Sponsors Link

8 Perawatan Demam Pada Bayi Terbukti Ampuh Tanpa Dokter

Sponsors Link

Sebagai orang tua, memahami cara perawatan demam pada bayi yang paling tepat perlu diketahui. Hal ini karena bayi merupakan salah satu yang paling sering sakit karena daya tahan tubuhnya yang paling minim dibanding anak-anak maupun orang dewasa. Karena itu sebaiknya persiapkan manakala tiba-tiba suhu badan bayi meningkat dan bayi mengalami demam karena virus pada anak bayi. Entah karena infeksi penyakit maupun karena dehidrasi kurang minum, ataupun bisa juga akibat efek samping imunisasi demam.

ads

Apapun jenis demam yang dialami bayi, sebaiknya berikan langkah perawatan yang paling tepat, efektif dan minim efek samping. Sehingga bayi dapat cepat sembuh dan suhu badannya kembali normal. Adapun berikut ini adalah beberapa cara perawatan demam pada bayi yang paling tepat untuk dilakukan.

1. Beri ASI

Langkah paling tepat yang dapat dilakukan yaitu tetap memberikan ASI sebagai menu makanan bayi. ASI merupakan pilihan alami dan cara paling efektif untuk meredakan infeksi apapun yang membuat bayi mengalami diare disertai dengan demam. Sehingga dengan demikian bayi akan sembuh secara alami dan membentuk antibodi yang lebih kuat.

2. Gosokkan Minyak Kayu Putih

Untuk membuat bayi tetap hangat dan demam mereda berikan minyak kayu putih bercampur bawang merah yang telah diparut. Gosokkan pada punggung dan perut bayi secara berkala. Rasa hangatnya akan membuat bayi berkeringat dan demam dan mencret pada bayi dapat diatasi dengan optimal.

3. Suhu Ruangan Hangat

Jangan lupa memperhatikan suhu ruangan tempat bayi tidur dengan nyenyak. Jika menggunakan pendingin ruangan, pastikan agar suhunya tetap hangat dan tidak terlalu dingin. Ini merupakan perawatan demam pada bayi yang penting diperhatikan. Sehingga bayi tidak mengalami penyebab menggigil kedinginan dan demam makin bertambah parah.

4. Minum Air Putih

Berikan pula cukup cairan pada bayi termasuk dengan sedikit memberikan asupan air putih. Sehingga tubuh bayi terhindar dari resiko dehidrasi serta bermanfaat melancarkan buang air kecil. Dengan demikian penyakit akan mereda dan virus akan dibuang melalui urin.

5. MPASI Bergizi

Berikan makanan bergisi pada menu MPASI bayi yang telah belajar menerima makanan padat. Usahakan agar menu makanan bayi mengandung banyak vitamin, mineral serta protein yang cukup. Dengan demikian maka tubuh bayi dapat bekerja maksimal dalam menyembuhkan demam lebih dari 3 hari.

6. Sari Buah

Berikan sari buah-buahan yang kaya akan vitamin C dosis tinggi pada bayi. Dengan demikian maka tubuh bayi akan bekerja maksimal dalam menghasilkan imunitas. Hal ini akan membuat bayi makin kuat dan tidak mudah terserang penyakit kembali.

Sponsors Link

7. Tidur Cukup

Pastikan bayi memiliki waktu tidur yang cukup. Usahakan agar posisi tidur bayi cukup nyaman. Sehingga tubuh bayi bekerja maksimal dalam menyembuhkan gejala demam biasa yang dialami.

8. Kompres Dingin

Gunakan kompres dingin yang diletakkan pada dahi bayi. Bisa memakai handuk dingin maupun dengan kompres instan. Dengan demikian suhu badan tubuh bayi akan menurun secara perlahan.

Demikian beberapa cara perawatan demam pada bayi yang paling efektif serta tepat untuk dilakukan. Dengan memilih langkah yang alami tanpa menggunakan obat medis, maka efek samping yang berbahaya dapat dihindari. Sehingga bayi dapat cepat sembuh tanpa mengalami penyakit lain lebih lanjut. Selain itu sebagai jaminan agar tumbuh kembang bayi tetap optimal dan tidak terhambat karena mengalami gejala demam difteri.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan