Sponsors Link

15 Obat Herbal Demam untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Masa kehamilan paling ditunggu terutama oleh pasangan muda yang baru menikah. Namun kondisi fisiologis dan perubahan yang terjadi selama masa kehamilan membuatnya tidak mudah. Terkadang, karena kondisi fisik yang menurun, ibu hamil mudah terserang penyakit. Salah satunya, ibu hamil dapat terserang demam. Padahal ibu hamil tidak memungkinkan minum obat sembarangan. Obat herbal demam untuk dewasa sendiri tidak semuanya cocok untuk ibu hamil. Obat demam untuk ibu hamil yang berasal dari bahan kimia sebaiknya dihindari.  Beberapa obat herbal demam ibu hamil dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

ads
  1. Seledri

Ternyata daun seledri bukan hanya sayuran pelengkap pada berbagai masakan. Jenis tanaman ini bermanfaat untuk menurunkan demam dan aman bagi ibu hamil. Cairan yang terdapat di dalamnya mengandung banyak vitamin A, B, C, dan E.  Demam pada ibu hamil 7 bulan bisa mengkonsumsi makanan yang ditambahkan seledri lebih banyak. Atau beberapa helai daun seledri diiris tipis, direbus dengan air, diambil sarinya, dan diminum.

  1. Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak mungkin akan mencegah dehidrasi akibat demam tinggi. Selain itu, air putih merangsang produksi keringat dan menurunkan panas dari dalam tubuh.

  1. Jahe

Minuman jahe cenderung lebih aman daripada minum tanaman rimpang sejenisnya di masa kehamilan. Jahe mengandung minyak atsiri sehingga menurunkan demam. Jahe juga membuat tubuh lebih hangat sehingga mengatasi panas dalam tenggorokan, demam flu, demam selesma, atau demam pada ibu hamil.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ibu hamil sangat memerlukan makanan bergizi untuk diri sendiri dan bayinya. Makanan bergizi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, kemampuan tubuh melawan penyakit juga bertambah.

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat atau berendam dalam air hangat beberapa lama akan membuat demam panas menurun. Agar lebih cepat reaksi turunnya, air hangat bisa dicampur dengan garam atau beberapa tetes perasan jeruk nipis.

  1. Kelapa Muda

Air kelapa muda aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan demikian bisa dikonsumsi saat ibu hamil sedang demam. Air kelapa muda ini juga dapat mengatasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan orang zaman dahulu menyarankan ibu hamil minum kelapa muda agar bayi yang dilahirkannya bersih dari lemak.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat menurunkan suhu tubuh yang panas. Selain dapat ditambahkan pada air hangat untuk mandi, jeruk nipis ini dapat dijadikan minuman. Jeruk nipis juga dapat melegakan tenggorokan.

Sponsors Link

  1. Teh

Teh terutama teh herbal dapat merangsang keluarnya keringat sehingga menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Teh yang dikonsumsi ibu hamil juga memberi efek menenangkan. Teh yang paling cocok digunakan adalah teh hijau.

  1. Bawang Putih

Jika demam diiringi gejala lain seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, dan sebagainya bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau diperbanyak dalam makanan yang dikonsumsi. Kandungan bawang putih yang utama untuk orang sakit adalah antibiotik alami.  Sangat cocok untuk ibu hamil yang menderita demam bakteri atau demam infeksi seperti demam tifus atau demam thypoid.

ads

  1. Istirahat

Istirahat yang cukup bagi ibu hamil akan mempercepat turunnya demam. Apalagi mungkin saja demam terjadi karena aktivitas ibu hamil yang melelahkan. Khususnya kehamilan di trimester pertama.

  1. Madu

Madu juga aman dikonsumsi ibu hamil.  Beberapa susu ibu hamil menambahkan madu dalam produknya. Dan manfaat madu untuk panas dalam salah satunya adalah menurunkan demam dan menambah energi.

  1. Buah Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera teratasi. Vitamin C ini banyak terkandung dalam buah-buahan, seperti buah semangka, melon, dan timun. Buah-buahan tersebut mengandung banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan memberi efek dingin ke tubuh.

  1. Bawang Merah

Bawang merah sebagai obat herbal demam ibu hamil sangat aman karena tidak dikonsumsi. Irisan tipis bawang merah dicampurkan minyak kelapa atau minyak atsiri dapat dibalurkan ke seluruh ibu hamil atau digunakan untuk memijat.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik alami sehingga dapat meningkatkan suhu tubuh dan perlahan menurunkan demam.

  1. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang cukup di tempat ibu hamil beristirahat sangat membantu penurunan demam. Ini bisa dilakukan dengan tidak memenuhi ruangan dengan orang lain yang datang menjenguk dan dapat menggunakan kipas angin dengan kecepatan rendah dan tidak langsung mengenai ibu yang sedang hamil. Tidak disarankan untuk memakai baju tebal dan selimut.

Obat herbal demam untuk ibu hamil di atas mungkin belum disebutkan semua. Namun, diharapkan dapat bermanfaat untuk menghindari obat kimia yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Jika gejala demam biasa disertai gejala lain yang mengganggu seperti sakit kepala hebat, badan lemas, pendarahan, atau demam seminggu belum sembuh segeralah konsultasi ke dokter.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan