Sponsors Link

15 Cara Mengobati Demam Pada Bayi 6 Bulan dengan Cepat

Sponsors Link

Demam dapat menyerang bayi. Apalagi, sistem kekebalan tubuh bayi belum terlalu sempurna. Sehingga bayi mudah sekali sakit. Salah satu indikasinya adalah demam panas dengan suhu sekitar 39 derajat celcius pada bayi 6 bulan. Tentu saja orang tua pasti khawatir. Ditambah bayi umumnya lebih rewel dibandingkan biasa. Ibu ikut begadang menunggui bayinya yang sakit.

ads

Yang paling utama ketika bayi sakit, adalah :

Selebihnya , sebagai pertolongan pertama ada cara mengobati demam pada bayi 6 bulan. Cara tersebut antara lain disebutkan di bawah ini.

  1. Obat

Obat penurun panas badan dengan kandungan acetaminophen / paracetamol dapat diminum oleh bayi tanpa resep dokter. Obat dengan contoh merk Sanmol ini cukup aman dan tersedia kemasan khusus bayi. Obat memberi reaksi lebih cepat dibandingkan cara lain menurunkan demam panas.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres penurun panas air hangat jika memungkinkan akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan membantu menurunkan panas. Perhatikan untuk tidak menggunakan kompres air dingin dan kompres dengan alkohol.

  1. Plester Kompres Demam

Plester kompres demam untuk anak lebih praktis digunakan. Kemungkinan kompres air hangat tidak disukai bayi karena terkadang air menetes ke bawah. Plester kompres demam mempunyai khasiat yang sama dengan kompres air hangat.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat atau suam kuku masih dapat dilakukan terhadap bayi demam. Mandi akan membuat badan lebih segar dan nyaman. Selain itu, dengan mandi pori-pori kulit akan terbuka dan mempercepat penguapan panas.

  1. Banyak Minum Air

Dehidrasi sangat berbahaya bagi bayi dan anak dalam masa tumbuh kembang. Dehidrasi berat tidak hanya menyebabkan panas semakin tinggi. Namun, kerusakan pada sistem syaraf karena kurangnya ion tertentu dapat mengganggu tumbuh kembang. Banyak minum air merupakan cara mengobati demam pada bayi 6 bulan, khususnya jika demam diare dan muntah. 

Sponsors Link

  1. Tetap Konsumsi ASI

ASI adalah makanan terbaik bayi. Konsumsinya akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Oleh karena itu, untuk bayi yang masih konsumsi ASI wajib diberi ASI sebanyak dan sesering mungkin selama sakit. Ini akan sangat membantu jika bayi kurang nafsu makan PASI.

  1. Dekapan Ibu

Terapi dekapan ibu juga sangat efektif bagi bayi demam flu dan demam lain. Dekapan ibu akan menetralisir panas dan memberikan kenyamanan. 

ads

  1. Menjaga Pakaian Tetap Kering

Bayi masih BAK dan BAB di tempat. Oleh karena itu, jagalah agar pakaian bayi tetap kering. Pakaian yang basah akan membuat panas meningkat atau demam menggigil. Seringlah mengganti pakaian bayi jika mulai terasa basah.

  1. Tidak Memberikan Baju dan Selimut Tebal

Bayi sakit sama dengan anak atau orang dewasa. Tidak perlu memberi mereka pakaian dan selimut tebal yang menyebabkan panas makin terperangkap dalam tubuh. Pakaian tipis akan mempercepat penguapan panas tubuh.

  1. Istirahat

Bayi usia 6 bulan sudah mulai banyak aktivitasnya. Jika ciri-ciri demam biasa yang diketahui, bayi cenderung masih aktif. Bujuklah bayi untuk lebih banyak istirahat. Misalnya dengan mengajak ke tempat tidur atau dengan menggendongnya. Istirahat menghemat energi bayi.

  1. Baringkan di Tempat Nyaman

Jika bayi tertidur, maka baringkan bayi di tempat nyaman yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Penggunaan pendingin ruangan diijinkan dengan suhu ruangan. Sementara kipas angin dapat dipasang dengan putaran lambat dan tidak langsung mengenai tubuh.

  1. Pijatan Lembut

Bayi dapat diberi pijatan lembut. Pijatan akan meredakan demam disertai sakit kepala pada anak dan nyeri sendi yang membuat bayi rewel. Pijatan dapat dilakukan dengan sambil mengoleskan minyak yang hangat.

  1. Bawang Merah

Bawang merah mempunyai kandung minyak atsiri penurun panas. Penggunaannya mudah. Tinggal mengiris tipis dan mencampurkannya dengan sedikit minyak kelapa dan dibalurkan ke seluruh tubuh. Minyak atsiri yang dikandung bawang akan teserap melalui kulit dan menurunkan panas.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Bayi 6 bulan sebenarnya sudah mulai konsumsi makanan tambahan selain ASI. Jika memungkinkan, bayi dapat tetap diberi makanan ini yang lunak dan mudah diserap. 

Sponsors Link

  1. Temulawak

Temulawak merupakan obat herbal berkhasiat ganda. Temulawak dapat menurunkan panas dan menambah nafsu makan bayi yang sakit. Cara mengobati demam pada bayi 6 bulan menggunakan ini hanya tinggal meminumkannya sedikit-sedikit sarinya yang telah dimasak.

Hal di atas seperti telah disebutkan adalah pertolongan pertama. Perhatikan semua gejala demam bayi. Karena faktor kekebalan tubuh yang belum sempurna, terkadang bayi mengalami demam biasa namun suhu tubuhnya sangat tinggi. Namun, dapat terjadi sebaliknya, bayi mengalami bukan gejala demam biasa dengan suhu badan panas tidak terlalu tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan