Sponsors Link

12 Cara Menurunkan Demam Pada Penderita Diabetes

Sponsors Link

Demam panas, seperti telah diketahui adalah keadaan di mana suhu tubuh meningkat di atas 37.5 derajat celcius. Terkadang suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius menyebabkan demam menggigil. Yaitu suhu badan panas tapi terasa dingin. Yang pasti, demam adalah reaksi alami tubuh ketika menghadapi infeksi atau dirasakan ada yang kelainan di dalam tubuh.

ads

Karena demam mencakup gejala semua demam infeksi dan demam non infeksi, maka penderita diabetes pernah menderita demam. Bahkan dapat dikatakan penderita diabetes akan lebih sering mengalami hal ini. Mengapa demikian? Karena kenaikan kadar gula dalam darah akan menyebabkan terganggunya metabolisme. Orang yang terganggu metabolismenya, akan mudah terkena penyakit alias daya tahan tubuhnya terhadap penyakit berkurang. Demam pada penderita diabetes kemungkinan disebabkan oleh :

Namun, penderita diabetes tidak dapat seperti orang biasa yang dapat mengkonsumsi apa saja. Dalam kesehariannya penderita diabetes harus diet makan sesuai anjuran dokter dan bergaya hidup sehat. Jadi tidak semua cara mengatasi penyebab demam tinggi pada orang dewasa bisa diterapkan. Ada beberapa hal yang sama. Cara menurunkan demam pada penderita diabetes, yaitu :

  1. Obat Penurun Panas

Penderita diabetes yang demam dapat meminum obat penurun panas badan biasa, yaitu jenis acetaminophen atau mengandung Paracetamol. Sanmol untuk anak atau dewasa merk yang umum digunakan sesuai usia. Jika panas tidak segera turun dan demam meningkat, konsultasi dengan dokter untuk obat penurun panas lain atau antibiotik.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres penurun panas air hangat direkomendasikan untuk semua demam panas. Termasuk demam pada penderita diabetes. Kompres air hangat membantu menurunkan panas. Air hangat masuk dalam tubuh melalui kulit dan menguapkan panas. Kompres juga membuat penderita panas merasa lebih nyaman.

  1. Plester Kompres Demam

Plester kompres demam untuk dewasa sudah banyak diproduksi. Kompres ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan kompres air hangat. Cara menurunkan panas dengan kompres yang benar akan membuatnya lebih efektif.

Sponsors Link

  1. Kompres Herbal

Beberapa daun penurun panas dapat dijadikan kompres herbal jika kebetulan ada di sekitar rumah. Kompres herbal tidak berpengaruh pada kadar gula darah seseorang karena merupakan obat luar. Contoh kompres herbal adalah daun singkong untuk demam dan sakit kepala, daun cocor bebek untuk diare disertai demam, dan daun kembang sepatu.

  1. Istirahat

Istirahat dengan mengurangi aktivitas dan menghindari stres sangat bagi orang dengan kadar gula tinggi dalam darah.

ads

  1. Banyak Minum

Penderita diabetes atau kencing manis tidak boleh minum sembarang obat. Air putih bukan obat. Jadi, bila panas melanda bisa minum air putih sesering dan sebanyak mungkin. Minum air putih mempercepat penguapan panas tubuh dan mencegah dehidrasi karena panas.

  1. Makanan Bergizi

Makanan bergizi dalam jumlah cukup, sesusi diet sehat diabetes akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jika demam akibat hipoglikemia, konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat akan sangat membantu.

  1. Buah Penurun Panas

Buah penurun panas dewasa mengandung pemanis alami yang baik untuk diabetes asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Cukup satu potong misalnya untuk melon atau satu buah jeruk. Buah termasuk makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin C.

  1. Pakaian Tipis

Sama dengan penderita demam panas lain, ketika sakit tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian dan selimut tebal. Cukup pakaian tipis yang selalu kering. Dengan demikian panas tidak terperangkap dalam tubuh. Tanpa baju yang tebal, jika obat dan lain-lain sudah bereaksi menurunkan panas, maka tubuh akan memproduksi keringat.

  1. Suhu Ruangan Yang Nyaman

Ruangan istirahat yang nyaman tentu saja akan membuat orang yang sakit ikut merasa nyaman. Akibatnya mereka dapat beristirahat dengan baik. Salah satu yang membuat ruangan nyaman adalah suhu ruangan yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Atur suhu pendingin. Kipas angin dapat juga digunakan dengan kecepatan sedang dan tidak mengenai langsung penderita panas.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Penderita diabetes mudah terserang penyakit karena kadar gula darah yang tinggi dan mengganggu metabolisme. Tetapi ketika kadar gula turun sampai terlalu rendah, dapat menjadi hipoglikemia, yang juga mengakibatkan demam. Oleh karena itu, menstabilkan gula darah termasuk cara menurunkan panas

  1. Tetap Bergaya Hidup Sehat

Tetap dan selalu bergaya hidup sehat, inti dari penyembuhan diabetes. Makan teratur, bergizi, menghindari alkohol dan rokok, serta tetap melakukan sedikit aktivitas ringan akan menurunkan panas.

Demikian cara mengatasi demam pada penderita diabetes.  Penderita tidak boleh meminum obat penurun panas atau antibiotik selain atas resep dokter.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan