Sponsors Link

Mengapa Terkadang Suhu Demam Tinggi Anak Bisa Menipu

Sponsors Link

Sebagian besar dari kita sudah diajarkan jika suhu normal tubuh manusia khususnya bayi adalah 35.89 derajat celcius. Namun sebenarnya angka ini bisa bervariasi sekitar 1 derajat atau lebih tergantung pada anak, tingkat akitvitas, jumlah pakaian yang dikenakan dan juga waktu dalam sehari. Untuk itu, sebagian besar dokter mendefinisikan demam sebagai suhu dubur 38 derajat celcius atau lebih. Namun terkadang, suhu demam tinggi pada anak bisa menipu sehingga anda sebagai orang tua harus mengerti lebih jauh arti dari demam yang dialami anak.

ads

Demam umumnya merupakan respons terhadap infeksi oleh virus namun terkadang juga bisa disebabkan karena bakteri. Sistem kekebalan tubuh merasakan penyerang tersebut dan melepaskan zat kimia yang memberi sinyal pada otak untuk meningkatkan suhu tubuh di atas normal.

Para peneliti percaya jika ini sebagian besar disebabkan karena virus penyebab demam dan bakteri sulit bertahan pada suhu yang lebih tinggi. Beberapa ilmuwan berspekulasi jika demam juga bisa meningkatkan respons kekebalan meski tidak ada bukti jika menurunkan suhu tubuh anak bisa memperlambat pemulihan. Perlu diingat jika demam itu sendiri bukan penyakit namun hanya menjadi gejala dari pilek atau infeksi lainnya.

Panduan Bayi Baru Lahir

Meski sebagian besar demam panas bukan penyebab kepanikan, namun demam bayi baru lahir perlu ditanggapi dengan serius sebab bayi berusia kurang dari 2 bulan bisa mengalami infeksi bakteri serius dengan demam sebagai gejala satu satunya. Jika bayi di bawah 2 bulan dan memiliki suhu dubur 38 derajat celcius atau lebih tinggi, maka segera hubungi dokter.

Bayi baru lahir yang mengalami gejala demam umumnya akan diuji untuk infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, meningitis atau pneumonia dan mungkin akan dirawat di rumah sakit serta diberikan antibiotik intravena sebagai tindakan pencegahan hingga hasil tes didapat.

Bayi bisa terkena bakteri ketika melewati jalan lahir selama persalinan yang mengarah ke meningitis atau infeksi lain selama 2 bulan pertama kehidupan mereka.

Bayi 2 Bulan Hingga 2 Tahun

Sesudah bayi berusia lebih dari 2 bulan, hanya demam biasa bukan lagi menjadi kondisi darurat. Dokter merekomendasikan untuk tidak hanya fokus pada pembacaan termomter bahkan jika menunjukkan 37 derajat celcius namun lebih kepada penampilan dan tindakan anak seperti apakah terlihat lemas dan lesu, waspada atau pada makanan. Tentu saja demam bisa menyebabkan sejumlah iritabilitas pada dirinya sendiri.

Anda bisa menurunkan demam bayi dengan acetaminophen atau untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan diberikan ibuprofen. Sesudah suhu turun, maka inilah menjadi saat yang tepat untuk menilai anak anda. Jika anak kembali beraktivitas normal, maka itu pertanda jika demam yang sudah membuat anak anda tidak nyaman. Namun jika masih terlihat lesu atau tidak responsif, maka segera hubungi dokter sebab sesuatu yang lebih serius mungkin sudah terjadi.

Ketika memberikan obat penurun demam yang bagus, maka pastikan untuk membaca instruksi dosis dengan baik. Ibuprofen tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 6 bulan dan jangan berikan aspirin pada anak karena bisa menyebabkan sindrom Reye yakni kondisi hati yang bisa berujung fatal.

Untuk demam yang memiliki respon baik terhadap pengobatan khususnya jika disertai dengan gejala pilek seperti batuk dan hidung tersumbat atau gejala sakit perut seperti diare ringan, dokter mungkin menyarankan anak untuk tetap di rumah namun harus segera menelpon jika gejala semakin memburuk atau tidak sembuh dalam 1 hingga 2 hari.

Namun jika demam lebih dari 3 hari atau demam berkepanjangan, maka segera kunjungi dokter anak karena bisa jadi mereka mengalami infeksi bakteri seperti infeksi telinga yang mungkin membutuhkan antibiotik.

Sponsors Link

Memeriksa Suhu

Cara terbaik untuk memperoleh pembacaan suhu yang akurat pada anak berusia 5 tahun atau lebih muda adalah dengan rektal memakai termomter digital dan sebaiknya hindari cara memeriksa demam tanpa termometer. Suhu dubur merupakan satu satunya suhu tubuh inti yang sebenarnya.

Anda bisa memposisikan anak seperti akan mengganti popok atau membaringkannya dan kemudian memasukkan termomter digital ½ inci ke dalam anus dan menunggu hingga pembacaan lengkap.

Kare suhu demam tinggi anak bisa menipu, maka sangat penting bagi orangtua untuk lebih memahami demam dan juga mengetahui cara mengatasi demam terbaik berdasarkan usia.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyakit