Sponsors Link

7 Pengobatan Ruam Demam Scarlet Pada Anak

Sponsors Link

Demam scarlet merupakan penyakit umum yang terjadi pada anak anak usia 2 hingga 10 tahun yang biasa disebut juga dengan scarlatina. Demam scarlet merupakan kondisi yang sangat menular lewat bersin, kontak langsung atau inhalasi. Ini menjadi satu jenis penyakit yang ditandai dengan ruam pada kulit, demam dan sakit tenggorokaan.

ads

Ini bisa terjadi karena bakteri streptococcus dengan gejala seperti gatal dan berubah menjadi benjolan kecil. Ruam tersebut bisa terjadi pada wajah dan juga menyebar ke seluruh tubuh. Berikut ini, kami punya beberapa tips pengobatan ruam demam scarlet pada anak yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Lidah Buaya

Pengobatan ruam demam scarlet pada anak pertama bisa dilakukan dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat antiseptik dan anti inlamasi yang bisa membantu dan memperbaiki area kulit yang rusak. Gunakan gel tanaman ini dengan cara dioleskan pada ruam dan biarkan selama 20 sampai 30 menit.

Lanjutkan dengan membilasnya memakai air dingin untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mengurangi rasa gatal yang disebabkan demam.

2. Cuka Sari Apel

Cuka apel memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan pada tubuh anak akibat gejala demam scarlet. Minum cuka sari apel sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk mengurangi gejala dan memberikan kelegaan.

Selain itu, cuka sari apel juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan secara efektif dan memberi efek menenangkan untuk infeksi akibat bakteri berbahaya.

3. Mandi Dengan Oatmeal

Mandi dengan oatmeal bisa membantu menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal pada kulit dengan efektif. Anda hanya perlu mencampur ½ sendok teh soda kue dengan 2 cangkir oatmeal dan tuangkan campuran tersebut dalam ember air hangat.

Ini bisa membantu untuk meredakan dan menghilangkan ruam secara efektif hanya dalam waktu singkat. Selain itu, oatmeal memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang membantu mengatasi infeksi dan meringankannya akibat gejala demam. Soda kue juga bisa ditambahkan untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Obat alami yang bisa digunakan mengatasi demam scarlet adalah berkumur dengan air garam setiap hari untuk mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat dan pakai untuk berkumur setiap hari.

Pastikan untuk meminta anak anda memuntahkan air sesudah berkumur untuk membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan akibat jenis demam scarlet.

5. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan, antibakteri dan anti inflamasi yang bisa digunakan untuk beberapa tipe demam termasuk demam scarlet secara efektif dan cepat. Anda hanya perlu mencampur 1 gelas susu hangat dengan 1 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit gula untuk memberikan rasa manis.

Berikan minuman ini pada anak 2 kali sehari untuk mengatasi infeksi. Tips ini menjadi salah satu cara termudah untuk mengatasi demam scarlet baik pada anak anak atau orang dewasa.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung sifat anti virus, anti jamur, antiinflamasi dan juga anti bakteri yang bisa membantu untuk menghambat dan membunuh bakteri streptococcus dari akarnya sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh agar lebih cepat pulih.

Sponsors Link

Anda bisa memberikan 1 sendok makan minyak kelapa 2 kali sehari atau bisa juga menggunakan minyak kelapa untuk menggosok area ruam sebanyak 3 sampai 4 kali sehari yang juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam merah pada bayi.

7. Perbanyak Cairan

Ketika anak terkena demam baik itu demam berdarah atau demam scarlet, maka pastikan untuk menambah asupan cairan setiap hari. Air nantinya akan membantu untuk mengeluarkan racun sehingga setidaknya berikan 1 sampai 2 liter air per hari pada anak anda.

Anda juga harus memberikan cairan hangat karena penting untuk membunuh infeksi penyebab demam lebih cepat dan efektif. Anda bisa memberikan sup dan juga jus untuk memudahkan pemberian cairan harian pada anak.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan