Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Demam Bayi Tumbuh Gigi Paling Efektif

Sponsors Link

Tumbuh gigi merupakan sebuah tahapan tumbuh kembang yang pasti akan dialami semua bayi. Namun yang menjadi masalah adalah rasa sakit, tidak nyaman dan juga demam yang terjadi selama proses tumbuh gigi tersebut yang membuat banyak orang tua khawatir. Tumbuh gigi atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama odontitiasis adalah proses bertumbuhnya gigi untuk pertama kali saat mulai menusuk gusi bayi yang sangat sensitif.

ads

Gigi bayi umumnya akan tumbuh pada urutan tertentu dan sering tumbuh secara berpasangan. Sebenarnya bayi sudah memiliki 20 gigi saat lahir, akan tetapi gigi tersebut masih ada di dalam gusi hingga nantinya proses odontiasis dimulai. Saat gigi mulai tumbuh dan demam terjadi, maka ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa anda lakukan seperti cara mengatasi demam bayi tumbuh gigi berikut ini.

  1. Minyak Atsiri

Minyak atsiri bisa memberikan ketenangan pada bayi sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit sehingga demam bisa diturunkan. Agar membantu bayi lebih rileks, anda bisa mencampur beberapa jenis minyak esensial seperti minyak lavender, minyak chamomile atau minyak vanila untuk diletakkan pada kamar bayi untuk mencegah demam berkepanjangan.

  1. Berikan Vitamin D

Bayi umumnya juga kekurangan vitamin D karena tidak mendapat sinar matahari pagi yang cukup yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga peradangan yang menyebabkan gejala demam selama tumbuh gigi bisa diatasi. Jika ini salah satu masalah yang anda alami, vitamin D tetes bisa diberikan dengan takaran sesuai anjuran dokter untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

  1. Berikan Teh Cengkeh

Cengkeh merupakan obat penenang alami yang bisa mengurangi rasa sakit saat gigi sedang tumbuh sekaligus mengatasi demam panas bayi. Cengkeh yang dibuat menjadi teh ini aman untuk diberikan pada bayi sebagai minuman atau hanya dioleskan pada bagian tumbuh gigi saja.

  • Rebus air dan tuangkan 1 sendok teh cengkeh lalu rebus selama 6 hingga 7 menit.
  • Tunggu sampai dingin dan berikan beberapa tetes pada bayi atau bisa digunakan untuk obat oles pada gigi yang baru tumbuh.
  1. Chamomile

Dalam beberapa situs perawatan anak secara alami merekomendasikan teh chamomile untuk proses tumbuh gigi bayi sehingga demam bisa diatasi. Chamomile sendiri sudah digunakan selama ribuan tahun untuk mengatasi peradangan penyebab demam.

  • Berikan beberapa teguk teh chamomile pada bayi.
  • Cara lainnya adalah mengoleskan teh chamomile ini pada gusi bayi untuk mencegah peradangan.
    Sponsors Link

  1. Acetaminophen atau Ibuprofen

Kedua jenis obat ini juga bisa diberikan pada bayi yang baru tumbuh gigi untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mengatasi virus penyebab demam. Sebelum memberikan obat pada bayi, konsultasikan dulu dengan dokter agar dosis yang diberikan bisa sesuai.

  1. Berikan ASI

Minuman dan makanan bayi terbaik hingga usia 6 bulan adalah ASI. Dalam ASI mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, kalsium dan fosfor yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bisa mengatasi demam pada bayi sekaligus juga menutrisi tubuh bayi. Sedangkan kandungan enzim lipase yang ada dalam ASI sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan bayi, meningkatkan perkembangan jaringan, meningkatkan metabolisme dan tentunya menurunkan peradangan yang disebabkan karena demam dalam waktu yang lebih cepat.

  1. Mandi Dengan Spons

Mandi dengan spons juga bisa dipertimbangkan sebagai pengobatan rumahan yang efektif untuk menurunkan demam bayi saat sedang tumbuh gigi. Dibandingkan dengan memandikan bayi memakai air seluruhnya, anda bisa meredakan demam bayi dengan menempelkan spons yang sudah diberi air hangat pada area dahi, leher dan juga lengan. Pastikan air tidak terlalu dingin karena bisa membuat bayi menggigil dan demam semakin meningkat.

Sponsors Link

  1. Pastikan Bayi Terhidrasi

Saat bayi sedang demam karena tumbuh gigi, maka pastikan tubuh bayi tetap terhidrasi dengan baik. Selain memberikan ASI, anda juga bisa memberikan susu formula yang juga penting untuk tubuh bayi dan biasanya bayi tidak membutuhkan cairan lain selain ASI dan susu formula. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui apakah bayi membutuhkan larutan elektrolit untuk perawatan demam pada bayi selama tumbuh gigi sebab kebutuhan bayi akan cairan juga berbeda beda.

Cara mengatasi demam bayi tumbuh gigi sebaiknya tidak dilakukan terlalu berlebihan dan jangan pernah memberikan obat yang mengandung aspirin pada bayi tumbuh gigi sebab bisa berbahaya. Supaya tidak salah saat meredakan demam bayi selama tumbuh gigi, ada baiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang paling tepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan