Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Halusinasi Saat Demam

Sponsors Link

Halusinasi adalah kondisi yang bisa terjadi ketika demam dan menjadi sangat mengkhawatirkan bagi siapa pun, baik penderita maupun bagi orang lain yang melihatnya. Untuk beberapa kasus halusinasi ringan memang bisa disembuhkan sendiri di rumah. Akan tetapi untuk kondisi yang kronis atau parah, maka membutuhkan penanganan medis profesional. Berikut ini kami akan berikan beberapa cara mengatasi halusinasi saat demam yang bisa anda lakukan di rumah.

ads
  1. Pelajari Karakter Halusinasi

Halusinasi ketika demam panas bisa berpengaruh pada semua panca indera seperti untuk melihat, mencium, merasa, mendengar atau meraba. Halusinasi sendiri bisa disebabkan karena beberapa kondisi seperti yang tampak nyata dan yang terjadi pada orang sadar. Sebagian besar kasus halusinasi membuat penderita mengalami disorientasi serta ketakutan meski beberapa halusinasi bisa menyenangkan.

Mendengar suara yang tidak nyata adalah halusinasi indera pendengar, sedangkan melihat cahaya, orang atau benda yang sebetulnya tidak ada merupakan halusinasi penglihatan yang umum terjadi. Sementara untuk halusinasi sensasi serangga atau ada makhluk lain yang merayap di kulit adalah halusinasi indera peraba.

  1. Tidur Cukup

Halusinasi saat demam taraf ringan hingga sedang bisa terjadi karena kondisi kurang tidur yang parah. Keadaan tubuh yang tidak enak umumnya membuat penderita jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak. Mengatasi halusinasi saat gejala demam yang sangat mudah dilakukan adalah memastikan jika tubuh cukup istirahat.

  • Rata rata orang dewasa butuh tidur selama 7 hingga 9 jam per malam. Sedangkan jika sangat kurang tidur, maka butuh tidur beberapa jam lebih lama dibandingkan durasi tersebut hingga tubuh kembali pulih.
  • Tidur siang bisa merusak kebiasaan tidur rutin sampai memicu insomnia dan halusinasi. Apabila tidak memiliki jam tidur yang rutin, maka usahakan untuk menciptakan pola tidur normal meski sedang sakit.
  1. Kurangi Stres

Demam berkepanjangan yang dialami seseorang terkadang bisa memicu halusinasi ringan hingga sedang yang bahkan bisa memperburuk halusinasi parah karena beberapa penyebab lainnya. Untuk itu, pelajari lebih baik cara meredakan stres mental dan fisik yang bisa membantu untuk mengurangi tingkat keparahan dan frekuensi halusinasi.

Kurangi stres fisik ketika dengan dengan cara memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan beristirahat dengan baik. Lakukan olahraga ringan hingga sedang secara teratur untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Konsumsi Obat Antipsikotik

Jika dokter menyarankan untuk minum obat antipsikotik ketika demam panas, maka cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi halusinasi. Obat antipsikotik yang disebut juga dengan obat neuroleptik bisa menyembuhkan halusinasi pada sebagian besar kasus. Obat ini biasanya diresepkan untuk mengatasi halusinasi yang disebabkan gangguan psikologi atau fisiologis khususnya jika tidak ada lagi pengobatan yang memadai.

  • Clozapine: Obat neuroleptik atipikal yang biasa dikonsumsi dalam dosis 6 hingga 50 mg per hari tergantung dari tingkat keparahan halusinasi.
  • Quetiapine: Obat neuroleptik atipikal yang bisa dipakai untuk mengatasi halusinasi meski kurang efektif jika dibandingkan dengan clozapine.
  1. Periksa Suhu Tubuh

Efek demam tinggi bisa menyebabkan halusinasi meningkat khususnya pada anak anak dan juga lansia. Meski anda bukan anak anak atau lansia, demam tetap bisa mengakibatkan halusinasi terjadi sehingga sebaiknya anda mengukur suhu tubuh anda. Halusinasi bisa terjadi ketika demam lebih dari 38 derajat celcius. Namun halusinasi lebih umum terjadi ketika demam sudah melebihi 40 derajat celcius sehingga membutuhkan pertolongan medis.

Apabila mengalami demam yang bisa disembuhkan sendiri di rumah, maka obat pereda demam bisa dikonsumsi seperti ibuprofen atau parasetamol. Tambahkan juga dengan minum banyak cairan dan ukur suhu tubuh anda dengan teratur. 

Sponsors Link

  1. Hubungi Unit Gawat Darurat

Apabila demam  melebihi suhu normal tubuh manusia yang terjadi sampai menyebabkan seseorang tidak bisa membedakan antara kenyataan dan halusinasi, maka sebaiknya segera hubungi unit gawat darurat. Konsultasi dengan dokter jika memang anda sering mengalami halusinasi ringan sebab gangguan ini kemungkinan disebabkan karena penyakit terutama jika demam tidak bisa diatasi dengan pengobatan rumahan.

Apabila halusinasi juga disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti kuku dan bibir yang berubah warna, keringat dingin, nyeri dada, kebingungan, hilang kesadaran, demam kronis, muntah, sesak nafas, detak jantung tidak beraturan, kejang, nyeri perut parah atau perilaku tidak wajar lainnya, maka segera hubungi unit gawat darurat.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan