Sponsors Link

7 Cara Menurunkan Demam Bayi 2 Bulan Paling Cepat

Sponsors Link

Demam yang terjadi pada bayi baru lahir bisa menandakan sesuatu masalah yang sangat serius. Tubuh bayi yang masih terlalu kecil belum dapat mengatur suhu secara baik, sehingga bisa berubah menjadi terlalu panas yang bisa membahayakan kesehatan bayi dan umumnya juga akan diikuti dengan demam. Namun tidak selamanya demam yang terjadi pada bayi khususnya bayi berumur 2 bulan tersebut berbahaya, sebab demam juga bisa terjadi karena tubuh sedang mengatasi infeksi yang sedang terjadi.

ads

Demam yang terjadi pada bayi berusia 2 bulan memang umumnya disebabkan karena infeksi serta beberapa penyebab lain seperti terbungkus terlalu rapat, hawa lingkungan yang terlalu panas, memakai pakaian terlalu hangat dan dehidrasi juga menjadi penyebab bayi 2 bulan mengalami demam. Ada beberapa cara menurunkan demam bayi 2 bulan yang bisa anda lakukan selain berkonsultasi dengan dokter seperti beberapa cara yang kami berikan berikut ini.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan bahan alami yang bisa diberikan untuk menurunkan demam bayi usia 0 sampai 6 bulan . Para ahli kesehatan berpendapat jika kandungan zat aktif bernama germacrene dalam temulawak sangat baik untuk menurunkan demam dan panas yang sangat efektif ditambah kandungan antibiotik dalam temulawak yang bisa membunuh virus dan bakteri penyebab demam pada bayi.

  • Parut temulawak secukupnya kemudian rebus dan saring airnya.
  • Tunggu hingga dingin lalu campur dengan sedikit madu dan berikan pada bayi.
  1. Bawang Merah

Saat bayi berusia dibawah 3 bulan dan mengalami demam, maka bawang merah juga bisa diberikan untuk menurunkan demam berkepanjangan karena tidak harus diminumkan pada bayi. Kandungan atsiri, kaemferol, floroglusin, quercetin dan sikloaliin dalam bawang merah sangat efektif untuk menurunkan panas dan demam pada bayi yang sangat efektif.

  • Parut bawang merah secukupnya lalu campur dengan sedikit minyak kelapa.
  • Balurkan campuran tersebut pada tubuh bayi lalu diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan lap.
  1. Kompres Kembang Sepatu

Dalam kembang sepatu mengandung saponin, flavonoida dan juga polifenol yang sangat baik digunakan untuk menurunkan demam panas pada bayi dengan cara menggunakan perasan air kembang sepatu sebagai kompres.

  • Remas remas kembang sepatu hingga lemas lalu oles dengan minyak kelapa hingga merata.
  • Tempelkan kembang sepatu tersebut untuk mengompres perut dan juga kepala bayi.
  1. Istirahat Cukup

Mengatasi demam pada bayi berumur 2 bulan juga bisa dilakukan dengan membiarkan bayi beristirahat lebih banyak dari biasanya. Bayi yang sedang demam umumnya akan lebih rewel karena rasa tidak nyaman dan juga pusing yang dialami. Untuk itu bayi membutuhkan istirahat cukup yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus meredakan demam lebih cepat.

Sponsors Link

  1. Kompres Air Hangat

Mengompres bayi memakai air hangat memang menjadi cara termudah dan paling sering dilakukan para ibu. Adan bisa mengompres bayi yang sedang demam menggunakan air bersuhu 30 hingga 32 derajat celcius dan jangan gunakan air dingin atau alkohol sebab bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah sehingga panas tubuh bayi akan semakin sulit dikeluarkan. Selain itu, memakai kompres alkohol untuk bayi 2 bulan juga bisa menyebabkan keracunan alkohol karena terserap secara mudah ke dalam tubuh bayi.

  1. Ganti Pakaian Bayi

Cara berikutnya untuk menurunkan gejala demam pada bayi 2 bulan adalah dengan lebih sering mengganti pakaian bayi. Hal ini harus dilakukan karena bayi akan lebih sering berkeringat saat sedang demam sehingga pakaian menjadi lembab dan tidak nyaman. Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik seperti bahan katun. Hindari menggunakan bahan yang terlalu panas karena membuat kenyamanan istirahat bayi terganggu sekaligus memperlambat penurunan demam pada bayi.

Sponsors Link

  1. Pijat Kaki

Memijat kaki bayi menggunakan minyak alami yang sudah dihangatkan sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh bayi, mengatasi virus penyebab demam sekaligus meningkatkan kualitas tidur sehingga pemulihan semakin cepat.

  • Oleskan minyak zaitun yang sudah dihangatkan pada telapak kaki bayi.
  • Pijat secara lembut dengan memberi tekanan ringan memakai ibu jari selama beberapa menit.
  • Sesudah selesai, bungkus kaki bayi dengan kaos kaki dan ulangi secara teratur hingga demam bisa diturunkan.

Jika cara menurunkan demam bayi 2 bulan belum berhasil, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut khususnya jika timbul kemerahan pada kulit bayi, penurunan minum ASI, rewel dan juga lesu disertai diare dan kesulitan bernafas. Semua tanda tersebut harus diwaspadai sebab kemungkinan bayi terkena virus berbahaya yang hanya bisa diatais oleh dokter spesialis.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan