Sponsors Link

12 Cara Mengobati Demam Bayi yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara Mengobati Demam BayiBayi demam sungguh mengkhawatirkan orang tua. Apalagi jika disertai sikap rewel, lemas, dan tidak nafsu makan. Melihat tubuh mungil yang biasanya menggemaskan tergeletak tak berdaya menambah cemas orang tua. Padahal demam adalah sebuah mekanisme tubuh yang wajar.

ads

Demam menandakan bahwa tubuh bayi bereaksi normal terhadap infeksi yang masuk. yang dikhawatirkan adalah jika gejala demam berkepanjangan dan menandakan penyakit serius atau bukan gejala demam biasa.

Penyebab demam bayi ada 2, yaitu :

  1. Demam Infeksi : Demam yang terjadi karena adanya infeksi yang masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna. Demam infeksi bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus.
  2. Demam Non Infeksi : Demam non infeksi yang terjadi karena faktor kelelahan, sengatan matahari, atau demam setelah imunisasi.

Agar orang tua tidak terlalu panik, maka perlu mengetahui cara mengobati demam bayi di bawah ini.

  1. Minum Air Putih

Bayi yang demam harus tetap diberi air putih atau konsumsi cairan agar tidak terjadi dehidrasi dan membantu menurunkan demam panas. terjadinya dehidrasi berat akan dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi kelak.

  1. Mandi Air Hangat

Ketika bayi sakit, tetap boleh dimandikan dengan air hangat. Bahkan sangat dianjurkan. Mandi air hangat akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak. Mandi air hangat akan membuka pori-pori kulit dan meeeprcepat penguapan panas.

  1. Kompres

Kompres berkhasiat menurunkan panas secara alami. Kompres penurun panas asal dengan cara yang benar, seperti menggunakan air hangat dan ditempelkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha, serta menghindari kompres alkohol. Jika ingin praktis, orang tua dapat menggunakan plester kompres demam untuk anak.

  1. Tetap Minum ASI

Tetap minum ASI diwajibkan pada bayi yang masih menyusui. Dalam ASI terdapat zat yang menigkatkan kekebalan tubuh secara alami. ASI juga akan membantu mengatasi dehidrasi pada bayi. 

Sponsors Link

  1. Pakaian Tipis

Berilah bayi pakaian tipis dan tidak perlu selimut tebal. Pakaian dan selimut tebal akan membuat bayi tidak nyaman, karena jika bayi berkeringat atau sering buang air, maka akan mengganggu. Selain itu, pakaian tebal memungkinkan panas terperangkap dalam tubuh dan menjadikan demam bertambah tinggi.

  1. Terapi Sentuhan Kulit

Terapi sentuhan kulit dapat dilakukan pada bayi dengan memeluk bayi yang bertelanjang langsung di dada orang tua tanpa berbatas baju. Ini diyakini akan membuat bayi merasa aman dan menurunkan panas dengan cara memindahkan suhu dari orang tua ke bayi dan sebaliknya.

ads

  1. Pemijatan dengan Peppermint Oil

Pemijatan dengan peppermint oil akan juga membantu menurunkan panas. Apalagi jika bayi demam disertai nyeri sendi dan sakit kepala yang tidak bisa dikatakan. Pemijatan akan membuat bayi lebih nyaman.

  1. Bawang Merah

Bawang merah adalah obat herbal anak demam tinggi. Obat ini tidak perlu dikonsumsi. Hanya tinggal mengiris tipis dan mencampurkannya dengan minyak kelapa dan membalurkannya ke seluruh tubuh bayi.

  1. Istirahat

Bayi yang panas, sama dengan orang dewasa. Banyak istirahat dengan cara digendong dapat membantu meringankan gejala sakitnya.

  1. Obat Turun Panas

Obat penurun panas badan dapat dikatakan cara paling cepat untuk menurunkan demam. Bayi dapat diberi jenis obat acetaminophen atau yang mengandung paracetamol, seperti Sanmol. Sanmol memiliki jenis obat drops dan sirop untuk bayi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Bayi yang sudah mulai mendapatkan makanan tambahan selain ASI, atau di atas 6 bulan, harus diusahakan tetap makan. Berilah makan yang lembut dan mudah dicerna. Ini semua terpenuhi dari makanan dan biskuit bayi yang banyak dijual di pasaran jika orang tua tidak sempat membuatnya sendiri.

  1. Pakaian Kering

Salah satu cara mengobati demam bayi adalah menjaga pakaiannya tetap kering, entah itu setelah bayi buang air atau dari keringat jika panas tubuh mulai turun. Pakaian kering akan menjaga kestabilan suhu badannya dan membuat bayi selalu nyaman.

Setelah tahu cara mengobati demam bayi, hendaknya orang tua juga harus selalu mengontrol suhu badan bayi secara berkala. Sehingga orang tua juga tahu kapan harus membawa bayi ke dokter. Bayi harus ke dokter apabila :

Demikian cara mengobati demam bayi. Jangan lupa untuk tidak panik. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan