Sponsors Link

5 Pengobatan Demam Virus Rumahan

Sponsors Link

Demam virus merupakan segala demam yang bisa terjadi karena infeksi virus. Virus sendiri merupakan kuman kecil yang bisa menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Pada saat anda terjangkit sebuah virus seperti flu atau pilek, maka sistem kekebalan tubuh anda akan merespons dengan melakukan overdrive.

ads

Bagian dari respons ini sering menyebabkan peningkatan suhu tubuh untuk mengatasi virus tersebut. Suhu tubuh biasanya akan berkisar 37 derajat celcius dan jika sampai naik meski hanya 1 derajat saja, maka sudah bisa dianggap dengan demam.

Tidak semua infeksi bakteri, penyakit virus tidak merespons dengan antibiotik. Ini bisa belangsung antara beberapa hari hingga 1 minggu atau lebih tergantung dari jenis infeksi. Sedangkan virus penyebab demam akan berjalan dengan sendirinya sehingga anda harus melakukan beberapa hal seperti pengobatan demam virus rumahan yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Minum Cairan

Pengobatan demam virus rumahan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan minum banyak cairan. Demam virus atau demam biasa bisa membuat tubuh anda lebih hangat dibandingkan biasanya dan ini membuat tubuh berkeringat dengan tujuan untuk menenangkan diri namun akhirnya membuat tubuh kehilangan cairan dan akhirnya dehidrasi.

Untuk itu, cobalah untuk minum cairan sebanyak mungkin ketika anda terkena demam virus untuk mengganti cairan yang sudah hilang. Tidak hanya air putih, namun beberapa jenis cairan berikut juga bisa anda konsumsi:

  • Jus.
  • Kaldu.
  • Minuman olahraga.
  • Teh tanpa kafein.
  • Sup.

Bayi dan juga balita bisa memanfaatkan minuman yang diformulasikan khusus dengan elektrolit. Anda juga dapat membuat minuman sendiri di rumah.

2. Banyak Istirahat

Demam virus atau demam panas merupakan tanda jika tubuh sedang bekerja keras melawan infeksi sehingga usahakan untuk beristirahat sebanyak yang anda bisa. Jika memang tidak bisa beristirahat total di tempat tidur, setidaknya hindari aktivitas fisik sebanyak mungkin dan usahakan untuk tidur antara 8 sampai 9 jam setiap malam.

3. Minum Obat yang Dijual Bebas

Pengurang dengan over the counter atau OTC merupakan cara termudah untuk mengatasi gejala demam. Selain bisa mengurangi demam untuk sementara waktu, obat obatan ini juga akan mengurangi rasa tidak nyaman yang anda rasakan. Beberapa obat OTC yang bisa anda gunakan diantaranya adalah:

  • Aspirin.
  • Acetaminophen.
  • Ibuprofen.
  • Naproxen.

4. Kelor atau Moringa

Kelor atau moringa merupakan tanaman tropis yang memiliki banyak kandungan nutrisi untuk obat. Hampir semua bagian tanaman ini mengandung mineral, vitamin, antioksidan dan juga antibaktero. Sebuah studi tahun 2014 menemukan jika kulit kelor bisa mengurangi demam pada kelenci.

Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menentukan bagaimana tanaman ini bisa mengurangi demam virus pada manusia. Selain itu, anda juga tidak boleh menggunakan daun kelor jika sedang dalam kondisi hamil dan juga sedang mengkonsumsi obat yang merupakan substrat dari sitokrom P450 karena bisa menyebabkan penyakit langka pada kulit serta selaput lendir yang dinamakan dengan sindrom Stevens Johnsons [SJS].

Sponsors Link

5. Akar Kudzu

Akar kudzu merupakan ramuan yang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok dengan sifat antiinflamasi dan bisa mengurangi rasa sakit termasuk demam virus dan demam berkepanjangan. Namun akar kudzu ini harus dihindari jika anda sedang mengkonsumsi tamoxifen, menderita kanker hormon sensitif seperti kanker payudara ER positif dan mengkonsumsi metroreksat.

Selain itu jika anda mengkonsumsi obat diabetes, maka sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi akar kudzu ini. Anda bisa membeli akar kudzu dalam kemasan ekstrak, cairan, bubuk dan juga kapsul.

Demam virus biasanya memang tidak perlu dikhawatirkan. Pada anak anak dan juga orang dewasa, umumnya virus bisa sembuh dengan sendirinya dan memang menjadi bagian dari proses penyembuhan. Namun jika memang anda melihat ada gejala tidak biasa yang terjadi atau demam tidak reda sesudah 1 hari lebih, maka hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah segera menghubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan