Sponsors Link

7 Cara Meredakan Demam dan Sakit Kepala dengan Cepat

Sponsors Link

Demam merupakan kondisi disaat temperatur tubuh seseorang meningkat melebihi batas normal yang biasanya disertai dengan sakit kepala dan juga keluhan lain seperti menggigil, mual dan juga muntah. Penyebab demam disertai dengan sakit kepala juga sangat banyak, namun umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus seperti virus DBD, infeksi saluran pernafasan karena virus, infeksi pencernaan karena virus dan berbagai masalah lain yang terjadi dalam tubuh.

ads

Sakit kepala yang dirasakan penderita umumnya terjadi di area kepala, leher dan juga kulit kepala bagian mana pun. Ada beberapa cara meredakan demam dan sakit kepala secara tradisional yang bisa anda lakukan di rumah seperti rekomendasi dari kami berikut ini.

  1. Teh Kemangi dan Madu

Demam dan sakit kepala menegang bisa diobati secara efektif dengan mengkonsumsi ramuan dari kemangi yang tidak hanya ampuh menurunkan demam dengan cepat, namun juga menenangkan saraf dan mengatasi sakit kepala hebat. Tambahan lemon dan madu yang tinggi antioksidan juga membantu proses penyembuhan semakin cepat sekaligus menambah rasa dalam ramuan kemangi ini. Untuk cara mengobati demam disertai sakit kepala selengkapnya bisa dilihat dalam ulasan berikut ini.

  • Seduh daun kemangi dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit.
  • Saring teh tersebut dan tambahkan 1 sendok teh madu dan perasan lemon.
  • Aduk rata dan minum selagi hangat sebanyak 2 hingga 3 cangkir per hari.
  1. Daun Sirih

Komponen dalam daun sirih memiliki sifat mendinginkan, analgesik dan juga antiinflamasi yang berguna untuk mencegah demam berkepanjangan. Sementara tambahan kapur sirih bisa menghilangkan rasa sakit kepala sekaligus menurunkan demam dalam waktu singkat. Ramuan ini merupakan analgesik yang tidak hanya ampuh menurunkan demam dan sakit kepala namun juga bisa menenangkan pikiran anda.

  • Haluskan 4 sampai 5 lembar daun sirih dengan sedikit air lalu tambahkan dengan minyak kapur sirih.
  • Oleskan pasta tersebut pada pelipis dan juga dahi lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Cara lainnya adalah langsung meletakkan daun sirih yang sudah dilumatkan pada dahi anda.
  1. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran kaya air yang baik untuk menghidrasi tubuh saat gejala demam terjadi. Selain bisa menghidrasi, kandungan vitamin dan mineral dalam mentimun juga ampuh untuk menurunkan demam yang disertai sakit kepala bahkan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk.

  • Haluskan 1 buah mentimun dengan blender dan minum secara teratur setiap hari.
  • Supaya lebih nikmat, anda juga bisa mencampur mentimun dalam salad atau dibuat menjadi smoothies.
  1. Air Kelapa

Dalam air kelapa mengandung elektrolit tinggi yang bisa menambah cairan dalam tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang menyebabkan demam panas sekaligus melancarkan peredaran darah. Selain itu air kelapa juga mengandung asid laurik dan asid kaprilat yang memiliki sifat antibakteri dan antikulat untuk menyembuhkan demam dan sakit kepala.

Sponsors Link

  1. Minyak Kelapa

Dalam minyak kelapa mengandung senyawa antivirus kuat serta mengandung Medium Chain Trigliserida yakni lemak yang bisa dicerna lebih cepat dibandingkan jenis lemak lainnya. MCT ini akan langsung dialirkan menuju organ hati dan diubah menjadi energi dan berubah menjadi keton yang berguna untuk mencegah gangguan otak seperti sakit kepala dan kejang demam. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang ditemukan juga dalam ASI sebagai pembunuh patogen berbahaya penyebab demam dan sakit kepala.

  1. Minyak Oregano

Oregano merupakan salah satu antibiotik alami yang paling kuat. Dalam minyak oregano mengandung terpene dan carvacrol yang merupakan bahan kimia alami untuk melawan jamur, bakteri, ragi, virus penyebab demam dan parasit penyebab demam dan sakit kepala. Dalam sebuah studi juga membuktikan jika minyak oregano memiliki pengaruh kuat dalam membunuh bakteri Salmonella dan E. Coli secara efektif.

  • Minum 2 hingga 3 tetes minyak oregano ini setiap hari selama demam dan sakit kepala.
  • Pastikan untuk langsung minum segelas air supaya minyak oregano bisa langsung masuk dalam pencernaan.
    Sponsors Link

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang bahkan sudah digunakan oleh masyarakat Mesir kuno karena kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk sakit kepala dan demam secara cepat. Dalam kayu manis mengandung antimikroba dan antiinflamasi, mengendalikan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan usus dan melindungi kesehatan otak yang semuanya ini berhubungan langsung dengan demam dan sakit kepala.

  • Campur 1/4 sendok teh kayu manis bubuk dengan 1 sendok teh madu organik.
  • Minum campuran ini sebanyak 2 kali sehari atau bisa juga dibuat teh dengan mencampur kayu manis, madu, lemon dan jahe.

Cara meredakan demam dan sakit kepala bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan tradisional yang sebenarnya sudah disediakan alam dan sangat mudah didapat. Semua bahan yang sudah kami berikan diatas mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri dan juga antioksidan tinggi sehingga masalah demam dan sakit kepala yang anda derita bisa sembuh dalam waktu singkat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan