Sponsors Link

5 Perawatan Alami Demam Berdarah yang Tepat

Sponsors Link

Jika mengalami penyakit demam berdarah trombosit turun, ada dua cara perawatan yang tepat. Baik dengan perawatan medis di rumah sakit maupun dengan perawatan alami demam berdarah. Kebanyakan pasien tidak ingin repot harus menginap di rumah sakit, sehingga memutuskan menjalankan perawatan di rumah. Ada beberapa sisi positif dan negatif dari sistem ini, simak berikut perawatan alami demam berdarah untuk lebih jelasnya.

ads

Sisi Positif

Jika melakukan perawatan gejala demam berdarah di rumah, maka dapat dilakukan dengan cara alami, dan umumnya memiliki sisi positif sebagai berikut:

  • Lebih minim efek samping, karena dengan perawatan herbal atau alami maka tidak memerlukan proses kimia yang mengandung bahan berbahaya. Sehingga penderita dapat sembuh dengan sendirinya tanpa mengalami efek samping lanjutan.
  • Lebih nyaman, karena tentu berada di rumah sendiri akan jauh lebih nyaman dari rumah sakit. Sehingga psikologis penderita akan jauh lebih baik dan dapat membantu mempercepat proses pemulihan.
  • Minim biaya, karena tidak memerlukan biaya untuk membayar tagihan rawat inap yang biasanya cukup besar serta lebih fleksibel bagi keluarga untuk melakukan perawatan.

Sisi Negatif

Namun perawatan yang alami juga memiliki beberapa sisi negatif, umumnya yaitu sebagai berikut:

  • Tidak terkontrol dengan maksimum, terutama penyakit bahaya demam berdarah memiliki fase kritis yang butuh perawatan maksimal. Oleh sebab itu jika melakukan perawatan alami harus selalu detail mengontrol kondisi kesehatan penderita yang terbaru.
  • Susah untuk memberikan infus saat penderita mengalami efek samping demam tinggi dan mengalami dehidrasi. Karena prosedur pemberian infus umumnya hanya dapat dilakukan di rumah sakit atau oleh tenaga media yang terlatih.

Langkah Perawatan Alami

Jika ingin segera sembuh dari penyakit ciri nyamuk demam berdarah dengue tanpa perawatan di rumah sakit, maka sebaiknya lakukan beberapa langkah perawatan alami demam berdarah berikut ini di rumah:

  1. Berikan sari buah terutama jus jambu merah yang kaya akan vitamin C. Dengan asupan vitamin C dosis tinggi maka penderita demam akan cepat sembuh serta tubuhnya akan membentuk imunitas yang lebih baik untuk melawan penyakit yang menyerang.
  2. Berikan larutan elektrolit sebagai pengganti dari elektrolit tubuh yang hilang. Yang paling mudah dengan air kelapa hijau yang bermanfaat maksimal mengganti cairan tubuh beserta ion tubuh yang hilang akibat demam karena radang dan dehidrasi saat demam berdarah.
  3. Jika panas tubuh penderita cukup tinggi, berikan kompres handuk dingin di dahi penderita. Dapat pula menggunakan plester kompres instan. Selalu pantau suhu tubuh penderita dan usahakan agar demam dapat turun secara alami dan perlahan.
  4. Pastikan suhu ruangan penderita cukup nyaman sehingga penderita tidak perlu merasa menggigil kedinginan. Hindari memakai penyejuk ruangan untuk sementara waktu dan berikan selimut jika dibutuhkan. Sehingga demam cepat sembuh dan mereda dengan sendirinya. 
    Sponsors Link

  5. Usapkan parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak kayu putih di punggung dan perut penderita agar demam dapat mereda serta suhu tubuh penderita tetap stabil. Terutama saat fase kritis atau malam hari dimana suhu badan penderita bisa saja tiba-tiba drop dan sangat dingin.

Demikian beberapa penjelasan yang lebih detail mengenai perawatan alami demam berdarah. Termasuk sisi positif, sisi negatif dan langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan perawatan. Tujuan yang paling penting yaitu supaya penderita dapat cepat sembuh dari demam dengue serta proses pemulihannya tidak berlangsung terlalu lama.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan