Sponsors Link

20 Cara Mengobati Demam Berdarah Pada Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Demam berdarah, sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa dan ditularkan oleh nyamuk betina Aedes Aegephty. Sama dengan hampir semua penyakit demam infeksi karena virus yang lain, demam berdarah tidak ada obatnya. Demam yang terkadang disebut juga dengan demam dengue atau dengue fever dalam Bahasa Inggris, dan demam denggi berdarah sebutan orang Malaysia ini cukup berbahaya. Jadi, meskipun tidak ada obatnya dan dapat sembuh dengan sendirinya, harus dikurangi gejalanya. Gejala demam berdarah yang tidak teratasi dapat menyebabkan kematian.

ads

Meskipun demikian, masyarakat awam menyebutkan bahwa usaha mengatasi gejala demam berdarah dengan mengobati. Di bawah ini adalah beberapa cara mengobati demam berdarah pada anak dan dewasa.

  1. Meniran

Meniran dimanfaatkan daunnya. Daun yang digunakan dengan cara dimasak dengan air sampai mendidih dan tersisa setengahnya ini, ternyata bermanfaat mengatasi berbagai penyakit. Karena meniran mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk tubuh, seperti alkoloid, tannin, asam fenolat, dan triterpenoid. Sementara senyawa flavonoid dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Hal tersebut yang menyebabkan meniran menjadi salah satu cara mengobati demam berdarah.

  1. Gandum

Gandum mempunyai daya cerna yang lebih baik daripada jenis karbohidrat ain, seperti nasi dan umbi-umbian. Oleh karena itu, penderita demam berdarah dapat mengkonsumsi ini sebagai makanan sehari-hari dalam berbagai bentuk, seperti cracker, oat milk, dan sebagainya. Dengan penyerapan yang lebih mudah, tubuh tidak mengeluarkan energi banyak.

  1. Kurma

Kurma sebenarnya makanan khas Arab yang kemudian terkenal di seluruh dunia. Kurma banyak menghasilkan energi dalam bentuk kalori jika dikonsumsi. Selain itu, konsumsi kurma juga akan meningkatkan trombosit dan sel darah merah.

  1. Kunyit

Cara menjadikan kunyit sebagai obat sama dengan meniran. Kunyit diminum sarinya. Kunyit ini diyakini menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungannya adalah antioksidan, anti tumor, anti sel kanker, anti bakteri, dan anti virus. Dengan demikian, kunyit tidak hanya mengandung antibiotik untuk demam karena bakteri, tetapi mempunyai antivirus untuk melawan virus demam berdarah.

  1. Temu Ireng

Menemukan temu ireng tidak semudah kunyit. Namun rimpang yang juga khas Indonesia ini dapat ditemukan di penjual bumbu dapur. Cara mengkonsumsinya sama dengan kunyit, yaitu diminum air rebusannya. Temu ireng dapat dengan cepat memperbaiki sel yang rusak. Sehingga untuk penderita demam berdarah, temu ireng dapat meminimalisir komplikasi dari kerusakan organ tubuh.

  1. Konsumsi Hati

Hati terkenal sebagai makanan penambah darah. Dengan mengkonsumsi hati ayam atau hati sapi, maka trombosit akan ikut meningkat bersamaan dengan meningkatnya sel darah merah.

Sponsors Link

  1. Minum Air Putih

Penderita demam berdarah disarankan untuk banyak konsumsi cairan. Karena dengan panas badan yang cukup tinggi, apalagi jika diiringi dengan muntah dan diare maka cairan tubuh akan menurun drastis. Jika penderita dirawat di rumah sakit, pengobatannya memang dengan hanya memberi cairan melalui infus.

  1. Angkak

Angkak adalah obat khas Cina yang berasal dari beras merah Tiongkok. Sekarang ini banyak dijual di apotek dan toko obat herbal. Obat ini diyakini dapat meningkatkan trombosit dengan cepat sehingga mencegah pecahnya pembuluh darah. Berbagai penelitian pada hewan termasuk di Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah membuktikannya.

ads

  1. Buah Jambu Biji

Buah jambu biji merah yang dijus rasanya menyegarkan. Cairan yang terkandung di dalam manfaat jus jambu untuk DBD sangat membantu mengatasi dehidrasi. Kandungan quercetin di dalamnya dapat menekan pertumbuhan virus dengue  penyebab demam berdarah trombosit turun. Selain itu, buah jambu biji memiliki zat yang disebut trombinol yang dapat memicu terbentuknya trombosit atau keping darah baru.

  1. Obat Pereda Nyeri

Dokter biasanya akan memberi obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen untuk penderita demam berdarah di rumah maupun di rumah sakit. Obat ini berguna untuk meredakan sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi yang menyertai gejala demam berdarah. Perlu diperhatikan bahwa penderita tidak diperkenankan minum obat pereda nyeri jenis aspirin tanpa resep dokter.

  1. Daun Pepaya

Ekstrak atau sari daun kepala yang didapat dengan merebusnya hingga mendidih dan air tersisa setengahnya ternyata dapat mengobati demam berdarah.  Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun pepaya dapat menyetabilkan dinding sel keping darah atau trombosit sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegephty.

  1. Konsumsi Makanan Yang Mengandung vitamin C

Orang sakit biasanya memang sulit makan dan hilang nafsunya.  Namun, jika penderita sakit adalah diri sendiri, paksakan untuk makan walaupun sedikit-sedikit.  Begitu pula jika orang lain yang sakit.  Bujuklah untuk tetap makan.  Khususnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah dan sayur.  Ini penting karena vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh dan memprcepat penyembuhan dan pemulihan.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa rasanya menyegarkan.  Apalagi jika air kelapa muda.  Air kelapa mengandung cairan dengan ion-ion yang lengkap.  Sehingga dengan minum air kelapa,dua langkah sekaligus didapatkan, yaitu mengatasi dehidrasi dan mengganti ion tubuh yang banyak hilang ektika sakit.  Air kelapa juga dipercaya menetralisir racun.

  1. Bit

Buah bit sangat cocok untuk penderita anemia dan demam berdarah.  Buah yang berwarna merah ini menghasilkan sel darah merah dan trombosit sekaligus.

  1. Delima Merah

Delima merah termasuk buah penurun panas demam.  Buah yang paling banyak mengandung cairan dan vitamin C.  Konsumsi buah merah akan membuat penderita demam berdarah dapat mengatasi dehhidrasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Teh Herbal

Dulu orang mengenal teh hanya yang dapat dibuat dari daun teh.  Sekarang ini, teh merujuk kepada segala jenis minuman yang dapat diminum dengan mencelupkan bagian dari tanaman.  Berbagai teh herbal diproduksi.  Meminum teh herbal akan menenangkan perasaaan penderita, mengatasi dehidrsai dan meningkatkan trombosit dalam darah.

Sponsors Link

  1. Konsumsi Bubur

Konusmsi bubur tidak ada hubungannya secara langsung dengan meningkatkan trombosit atau mengatasi gejala lain.  Namun, konsumsi bubur termasuk cara mengobati demam berdarah.  ini dikarenakan bubur merupakan makanan lembut yang tanpa perlu dikunyah dan mudah pula dicerna.  Dengan mencoba tetap makan maka energi penderita tetap terjaga.  Bubur termasuk makanan untuk penderita demam berdarah dan tipes.

  1. Minum Susu

Minum susu mempunyai fungsi yang hampir sama dengan air kelapa muda.  hanya saja kandungan air kelapa muda alami, sedangkan beberapa kandungan susu sengaja ditambahkan  oleh produsen.  Susu dapat mengatasi dehidrasi, menambah zat dalam tubuh, dan menetralkan segala jenis racun yang masuk dalam tubuh.

  1. Kompres

Kompres penurun demam seperti biasa dengan air hangat, dengan daun penurun panas, atau dengan plester kompres demam untuk dewasa khasiatnya hampir sama.  Kompres menurunkan panas demam dan menyebabkan tubuh penderita lebih merasa nyaman.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata juga dapat mengobati demam berdarah seperti buahnya.  Daun ini mengandung tannin yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan meningkatkan trombosit.  Konsumsi daun ini termasuk mudah, karena di toko herbal banyak dijual dalam bentuk ekstrak kapsul.

Demikian 20 cara emngobati demam berdarah pada anak dan dewasa yang banyak digunakan dan terbukti ampuh.  Jangan lupa cara mencegah demam berdarah dengan 3M.  Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan