Sponsors Link

5 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Demam Berdarah

Sponsors Link

Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian khusus. Karena jika tidak segera diatasi, demam berdarah bisa menyebabkan kematian. Salah satu untuk mengatasi demam berdarah adalah dengan makan Jambu Biji. Jambu biji mempunyai berbagai macam khasiat karena mengandung banyak nutrisi serta vitamin. Seperti mengandung vitamin A, C, Mineral serta zat-zat lain yang sangat baik untuk tubuh. Berikut manfaat buah jambu biji untuk demam berdarah.

ads

1. Meningkatkan Trombosit

Sudah bukan rahasia lagi jika buah jambu biji bisa meningkatkan trombosit pada penderita demam dengue. Bahkan dalam beberapa penelitian, jika buah jambu biji bisa meningkatkan trombosit sampai 100 ribu millimeter tanpa menimbulkan efek samping. Bahkan ekstrak dari daun jambu biji juga sudah teruji klinis bisa meningkatkan trombosit dalam darah sampai 100 ribu per milimeter.

Proses peningkatan trombosit biasanya membutuhkan 8 hingga 24 jam setelah memakan jambu biji. Selajn itu, kandungan asam amino didalam daun jambu biji bisa membantu pembentukan trombopoitin sampai terbentuk trombosit.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue bisa menggunakan buah jambu biji yang mengandung banyak vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam hal pembentukan kolagen didalam tubuh.  Buah biji juga akan membantu peningkatan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi yang masuk kedalam tubuh. Ini yang membuat kalian perlu mengonsumsi jambu biji, karena jambu biji dapat melawan infeksi virus gejala demam berdarah.

3. Menurunkan Demam

Salah satu gejala demam berdarah adalah menyebabkan suhu tubuh cepat panas. Dengan adanya kandungan vitamin C di dalam jambu biji inilah yang akan membantu mencegah infeksi dingin serta virus. Perawatan demam berdarah salah satunya adalah memberikan jus jambu atau rebusan daun jambu. Hal ini bisa menurunkan demam. Serta bisa menjadi disinfektan tenggorokan, sehingga akan menghambat berkembangnya mikroba yang bisa mengganggu saluran pernapasan.

Beberapa penelitian menyatakan jika kalian meminum jus jambu diberikan dengan dosis 500 cc  pada saat demam berdarah. Dalam waktu kurang lebih 24 jam, kalian akan mengalami demam selama 2-3 hari. Berbeda dengan penderita demam berdarah yang tidak meminum jus jambu, akan mengalami dan fase demam berdarah 4-6 hari.

4. Menghambat Pertumbuhan Virus Dengue

Selain jus jambu, ekstrak daun jambu biji ternyata bisa menghambat perkembangan virus demam berdarah dan membantu meningkatan trombosit darah. Ini karena didalam jambu biji mengandung senyawa mangan. Mangan ini mempunyai fungsi untuk membantu penyerapan nutrisi makanan di dalam usus.

Sponsors Link

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pada saat terjangkit demam dengue, tidak jarang timbul masalah pencernaan seperti diare. Ini karena jambu biji mengandung senyawa astringents. Ini akan membuat perlindungan untuk mengurangi permasalahan diare. Penyembuhan diare juga akan menghambat pertumbuhan mikroba serta menghilangkan lendir berlebihan di dalam usus. Senyawa astringents juga bekerja sebagai disenfektan dan anti bakteri. Tidak hanya itu, kandungan vitamin-C, karotenoid, serta kalium di juga bisa memperkuat sistem pencernaan kalian.

Itulah manfaat buah jambu biji untuk membantu mengatasi beberapa masalah yang timbul pada saat terkena demam berdarah. Tidak cuma itu saja, buah jambu biji juga bisa dipakai untuk mengatasi demam karena radang amandel.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan