila demam sudah membaik maka obat penurun panas bisa tidak dikonsumsi kembali. Obat ini memang hanya untuk meredakan gejala demam saja bukan untuk menyembuhkan penyakit penyebab.

Selain untuk menurunkan demam saat cacar air memang obat penurun panas juga dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika tubuh sedang mengalami tidak enak badan seperti kondisi ini. Kalian bisa juga melakukan penanganan berupa asupan nutrisi yang bergizi serta mengkonsumsi multivitamin tambahan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Bila penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air dirasa sulit dilakukan sendiri maka kalian bisa ke dokter segera bila gejala cacar air timbul.

4. Memberikan obat alami penurun demam

 Obat alami atau biasa disebut herbal dapat diberikan obat herbal demam untuk dewasa dan anak-anak. Obat herbal merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk menurunkan demam namun memang efek nya tidak secepat obat kimia. Kalian dapat mengkombinasi dengan obat lain untuk cacar air dan meminum obat herbal untuk menurunkan demam. Misalnya kalian dapat minum air kelapa muda yang juga baik ketika cacar air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menurunkan suhu tubuh.
Sponsors Link

Penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air sendiri memang tidak memerlukan hal khusus dan sulit untuk dilakukan. Terutama bila cacar terjadi pada anak maka demam mungkin akan terjadi beberapa hari dan biasanya akan turun dengan sendirinya. Maka ketika demam tak kunjung turun kalian dapat melakukan terapi di atas dan ditambah obat demam agar badan lebih nyaman. Tak lupa untuk kalian perlu mencukupi kebutuhan nutrisi kala demam dan cacar air tersebut.

Sebenarnya memang cacar dapat pulih sendiri dalam kurun waktu 10 hingga 14 hari dengan berjalannya waktu setelah virus mati dan tubuh mengalami pemulihan dengan sendirinya dengan bantuan daya tahan tubuh. Kalian juga sebenarnya bisa mencegah cacar yaitu dengan melakukan vaksinasi pada si kecil untuk pencegahan cacar. Vaksinasi ini dapat mencegah cacar hingga perlindungan mencapai usia dewasa. Selain itu tetaplah menjaga daya tahan tubuh untuk menghindari tubuh dari masuknya zat asing misalnya virus dan bakteri. Tetap jaga kesehatan tubuh ya mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan