Sponsors Link

7 Perawatan Demam Tifoid yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Penderita penyakit bahaya demam tifoid tentu akan memerlukan perawatan demam tifoid yang tepat. Hal ini sangat penting agar penderita dapat segera sembuh dan kembali melakukan aktivitas normal seperti biasanya. Karena umumnya demam yang diderita membuat tidak dapat melakukan banyak hal dan butuh istirahat yang lebih dari cukup. Oleh sebab itu cukup penting menjaga kestabilan daya tahan tubuh penderita demam tifoid. Sehingga dapat mencapai tingkat pemulihan yang lebih cepat.

ads

Hanya saja banyak yang awam tentang perawatan pada penderita yang terserang demam tifoid. Setiap orang bisa jadi berbeda pendekatannya. Namun yang paling utama adalah melakukan langkah yang tepat untuk menjamin kesembuhan penderita. Untuk lebih jelasnya, simak berikut beberapa cara perawatan demam tifoid yang paling tepat untuk penderita tifoid.

1. Istirahat Cukup

Yang utama untuk dilakukan dalam merawat pasien penyakit tanda demam tifoid, sebaiknya minta penderita untuk istirahat sebanyak mungkin. Sehingga tubuh mereka dapat pulih dengan sendirinya secara alami. Karena saat tidur tubuh penderita akan bekerja menyembuhkan penyakit serta membentuk pertahanan tubuh yang lebih kuat.

2. Makanan Bergizi

Jangan lupa untuk selalu memberikan jenis makanan untuk orang demam dan batuk yang penuh gizi pada penderita demam tifoid. Hal ini dimaksudkan agar penderita dapat menyerap berbagai macam kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. Contohnya kebutuhan protein serta karbohidrat sebagai sumber energi yang cukup. Dengan demikian maka tubuh akan bekerja lebih baik untuk mempercepat proses pemulihan.

3. Obat Herbal

Sebagai alternatif berikan obat-obatan herbal kepada penderita. Terutama untuk meredakan diare dengan disertai demam maupun gejala penyakit yang lainnya. Karena dengan obat tradisional demam tifoid pada anak maupun orang dewasa, maka efek samping yang mungkin terjadi akan jauh lebih kecil dibanding menggunakan pengobatan medis dari dokter. Saat inipun ada banyak obat penurun panas herbal yang bahkan tidak perlu dibeli di toko obat, cukup dibuat sendiri. Misalnya dengan memberikan parutan bawang merah yang dicampur minyak kayu putih dan dioleskan ke punggung maupun perut penderita.

4. Larutan Elektrolit

Pada saat gejala demam tifoid umumnya penderita akan cenderung kehilangan banyak keringat saat obat bekerja dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara perawatan demam tifoid yang tepat yaitu dengan memberikan larutan elektrolit. Cara yang paling alami dengan memberikan air kelapa hijau yang baik untuk pemulihan kesehatan penderita.

5. Minum Air Putih

Selanjutnya berikan cukup air minum berupa air putih kepada penderita. Hal ini akan bermanfaat untuk mencegah resiko terjadinya dehidrasi. Sehingga penyaluran oksigen ke seluruh organ tubuh penderita tetap maksimal dan kesembuhan tetap berjalan dengan lancar.

Sponsors Link

6. Suplemen Vitamin Tambahan

Jika perlu sebaiknya berikan suplemen vitamin tambahan terutama yang tinggi akan vitamin C. Karena dengan demikian maka dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel tubuh dalam menggantikan sel-sel yang sakit. Sehingga penderita demam tifoid dapat segera pulih kembali.

7. Buah Dan Sayur

Selain itu berikan pula buah dan sayur bagi penderita. Sehingga asupan vitamin serta mineral tubuh akan terbentuk secara alami. Dengan demikian maka tubuh bekerja lebih baik untuk melawan virus demam lebih dari 3 hari yang menyerang tubuh.

Demikian beberapa cara perawatan demam tifoid yang paling tepat saat ini. Dengan beberapa langkah di atas maka diharapkan penyakit segera ditangani. Serta kemungkinan gejala yang lebih berat atau komplikasi dengan penyakit lain dapat dihindari. Sehingga penderita lebih cepat sehat dan tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan