Sponsors Link

Cara Cepat Menurunkan Panas Pada Anak Usia 5 Tahun Paling Efektif

Sponsors Link

Anak usia 5 tahun, ada yang menggolongkan sudah tidak balita lagi.  Kekebalan tubuhnya sudah nyaris sempurna.  Anak usia ini umumnya sudah mulai masuk pra sekolah.  Sehingga jika anak sakit, orangtua akan sangat khawatir kegiatannya akan terganggu.  Apalagi jika sakitnya membuat rewel dan sensitif.  Orangtua ingin menurunkan panas dan mengatasi penyakitnya dengan cepat.  Sementara, jika sakitnya tergolong jenis demam biasa, orangtua zaman ini tidak mau tergantung pada dokter dan antibiotiknya.  Maka di bawah ini ada beberapa cepat cara menurunkan panas pada anak usia 5 tahun yang dapat dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama.

ads
  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan yang merupakan obat kimia bisa dikategorikan memberikan reaksi lebih cepat menurunkan panas.  Obat jenis acetaminophen, seperti Sanmol banyak dijual bebas.  Jika demam disertai sakit kepala, jenis ibuprofen dapat diberikan.  Banyak merk obat yang mengandung ini dijual bebas.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres merupakan cara tradisional yang direkomendasi oleh dokter.  Kompres penurun panas dengan air hangat degan cara yang tepat akan menurunkan panas dengan efektif dan membuat anak merasa lebih nyaman.

  1. Plester Kompres Demam.

Jika orangtua ingin praktis, plester kompres demam untuk anak banyak dijual.  Cara kerjanya hampir sama dengan kompres air hangat.  Tempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha.  Penggunaan kompres dapat dipadukan dengan obat penurun panas.

  1. Bawang Merah

Bawang merah adalah obat tradisional penurun panas anak yang tidak perlu dikonsumsi.  Cukup mengiris tipis dan mencampurkannya dengan minyak kelapa.  Kemudian oleskan campurannya ke seluruh tubuh anak.  Minyak atsiri yang terkandung di dalamnya akan terserap langsung melalui pori-pori pada kulit dan menurunkan panas.  Selain itu, bawang merah juga akan menghangatkan tubuh demam menggigil pada anak.

  1. Madu

Rasa madu yang manis pasti disukai anak.  Manfaat madu untuk demam  sangat dipercaya sejak dahulu.  Minumlah satu atau dua sendok makan dua sampai tiga kali sehari hingga panas turun dan dapat dilanjutkan untuk pemulihan.  Madu menghasilkan energi yang sangat berguna untuk pemulihan penderita sakit.

  1. Memberi Pakaian Tipis

Anak yang suhu badannya panas tidak perlu diberi pakaian dan selimut tebal untuk mengeluarkan keringat, meskipun diiringi demam menggigil.  Cukup diberi selimut tipis dan dibuka jika kedinginan hilang.  Jika panas turun maka dengan sendirinya keluar.  Pakaian yang tebal membuat panas terperangkap dan makin tinggi.

  1. Minum Air

Minum air sebanyak dan sesering mungkin akan menurunkan panas.  Minum air merangsang keluarnya keringat dengan penguapan dan memperlebar pembuluh darah.  Selain itu, air ini dapat mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi.  Jika memungkinkan minumlah air hangat. 

Sponsors Link

  1. Mandi Air Hangat

Tetap mandi jika waktunya mandi, dengan air hangat akan cepat pula menurunkan panas.  Air hangat yang masuk ke dalam pori-pori akan membantu mempercepat penguapan panas.

  1. Makan yang Bergizi

Anak usia 5 tahun seharusnya sudah dapat makan seperti orang dewasa.  Konsumsi makanan yang bergizi dan makanan penurun demam sangat baik untuk penyembuhan.  Dengan mengusahakan makan meskipun sedikit, metabolisme akan berjalan lebih lancar dan panas akan turun.

  1. Air Kelapa Muda

Minum air kelapa muda menyegarkan dan akan disukai anak.  Salah satu cara cepat menurunkan panas pada anak usia 5 tahun adalah minum air kelapa.  Kandungan elektrolit kelapa muda banyak sehingga membantu menurunkan panas, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan mengatasi dehidrasi. 

Sponsors Link

  1. Istirahat

Anak yang masih beraktivitas jika demam, bisa mengindikasikan gejala demam biasa atau hanya demam flu pada anak.  Namun, istirahat tetap akan membuat panas cepat turun dan pemulihan segera terjadi.  Bujuklah anak untuk mengurangi aktivitasnya atau hanya bermain di dalam rumah.

  1. Buah

Buah penurun panas anak banyak mengandung vitamin C.  Di antara buah tersebut adalah delima merah, semangka, pisang, pepaya, melon, dan jeruk.  Konsumsi buah tersebut membuat pemulihan cepat, turun panas segera.  Untuk demam batuk pilek pada anak dan demam hidung tersumbat, konsumsi batuk akan membuat tidur lebih nyaman.  Sementara untuk demam tifus, konsumsi papaya akan mengurangi gejalanya.

Mudah bukan cara cepat menurunkan panas pada anak usia 5 tahun?  yang terpenting dari itu semua adalah orangtua tidak panik.  Bawalah ke dokter jika anak terlihat lesu, diare demam menggigil, demam dan muntah, keluar bintik merah, dan demam berkepanjangan.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan