Sponsors Link

Menggigil Disertai Demam dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Menggigil disertai demam atau demam disertai menggigil merupakan hal yang sama. Jika seseorang sakit demam panas dengan suhu yang cukup tinggi, maka menggigil merupakan bagian dari mekanisme tubuh itu sendiri menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu lingkungan dengan gerakan oto yang berulang-ulang. Beberapa demam infeksi dan demam non infeksi bahkan mempunyai gejala khas dengan menggigil disertai demam.

ads

Seorang dapat kedinginan atau menggigil menyertai demam yang dideritanya karena beberapa hal. Penyebabnya antara lain :

1. Demam Infeksi Virus

Demam infeksi merupakan penyebab suhu badan tinggi yang paling umum. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Apalagi ada ribuan virus berada di sekitar kita yang memberikan gejala yang mirip jika masuk ke dalam tubuh manusia. Contoh Demam infeksi virus yang dapat membuat tubuh demam gigil, yaitu :

2. Demam Infeksi Bakteri

Demam karena infeksi bakteri juga menjadi penyebab paling utama dari demam menggigil. Ada perbedaan demam karena virus dan bakteri, khususnya pada daerah yang diserang. Pada infeksi bakteri, tubuh yang diserang pada area tertentu saja. Contoh demam infeksi bakteri, yaitu :

3. Demam Pasca Imunisasi

Ada beberapa imunisasi yang menyebabkan demam panas pada manusia. jika demam dengan suhu yang cukup tinggi, maka akan menyebabkan menggigil. Imunisasi yang menyebabkan demam adalah campak dan dipteri yang diberikan pada orang dewasa maupun balita. Efek samping iminisasi demam perlu diketahui dan disiapkan sebelumnya.

4. Pengaruh Obat Tertentu

Tubuh seseorang berbeda dengan lainnya. Obat juga dapat memberi efek yang berbeda. salah satunya menyebabkan menggigil disertai demam. Misalnya antibiotik dan obat kanker.

Sponsors Link

5. Panas Matahari

Aktivitas di bawah terik matahari dalam jangka waktu lama menyebabkan suhu tubuh meningkat. Demam haba orang menyebutnya. Demam yang tinggi menyebabkan menggigil disertai demam.

6. Kelelahan

Tidak hanya anak yang dapat demam jika tubuh terlalu lelah. orang dewasa juga dapat mengalaminya. Oleh karena itu, istirahat sangat diperlukan disela-sela aktivitas. Khususnya tidur di malam hari.

Jika seseorang mengalami menggigil disertai demam, cara mengatasinya hamopir sama dengan gejala demam biasa. Ini dikarenakan keduanya berhubungan erat. Cara mengatasinya, antara lain :

  1. Minum air putih sebanyak mungkin untuk menghindari dehidrasi
  2. Tidak mengkonsumsi minuman dan makanan dingin walaupun sangat menginginkannya
  3. Konsumsi makanan bergizi dan makanan untuk demam tinggi untuk memulihkan tenaga dan mempercepat pemulihan.
  4. Mandi air hangat untuk memberikan kesegaran dan kenyamanan tubuh. Selain itu, mandi air hangat juga membantu menurunkan panas
  5. Menggunakan kompres penurun panas, baik kompres air hangat / plester kompres demam / kompres daun penurun panas dengan cara kompres yang benar untuk demam tinggi.
    Sponsors Link

  6. Mengenakan pakaian dan selimut tipis jika kedenginan dan segera melepaskannya jika rasa dingin hilang.
  7. Minum obat penurun panas badan seperti Sanmol atau obat herbal demam meriang.
  8. Istirahat bagi orang sakit sangat penting untuk mmeulihkan tenaga dan memberi kesempatan sistem imun tubuh bekerja optimal.
  9. Mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon atau bawang merah yang memberi kehangatan pada tubuh
  10. Minum teh jahe atau teh herbal agar tubuh hangat dari dalam

Demikian artikel tentang menggigil disertai demam. Semoga dapat membantu jika Anda mengalaminya. Jangan lupa untuk segera konsultasi dokter jika menggigil dalam waktu lama hingga badan kebiruan, demam berkepanjangan, demam naik turun selama 5 hari, sesak napas, kejang demam, dan kesadaran menurun.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan