Sponsors Link

10 Cara Mengobati Demam Anak Tumbuh Gigi Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Tumbuhnya gigi merupakan salah satu tanda normalnya pertumbuhan seorang anak. Jadi, terkadang hal ini menjadi masa yang ditunggu-tunggu. Usia bayi atau anak mengalami ini sangat bervariasi. Ada yang sudah tumbuh gigi pertama di usia 4 bulan. Ada juga yang menjelang usia 1 tahun. Namun, ketika gigi akan tumbuh orang tua sangat khawatir karena beberapa bayi mengalami demam panas atau demam saat tumbuh gigi. Tidak semua dokter mempunyai pendapat yang sama akan hal ini. Namun secara umum dapat disimpulkan dua hal :

ads
  • Demam anak tumbuh gigi dapat terjadi karena anak menahan rasa nyeri ketika gigi menembus gusi. Demam non infeksi ini tidak melebihi suhu 38 derajat celcius.
  • Anak tumbuh gigi cenderung nafsu makannya berkurang, sehingga daya tahan tubuh menurun dan ada demam infeksi yang menyertainya. Demam infeksi kemungkinan terjadi jika panas melebihi 38 derajat celcius.

Oleh karena itu, jika anak demam ketika menjelang tumbuh gigi perlu diketahui cara mengatasinya. Cara mengatasi atau cara mengobati demam anak tumbuh gigi adalah sebagai berikut.

  1. Mengukur Suhu Badan Anak

Jika anak rewel dan dapat terlihat bahwa gusinya putih pertanda mau tumbuh gigi, maka orang tua dapat mengukur suhu badan anak secara berkala menggunakan thermometer. Ini penting karena suhu badan dapat memastikan demam yang diderita anak.

  1. Tetap Minum ASI

Jika anak sakit, maka tetaplah konsumsi ASI dan susu formula. Minum berguna untuk mengganti cairan yang hilang selama demam, Selain itu, ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Anak yang sudah mulai konsumsi makanan pengganti ASI atau MPASi, hendaknya terus mengkonsumsinya meskipun sedikit. Satu sendok misalnya. Makan untuk memastikan asupan gizinya cukup dan mencegah virus yang menyerang saat kondisi anak menurun.

  1. Pijatan Pada Gusi

Pijatan atau usapan lembut pada gusi akan membuat anak merasa lebih nyaman. Basuhlah tangan dan masukkan secara perlahan untuk mengusap gigi tanpa memaksa.

  1. Suhu Kamar yang Dingin

Demam anak tumbuh gigi sama dengan demam biasa. Anak membuthkan tempat yang nyaman untuk berisitirahat. Caranya dengan mengatur ventilasi udara dalam kamar. Dapat juga degan menghidup AC yang bersih di suhu antara 18 sampai 21 derajat celcius. Kipas angin dapat digunakan dengan kecepatan rendah dan tidak langsung mengenai tubuh bayi.

  1. Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan  bayi yang aman seperti Sanmol drops, yang mengandung Acetaminophen dapat diberikan untuk menurukan panas dan meredakan nyeri. Sanmol drops sudah disesuaikan dosisnya degan usia dan berat tubuh bayi.

Sponsors Link

  1. Finger Food

Finger food aadlah biskuit bayi yang dapat dipegang dan cepat hancur. Berilah bayi atau anak finger food untuk dikonsumsi sebagai pengganti makanan biasa dan untuk memberikan efek pijatan pada gigi saat menggigitnya.

  1. Mainan Gigit

Mainan yang digigit data diberikan bayi yang sudah memegang. Mainan ini khsusus dibuat untuk digigit oleh bayi yang sedang masa pertumbuhan gigi dan mengenali benda sekitar. Bersihkan atau cuci mainan dan masukkan ke dalam kulkas agar mainan terasa dingin dan nyaman digigit.

  1. Minuman Dingin

Berbeda dengan orang yang sakit gigi, minuman dingin akan memperparah kondisinya. Sedangkan minuman dingin menjadi salah satu cara mengobati demam anak tumbuh yang bagus. Minuman dingin akan membuat gusi anak menjadi nyaman.

Sponsors Link

  1. Tidak Panik

Terakhir dari cara mengobati demam anak tumbuh gigi adalah tidak panik dalam kondisi apa pun. Dengan tidak panik, orang tua atau ibu dapat membuat anak lebih nyaman, Semua gejala demam panas bayi tidak terlewatkan . Sehingga jika ternyata harus ke dokter diagnosis dapat segera dilakukan.

Demikian cara mengobati demam anak sakit gigi. Jika demam sangat tinggi, tubuh lemas, muntah dan diare, segeralah bawa ke dokter. Ini untuk mengantisipasi timbulnya kejang demam dan adanya demam infeksi berbahaya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan