Sponsors Link

9 Obat Tradisional Demam Tifoid Pada Anak Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Dengan tifoid / demam tifus / demam thypoid merupakan 3 kata yang mempunyai arti sama. Penyakit yang dapat dikategorikan sebagai demam infeksi. Demam infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi. Bakteri yang umumnya masuk melalui sistem pencernaan dan menyerang pencernaan pula. Khususnya, menyerang usus dan menimbulkan peradangan.

ads

Sebelum banyak digunakan antibiotik, komplikasi demam tifoid sering menimbulkan kematian. Apalagi informasi mengenai ciri-ciri dan gejalanya sangat sedikit. Tidak sedikit yang sudah berobat ke dokter dan mendapat antibiotik bisa kambuh kembali dalam hitungan beberapa tahun atau beberapa bulan. Ini dikarenakan penderita tidak memenuhi anjuran dokter dalam meminumnya. Sehingga ketika badan sudah sehat, ternyata bakteri masih ada dalam tubuh.

Gejala tifoid pada anak hampir sama dengan orang dewasa, antara lain :

Banyak orang percaya akan obat tradisional. Obat tersebut antara lain :

  1. Cacing Tanah

Di antara semua obat tradisional tifoid, cacing tanah paling terkenal. Cacing menurunkan panas tinggi dan mematikan bakteri. Dengan demikian, demam tifoid lebih cepat sembuh dan kemungkinan untuk kambuh diminimalisir. Cara membuatnya mudah, hanya tinggal membersihkan dan merebusnya beberapa lama, sarinya yang diminum. Untuk menghilangkan bau dan rasa yang tidak nyaman, dapat ditambah dengan sedikit jeruk nipis misalnya.

  1. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai obat penurun panas. Ternyata, sangat efektif juga untuk obat demam tifoid. Antioksidan yang dimiliki kunyit, dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Rimpang khas Indonesia ini diminum sarinya sebagai obat. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan madu atau gula aren.

  1. Kompres Daun Cocor Bebek

Obat tradisional penurun panas berupa kompres penurun panas lebih mudah diberikan pada anak karena tidak konsumsi. Cukup dihaluskan dan ditempelkan dengan cara menurunkan panas dengan kompres yang benar. Daun cocor bebek baik untuk mengatasi gejala sakit pada pencernaan.

Sponsors Link

  1. Buah Sawo Muda

Jika di dekat rumah ada pohon sawo yang sudah berbuah, buah yang masih muda bisa digunakan untuk demam tifus. Caranya mudah. Hanya tinggal memarut sawo dan merebusnya hingga air tinggal setengah. Lalu diminum sarinya.

  1. Kompres Daun Singkong

Daun singkong adalah kompres penurun panas yang sangat efektif. Selain itu, kandungannya sangat cocok bagi demam anak disertai sakit kepala. Caranya sama dengan membuat kompres cocor bebek.

  1. Teripang

Teripang mas sangat diyakini menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah obat tradisional thypoid anak. Jenis ini dicampur dengan berbagai obat herbal lain sehingga khasiatnya lebih efektif dan anak mau mengkonsumsinya.

  1. Sari Kurma

Kurma menghasilkan banyak energi dan mengandung pemanis alami. Karena penderita demam tifoid biasanya kurang nafsu makan, kadar hemoglobin dalam darahnya turun dan menjadi lemas. Kurma akan mengatasi hal tersebut dan penyembuhan lebih cepat. 

Sponsors Link

  1. Kulit Manggis

Kulit manggis, seperti halnya teripang sangat cocok untuk semua jenis penyakit. Dengan demikian cocok juga untuk demam tifus. Secara tradisional kulit manggis dapat dibersihkan, dicuci, dan direbus hingga airnya tinggal setengah. Selanjutnya, air rebusan yang telah disaring diminum sedikit-sedikit beberapa kali sehari hingga sembuh.

  1. Buah Pepaya Muda

Buah pepaya muda dapat digunakan sebagaimana buah sawo muda. Buah ini mengatasi sakit pencernaan dan peradangan. Minumlah sarinya beberapa kali sehari hingga tubuh nyaman. Jika minum obat dokter, konsumsi minimal dua jam setelahnya.

Memang agak sulit membuat anak mengkonsumsi obat tradisional tifoid pada anak. Yang lebih aman adalah obat luar atau kompres. Obat herbal yang sudah dibuat dalam bentuk kapsul dan ditambahkan madu sebagai pemanis rasa dan penambah energi dapat dikonsumsi oleh anak. Jika dalam 3 hari panas masih naik turun dan belum ada perubahan segeralah bawa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan