Sponsors Link

5 Tips Tetap Puasa saat Demam yang Wajib Anda Lakukan

Sponsors Link

Tips tetap puasa saat demam adalah informasi yang sangat bermanfaat untuk anda coba lakukan, sehingga puasa anda dapat berjalan lancar walau sedang demam. Puasa adalah kewajiban agama yang sebaiknya ditunaikan. Anda tentu tidak ingin ibadah puasa yang anda lakukan selama satu bulan dalam satu tahun ini tidak berjalan dengan lancar karena penyakit yang anda derita. Penyakit yang anda derita bisa apa saja. Anda bisa mengalami batuk pilek, diare, bahkan demam pun mungkin saja mengganggu puasa anda. Itulah mengapa sebaiknya anda mengetahui apa yang dapat anda lakukan agar ibadah puasa anda tetap berjalan dengan lancar saat demam.

ads

Tahukah anda apa saja yang dapat anda lakukan untuk membantu anda puasa ketika demam? Bagi anda yang tidak mengetahuinya, maka cobalah anda pelajari melalui informasi pada bagian artikel ini. Namun sebelumnya, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan demam yang datang saat puasa.

Demam  adalah suatu  kondisi  di mana tubuh seseorang terasa sangat panas dan diikuti juga dengan ciri-ciri seperti tentunya suhu  tubuh yang meningkat drastis. Peningkatan suhu tubuh ini bahkan dapat mencapai hingga lebih dari 38  derajat  celcius. Tapi apakah yang dapat menjadi penyebab demam saat puasa ini?

Kebanyakan orang dapat mengalami demam ketika puasa akibat dari infeksi yang dideritanya. Puasa  sebagai sesuatu yang merupakan bentuk ibadah yang harus dijalankan menyebabkan efek yang berbeda beda pada setiap orang. Jika seseorang tersebut memang memiliki kekebalan tubuh yang lemah, maka mungkin saja kelaparan dapat menyebabkan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh lebih mudah menginfeksi dengan merusak kekebalan tubuh anda. Itulah mengapa anda sebaiknya segera melakukan upaya untuk mengatasinya. Jadi anda tetap melaksanakan puasa walau sedang demam.

Tips Tetap Puasa saat Demam

Setelah mengetahui bahwa saat puasa ada kemungkinan anda mengalami demam, maka sebaiknya anda mencoba untuk mengetahui apa yang dapat anda lakukan untuk menghadapi demam ini. Hal ini dilakukan agar anda tidak perlu meninggalkan ibadah puasa anda dan tetap bisa berpuasa dengan aman walau sedang demam. Sebaiknya, cobalah mengetahui beberapa tips tetap puasa walau sedang dalam keadaan demam. Simak penjelasan mengenai apa saja tips tersebut pada bagian di bawah ini.

  1. Tetap Mencukupi Kebutuhan Cairan selama Puasa

Bulan puasa telah datang, beberapa hari belakangan kita bersama sama telah menjalankan ibadah puasa ini. Tidak dapat dipungkiri seringkali anda mengalami gangguan kesehatan bukan? Bisa saja anda mengalami nyeri kepala dan demam saat puasa sehingga anda memerlukan tips untuk mengatasinya. Anda dapat mengatasi kondisi dehidrasi yang adalah salah satu penyebab demam ketika  berpuasa  dengan tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Walau memang anda tidak bisa meminum selama belum berbuka, tapi pastikan setelah berbuka hingga imsak anda telah meminum cukup banyak cairan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama jam puasa anda. Misalnya, cobalah anda minum minimal 2 gelas  saat  berbuka  puasa,  lalu 4 gelas banyaknya pada malam hari,  setelah itu 2 gelas pada jam sahur. Jika mungkin lebih, maka akan lebih baik lagi untuk anda.

  1. Lakukan Kompres Air Hangat secara Berkala

Tips yang  kedua  ini dapat anda coba lakukan dengan kompres  air  hangat  agar  puasa  anda  tetap  terlaksana  dengan  baik  walau anda sedang demam dan kondisi  tubuh benar benar sedang tidak fit. Demam akan dapat turun dengan efektif jika anda melakukan kompres air hangat dengan tepat. Cobalah anda mengompres bagian tubuh anda seperti ketiak dan kening, termasuk juga telapak tangan dan kaki untuk memastikan bahwa tubuh anda tidak mengalami lagi masalah dengan demam selama puasa ini.

Sponsors Link

  1. Pastikan untuk Mengistirahatkan Tubuh dengan Cukup

Setiap  tahun  pasti  anda  ingin  melaksanakan  ibadah  puasa  dan  tubuh pun tanpa anda sadari dapat terkena demam apabila  anda kurang baik dalam mengatur kondisi tubuh anda selama bulan puasa. Hal inilah yang anda  harus ketahui bahwa mengatur  dan  mencukupi kebutuhan istirahat  anda setiap  hari selama bulan puasa. Alasannya,  selama  anda mencukupi kebutuhan istirahat anda maka kekebalan tubuh anda pun tidak akan terganggu dan resiko demam pun dapat menjauhi anda.

  1. Ketika Berbuka dan Sahur Minumlah Obat Panas

Keempat, ini anda bisa segera mengonsumsi obat panas jika memang panas dan demam tidak kunjung selesai juga. Cobalah anda memastikan bahwa setelah berbuka dan saat sahur segera konsumsi obat ini. Obat panas dapat membantu menurunkan suhu badan yang meningkat dan selama puasa anda dapat tetap sehat. Ketahui bagaimana panduan minum obat demam saat puasa, khususnya terkait jam berapa obat harus dimakan.

Sponsors Link

  1. Banyak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Terakhir, anda juga sebaiknya mengonsumsi banyak makanan bergizi. Makanan bergizi ini akan membantu anda untuk tetap sehat dan tidak mudah mengalami penurunan kekebalan tubuh saat sedang puasa. Jadi cobalah konsumsi banyak vitamin dan juga mineral untuk menjaga stamina tubuh anda. Terkadang kurang konsumsi makanan bergizi ini dapat menyebabkan nyeri ulu hati dan demam ketika puasa sedang anda jalankan.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja yang perlu anda lakukan terkait tips tetap puasa saat demam sedang menyerang anda. Tentu informasi ini juga dibutuhkan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Baik anda orang dewasa atau anak anak, semua memiliki resiko untuk dapat mengalami demam saat puasa. Sebaiknya, anda selalu berupaya tetap sehat untuk cara mencegah demam saat puasa. Namun, jika memang sudah terlanjur sebaiknya anda selalu mengupayakan untuk dapat mengatasinya dengan tepat agar puasa anda tidak terganggu. Selamat mencoba dan semoga penyakit anda dapat segera teratasi!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan