Sponsors Link

9 Cara Meningkatkan Trombosit Penderita Demam Berdarah

Sponsors Link

Tubuh yang kekurangan trombosit atau dalam istilah kedokteran disebut dengan trombositopenia bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti timbulnya gejala anemia, pendarahan atau bakteri yang ada dalam jaringan darah. Kekurangan trombosit sendiri bisa terjadi pada saat seseorang menderita demam berdarah dimana saat seseorang tergigit nyamuk yang sudah terinfeksi virus dengue nantinya akan mengalami penurunan jumlah trombosit dalam darah.

ads

Trombosit ini memiliki peran penting dalam mengatur keseimbangan tubuh yakni mengatur, mengontrol, menyuplai dan juga membentuk darah sehingga ketika tubuh mengalami pendarahan internal atau eksternal bisa lebih cepat berhenti. Ada beberapa cara meningkatkan trombosit penderita demam berdarah yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami ulas berikut ini.

  1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau dan Buah

Sayuran berdaun hijau sangat tinggi akan kandungan vitamin, serat, zat besi dan tinggi kandungan mineral sehingga mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita gejala demam berdarah pada anak. Sedangkan buah buahan mengandung banyak vitamin, antioksidan kuat dan mineral tinggi yang bisa memperbaiki trombosit rusak untuk penderita yang belum sembuh atau baru akan sembuh.

  1. Perbanyak Makanan Mengandung Vitamin B12 dan Asam Folat

Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan juga asam folat sangat penting untuk memperbaiki kondisi trombosit yang semakin menurun. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat ini nantinya bisa memperbanyak jumlah sel darah merah dalam waktu cepat untuk membantu proses penyembuhan dari demam berdarah. Dan meminimalisir bahaya demam berdarah.

  1. Mengkonsumsi Asam Lemak Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 juga harus lebih banyak dikonsumsi sebagai salah satu cara meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah. Berbagai jenis ikan dan kacang kacangan menjadi makanan baik karena bisa meningkatkan sekaligus menstabilkan jumlah sel darah penderita demam berdarah.

  1. Hindari Mengkonsumsi Antibiotik Sembarangan

Berbagai obat obatan antibiotik sebaiknya juga jangan dikonsumsi tanpa ijin dari dokter karena untuk sebagian penderita demam berdarah ada yang memiliki alergi terhadap antibiotik. Jika ini terjadi, maka akan memperburuk ciri ciri demam berdarah pada orang dewasa yang akhirnya juga akan menimbulkan keracunan pada sel darah merah sehingga kadar trombosit dalam darah semakin menurun.

  1. Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C

Suplemen vitamin C dosis tinggi yakni 1000 mg per hari harus dikonsumsi agar kadar trombosit bisa lebih ditingkatkan yang diimbangi juga dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti kiwi dan jambu biji sehingga proses penyembuhan demam berdarah bisa lebih cepat disembuhkan.

Sponsors Link

  1. Istirahat Cukup

Istirahat cukup tidak hanya baik dilakukan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan tipe demam namun juga membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit penderita demam berdarah. Dengan istirahat cukup, maka seluruh organ tubuh penderita demam berdarah juga akan beristirahat yang akhirnya juga memberikan waktu cukup bagi tubuh agar bisa memproduksi sel darah baru yang lebih sehat.

  1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Tubuh juga sangat membutuhkan cairan untuk meningkatkan jumlah trombosit yang sudah berkurang karena demam berdarah yang juga penting dalam menyembuhkan segala jenis demam. Usahakan untuk minum 8 liter air per hari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan bisa memperbaiki kualitas sel darah dan akhirnya membantu proses penyembuhan demam berdarah lebih cepat.

  1. Hindari Obat Pereda Sakit

Beberapa jenis obat obatan pereda sakit seperti aspirin dan ibuprofen juga sebaiknya dihindari dan bahkan tidak menjadi jenis obat yang direkomendasikan dokter sebab zat kimia yang terkandung didalam beberapa jenis obat tersebut sangat keras dan tajam yang bisa membuat darah menjadi kotor dan akhirnya semakin menurunkan kualitas trombosit penderita demam berdarah.

Sponsors Link

  1. Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol sebaiknya tidak dikonsumsi selama seseorang menderita demam berdarah. Alkohol memiliki sifat yang tajam dan juga panas sehingga bisa melukai pembuluh darah, menghambat aliran darah dan akhirnya mengurangi asupan trombosit pada penderita demam berdarah. Selain itu, minuman yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan penderita demam berdarah mengalami koma sebagai salah satu komplikasi demam berdarah.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang beberapa cara meningkatkan trombosit penderita demam berdarah yang meliputi anjuran makanan dan juga beberapa pantangan yang harus dihindari. Hanya dengan melakukan beberapa cara diatasi ditambah dengan menjauhi pantangan makanan demam berdarah, maka sudah cukup membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit sekaligus mempercepat proses penyembuhan demam berdarah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan