Sponsors Link

10 Obat Menggigil Tanpa Demam Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Demam panas tinggi kemudian diikuti dengan panas dingin atau demam menggigil merupakan mekanisme tubuh dalam menghadapi infeksi yang masuk. Sementara, jika seseorang tiba-tiba tubuh menggigil tanpa demam kebanyakan disebabkan oleh cuaca atau penyakit yang berhubungan dengan hormon.

ads

Beberapa penyebab menggigil tanpa demam atau  penyebab menggigil kedinginan antara lain :

  • Cuaca dingin
  • Usia lanjut
  • Kehamilan
  • Menopause
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Konsumsi obat tertentu
  • Kanker
  • Gangguan metabolisme
  • Digigit Serangga
  • Kurang makan atau kurang nutrisi
  • dan lain-lain

Jika baru mengalaminya, maka pertolongan pertama saat di rumah dapat dilakukan. Kedinginan terus menerus dapat berakibat fatal. Obat menggigil tanpa demam, yaitu :

1. Menggunakan Selimut

Jika menggigil tanpa demam dan suhu lingkungan memang cukup dingin, maka menggunakan selimut dan pakaian tebal adalah solusi. Ini dapat dilakukan pada orang yang kedinginan karena cuaca, saat kehamilan, dan saat menopause.

2. Minum Air Putih Hangat

Minum air hangat sangat membantu menghangatkan tubuh dari dalam. Jika merasa air putih tidak nyaman, maka air putih bisa diganti dengan air teh hangat tanpa gula.

3. Istirahat

Beberapa orang badannya gemetar dan kedinginan karena lebih banyak energi yang dikeluarkan daripada konsumsi makanannya. Kondisi ini dapat diatasi dengan istirahat beberapa saat. Jika memungkinkan, tidur akan lebih baik. Istirahat akan memulihkan energi yang banyak hilang.  Kelelahan yang sangat dapat menimbulkan demam panas.

4. Makan

Sesuai dengan uraian di atas, banyak energi yang keluar tanpa konsumsi makanan yang cukup akan menyebabkan tubuh menggigil. Selain istirahat, makan menjadi pilihan untuk mengatasinya. Jika tidak nafsu langsung makan banyak, maka makanlah sedikit-sedikit dalam waktu sering. Ada baiknya di sela-sela pekerjaan beristirahat sesekali untuk ngemil. Jika nafsu makan dan konsumsi cukup, maka perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Ada kemungkinan, kekurangan nutrisi. Perbaiki pola makan juga harus dilakukan.

Sponsors Link

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur dapat juga menjadi alternatif. Buah yang mempunyai rasa menyegarkan akan meningkatkan nafsu makan dan membuat badan lebih segar. Begitu pula dengan sayuran. Sekarang ini banyak orang mulai menjual jus sayur dicampur buah untuk kepraktisan.  Jangan mengonsumsi makanan penyebab demam tinggi.

6. Teh

Minum teh akan menghangatkan tubuh. Minum teh herbal akan lebih baik. Jika tidak ada, teh biasa yang banyak dijual tidak mengapa. Teh diminum sebaiknya dalam kondisi hangat. Sama dengan minum air hangat, maka minum teh juga akan memperlebar pembuluh darah dan mengeluarkan panas tubuh untuk kemudian menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan.

7. Jahe

Sejak dahulu, jahe merupakan minuman yang rekomendasi di cuaca dingin. Para wisatawan yang berjalan ke puncak Bogor akan banyak menemukan penjual minuman jahe di malam hari, Orang menyebutnya sebagai teh jahe atau wedang jahe. Demam menggigil yang diberi teh juga menghilangkan gejala lain. Misalnya demam hidung tersumbat, demam selesma, dan demam akibat radang tenggorokan.

8. Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon

Umumnya setiap rumah tangga mempunyai minyak penghangat tubuh seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Minyak ini dapat dioleskan ke seluruh tubuh agar merasa lebih hangat.

Sponsors Link

9. Bawang Merah

Minyak yang keluar dari bawang merah dapat mengatasi demam tinggi dan memberi kehangatan. Irisan tipis bawang merah yang dicampurkan minyak kelapa juga akan memberi kehangatan. Jadi cara menurunkan panas anak dengan bawang  dapat digunakan juga untuk obat menggigil tanpa demam.

10. Sambiloto

Minum sari daun sambiloto akan menghangatkan tubuh yang kedinginan. Selain itu, jika menggigil tanpa demam karena gigitan serangga, maka daun yang dihaluskan dan ditempelkan di atasnya akan mengatasi efek gigitan.

Itulah 10 obat menggigil tanpa demam yang dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang ada di sekitar. Menggigil dapat menjadi pertanda demam infeksi. Maka tetaplah perhatikan gejala yang menyertai menggigil tanpa demam.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan