Sponsors Link

6 Perawatan Anak Demam Kejang yang Tepat

Sponsors Link

Demam dapat menimbulkan resiko berbahaya salah satunya yaitu efek samping kejang demam pada anak, karena itu dibutuhkan cara yang benar untuk perawatan anak demam kejang. Hal ini agar dapat diberikan perawatan yang benar dan tepat untuk menghindari terjadinya komplikasi penyakit lainnya. Terutama karena akibat pengaruh kejang demam terhadap kecerdasan anak dapat merusak sistem kerja saraf otak anak.

ads

Oleh karena itu hal ini sangatlah penting. Dimana seharusnya pertumbuhan otak harus tetap normal dan jangan sampai mengalami gangguan apapun. Untuk mengatasi kemungkinan tersebut, berikut ini beberapa langkah yang paling manjur untuk perawatan anak demam kejang.

1. Kompres Dingin

Langkah pertama yang paling penting dalam melakukan perawatan yaitu dengan memberikan manfaat kompres demam pada anak. Letakkan kompres di dahi dapat berupa handuk dingin maupun kompres instan yang mudah didapatkan di pasaran. Pantau terus suhu tubuh anak agar tidak makin tinggi dan pastikan demam mereda dengan sendirinya.

2. Obat Panas

Untuk menurunkan demam pada anak secara efektif sebaiknya berikan obat penurun panas badan. Berikan obat panas dan demam yang paling ringan efeknya bagi anak-anak. Contohnya dengan memberikan dosis ringan parasetamol pada anak. Jika ada rasa nyeri akibat demam dapat pula diberikan obat demam seperti misalnya ibuprofen. Selalu tanyakan pada dokter tentang dosis yang tepat untuk pemberian obat pada anak-anak.

3. Minyak Telon

Cara perawatan anak demam kejang selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa tubuh anak cukup hangat dan terhindar dari resiko menggigil. Terutama di malam hari dimana suhu udara pada umumnya akan sangat dingin dan beresiko menyebabkan anak menggigil kedinginan. Oleh sebab itu sebaiknya usapkan minyak telon pada punggung dan badan anak sehingga anak selalu merasa hangat.

4. Makanan Berprotein

Berikan jenis makanan yang mengandung protein tinggi agar kesehatan saraf dan otak anak tetap maksimal sekalipun sedang terserang demam karena diare. Sehingga jika terjadi resiko kejang pada anak, maka kemampuan saraf otak maupun respon gerak motorik pada anak tetap optimal. Karena itu pastikan menu makanan seperti ikan, ayam maupun telur pada menu makan anak sehari-hari.

5. Makanan Penurun Demam

Langkah berikutnya dapat dengan memberikan menu makanan untuk anak demam panas. Sehingga demam yang dialami anak dapat berangsur-angsur turun dan sembuh dengan cara yang alami serta minim efek samping. Berikan makanan berkuah yang hangat, seperti misalnya sup ayam yang dicampur dengan sari jahe. Karena umumnya makanan ini akan berguna menurunkan demam secara alami dan membantu pemulihan penyakit demam yang dialami anak dengan cepat.

Sponsors Link

6. Vitamin C Dosis Tinggi

Selanjutnya jika merawat anak yang menderita kejang karena demam berikan vitamin C dosis tinggi pada anak. Misalnya melalui suplemen vitamin tambahan atau dengan memberikan buah yang kaya akan vitamin C di dalamnya. Dengan demikian maka tubuh anak akan meningkat imunitasnya. Serta anak akan dapat cepat pulih dari demam yang terjadi. Saat demam mereda maka resiko kejang tentu secara otomatis juga akan menurun dengan sendirinya.

Demikian beberapa penjelasan lengkap mengenai cara-cara perawatan anak demam kejang. Dengan langkah perawatan yang tepat, maka diharapkan resiko terjadinya demam tinggi dan diare pada bayi maupun anak-anak yang dapat menimbulkan kejang dapat sebisa mungkin dihindari. Sehingga tumbuh kembang otak anak tidak mengalami gangguan dan tetap berkembang dengan optimal. Sehingga kemampuan anak tetap bertumbuh dengan baik tanpa kekurangan suatu apapun.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan