Sponsors Link

10 Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah dan Putih

Sponsors Link

Anak, khususnya balita masih sering mengalami demam panas. Baik karena demam infeksi maupun demam non infeksi. Hal tersebut terjadi, karena sistem imunitas anak belum sempurna. Semakin bertambah usia, maka kekebalan tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Dari dalam tubuh sendiri, kekebalan tubuh bisa dibuat menjadi lebih baik dengan konsumsi makanan bergizi.

ads

Jika anak sudah demam panas, orang tua menjadi panik. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi. Salah satunya adalah dengan obat herbal  demam panas atau obat tradisional penurun panas anak. Jenis obat yang dianggap cukup aman dibandingkan obat medis yang mengandung bahan kimia.

Masyarakat Indonesia banyak menggunakan bawang sebagai obat herbal. Yuk, simak cara menurunkan panas anak dengan bawang. Kemungkinan karena bawang mudah didapat. Hampir semua rumah menyediakan ya sebagai bumbu masakan

Bawang Merah

Sebagai obat penurun panas badan, bawang merah digunakan dengan berbagai cara. Ini dilakukan untuk memperoleh minyak yang terkandung di dalamnya. Cara menurunkan panas anak dengan bawang merah, yaitu.

1. Untuk Kerokan

Jika anak panas, sedikit flu masyarakat Indonesia menyebutnya ciri ciri-masuk angin pada anak. Kerokan dengan bawang merah banyak digunakan. Caranya hanya dengan memotong bawang menjadi dua dan digunakan untuk kerokan di bagian punggung. Karena kulit anak sangat sensitif, harus memperhatikan :

  • Kerokan dengan hati-hati dan lembut
  • Tidak melakukan di atas kulit yang terbuka atau terluka
  • Setelah kerokan, balurkab sedikit minyak telon atau minyak kayu putih di atasnya

2. Mencampurkan dengan Minyak

Jika kerokan dianggap terlalu beresiko, maka irislah bawang merah. Campurkan irisan dengan minyak kelapa / minyak goreng / minyak telon / minyak kayu putih. Baluran ke seluruh tubuh. Cara ini akan memperlebar pembuluh darah dan cepat menurunkan panas. Untuk anak demam flu pada anak dan demam batuk pilek pada anak, akan menghangatkan. Perut yang kembung juga lebih nyaman.

3. Dikonsumsi dengan Garam

Irisan tipis bawang merah ditambah garam dan dikonsumsi langsung dapat membuat anak yang menderita demam pada pasien TBC lebih merasa nyaman.

4. Bawang Merah Sebagai Bumbu

Anak terkadang sulit diminta mengkonsumsi langsung bawang merah. Untuk mengakali, campurkan bawang merah lebih banyak dalam bumbu makanan. Resep makanan yang dibuat lezat akan mengaburkan rasa bawang. Bawang merah di sini berfungsi mendetoksifikasi seluruh racun dalam tubuh sehingga mempercepat penyembuhan. 

Sponsors Link

5. Membalurkan di Dada

Bawang merah yang diiris tips dapat langsung dibalurkan pada dada. Hal ini akan langsung menghangatkan tubuh dan melegakan pernapasan. Semua gejala demam flu, asma, dan bronkitis dapat diatasi.

Bawang Putih

Selain bawang merah, masyarakat Indonesia juga mengenal bawang putih sebagai obat tradisional. Bawang putih diyakini meningkatkan kekebalan tubuh, anti bakteri, anti virus, dan anti oksidan. Paling cocok untuk panas anak karena infeksi bakteri, seperti TBC, demam tifus, dan demam akibat radang tenggorokan.

Sponsors Link

Cara menggunakan bawang putih, antara lain :

  1. Dikonsumsi langsung dengan dikunyah
  2. Diiris tipis dan dicampurkan dengan 1 sdm madu. Ini seperti obat yang dapat diminum tiga kali sehari.
  3. Tiga siung bawang putih diiris dan dicampurkan dengan setengah gelas air hangat. Sarinya diminum dua kali sehari.
  4. Sebagai persiapan, beberapa siung bawang putih dapat dicampurkan dengan madu dalam wadah. Kemudian dimasukkan dalam freezer. Minum madu dua sampai tiga kali sehari ketika anak demam selesma atau flu.
  5. Satu siung bawang putih dapat juga dicampurkan dengan segelas perasan lemon dan diminum sarinya. Cara ini juga cocok untuk anak flu, demam hidung tersumbat, dan batuk pilek.

Sangat sederhana cara menurunkan panas anak dengan bawang merah dan bawang putih. Indonesia juga terkenal dengan bahan ini sehingga mudah didapat. Jangan lupa untuk segera ke dokter jika anak demam berkepanjangan pada anak, keluar bintik merah setelah demam pada anak , sesak napas, kesadaran menurun, dan kejang demam. Semoga membantu dan bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan