Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Lidah Pahit Ketika Demam

Sponsors Link

Dysgeusia merupakan istilah medis untuk menyatakan indera perasa yang melemah. Rasa pahit yang terjadi pada lidah tentunya juga akan membuat nafsu makan menurun sehingga juga menghambat proses penyembuhan. Selama sedang sakit, beberapa jenis obat juga harus dikonsumsi sehingga juga harus diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Namun lidah pahit ketika demam tentunya akan mengurangi asupan nutrisi di dalam tubuh karena menurunnya nafsu makan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami punya beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan seperti ulasan berikut ini.

ads

Penyebab Lidah Terasa Pahit

Ketika tubuh sedang sakit atau mengalami demam, maka proses otomatis lidah juga akan terasa pahit. Lidah memiliki ribuan neuron sensorik yang ada di permukaan lidah dan juga bagian atas hidung yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengenali rasa. Namun saat sedang demam, maka sistem tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Ada beberapa kondisi penyakit yang bisa menyebabkan lidah terasa pahit, seperti:

  1. Produksi Air Liur Menurun

Pada saat sedang demam berkepanjangan, sistem pencernaan mulut tidak akan berjalan dengan baik sebab air liur dibutuhkan untuk merasakan makanan atau minuman sekaligus memudahkan makanan untuk ditelan. Air liur yang berkurang bisa mengakibatkan bakteri yang memproduksi sulfur semakin berkembang dan menyebabkan lidah terasa pahit serta menimbulkan bau tidak sedap.

  1. Infeksi Mulut

Radang gusi dan masalah gigi berlubang juga bisa menyebabkan mulut dan lidah terasa pahit. Ini bisa terjadi karena kebersihan gigi serta mulut yang tidak dijaga dengan baik yang akhirnya menyebabkan akumulasi bakteri dan timbul rasa pahit di lidah.

  1. Gangguan Indera Penciuman

Ketika sedang mengalami salah satu jenis demam atau flu, maka bagian tubuh yang biasanya terganggu adalah indera penciuman yakni hidung. Hal ini nantinya tidak hanya mengganggu fungsi hidung namun juga lidah sehingga menyebabkan lidah juga terasa pahit.

  1. Radiasi dan Terapi

Pengobatan yang dilakukan dengan cara terapi atau radiasi seperti kemoterapi di area kepala dan leher juga bisa menyebabkan lidah dan mulut terasa pahit yang menjadi efek samping dari tindakan medis tersebut.

  1. Mengkonsumsi Obat Obatan

Pada saat sedang mengalami gejala demam atau sakit, maka akan ada beberapa jenis obat yang dikonsumsi untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Obat seperti antibiotik memiliki efek saping berupa rasa pahit yang tertinggal di lidah dan biasanya akan hilang sesudah pengobatan dihentikan.

Cara Mengatasi Lidah Pahit

Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah pahit saat sedang demam. Sesudah mengetahui beberapa penyebab lidah pahit saat sedang sakit, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk mengatasi lidah pahit ketika demam biasa. Selain menyikat gigi seperti biasa, campuran baking soda dan garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan plak pada gigi sekaligus mengatasi lidah yang terasa pahit. Sementara untuk penderita asam lambung juga bisa menggunakan pasta gigi untuk menetralisir asam lambung sehingga rasa pahit pada lidah bisa dihilangkan.

  1. Konsumsi Buah

Beberapa jenis buah seperti jeruk dan lemon yang dibuat menjadi jus juga ampuh untuk mengatasi lidah terasa pahit  sekaligus menjadi buah penurun panas demam yang baik dikonsumsi dengan cara merangsang produksi air liur. Hal yang harus diperhatikan adalah membatasi asupan vitamin C ke dalam tubuh selama sedang demam yakni 100 mg per hari. Hal ini harus dilakukan sebab jika tubuh kelebihan vitamin C maka hanya akan menyebabkan lidah lebih terasa pahit. 

Sponsors Link

  1. Banyak Minum Air Mineral

Langkah mudah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit di lidah adalah dengan banyak minum air mineral. Air mineral wajib dikonsumsi karena bisa meningkatkan produksi air liur sekaligus bisa mengencerkan lendir di hidung sehingga sangat membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh ketika sedang demam panas.

  1. Berkumur

Cara mudah lain untuk mengatasi lidah yang terasa pahit pada saat sedang demam adalah dengan berkumur memakai obat kumur. Saat ini, ada begitu banyak obat kumur yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meski sedang sakit, namun kebersihan mulut tetap harus dijaga dengan baik agar tidak memperburuk kondisi demam panas sekaligus menghilangkan rasa pahit di lidah.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan