Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Bayi 4 Bulan

Sponsors Link

Bayi yang masih kecil rentan terkena demam, sehingga dibutuhkan cara menurunkan demam bayi 4 bulan yang paling tepat. Dalam arti tepat yaitu sesuai dengan tujuan serta kondisi kesehatan bayi yang masih kecil. Karena dengan menjaga agar bayi tidak terkena gejala demam tifoid pada anak bayi maka dapat menjaga tubuh bayi agar selalu sehat dan prima setiap saat. Hal ini penting untuk membantu mewujudkan tumbuh kembang bayi yang lebih maksimal juga. Oleh sebab itu, simak berikut ini beberapa langkah cara menurunkan demam bayi 4 bulan yang umum dilakukan.

ads

1. Pemberian ASI

Langkah pertama yang penting untuk diberikan yaitu tetap memberikan ASI sebagai asupan utama bayi. Jika tidak maka pemberian susu formula juga harus diberikan dengan maksimal supaya kebutuhan cairan bayi terpenuhi. Sehingga hal ini dapat membantu menghindari resiko kejang demam serta dapat menurunkan suhu badan bayi secara lebih alami dan minim efek samping.

2. MPASI Bergizi

Berikan jenis makanan yang penuh gizi pada bayi. Terutama jika bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan atau MPASI. Dengan memilih menu MPASI yang baik dan penuh gizi, maka bayi dapat terhindar dari resiko terserang demam. Karena kecukupan vitamin serta mineral pada bayi membantu agar bayi dapat cepat pulih dari penyebab demam berkepanjangan pada anak bayi.

3. Kompres Dingin

Untuk menurunkan suhu badan bayi sebaiknya lakukan pemberian kompres demam. Kompres penurun panas ini dapat diberikan sebagai kompres instan yang banyak dijual di pasaran. Tujuannya agar panas badan bayi cepat turun secara alami dan berangsur-angsur. Selain itu dapat pula dengan menggunakan kompres berupa handuk dingin yang diletakkan pada dahi bayi hingga suhu tubuh bayi mengalami penurunan.

4. Obat Penurun Panas

Jika demam tidak kunjung turun sebaiknya segera berikan obat penurun panas badan. Seperti misalnya dengan efek ringan yaitu paracetamol dan ibuprofen. Pemberian obat ini harus disesuaikan dengan resep dokter supaya tidak terjadi resiko mengalami overdosis obat yang berbahaya. Dengan memberikan obat ini maka bayi akan dapat berangsur-angsur pulih serta suhu badannya kembali normal. Dengan meredanya demam pada bayi maka dapat membantu menghindari kondisi bayi rewel sepanjang harinya.

5. Istirahat Teratur

Cara menurunkan demam bayi 4 bulan berikutnya yaitu dengan jalan menidurkan bayi lebih lama. Karena dengan istirahat teratur serta minim aktifitas fisik yang melelahkan, maka bayi akan cepat pulih dari kondisi demam karena radang amandel yang kurang nyaman. Selain itu tidur akan membantu proses pemulihan penderita penyakit lebih cepat dibanding jika tidak berisitirahat dengan maksimal.

Sponsors Link

6. Parutan Bawang Merah

Cara tradisional yang telah banyak dipakai oleh nenek moyang sejak jaman dahulu yaitu dengan menggunakan parutan bawang merah. Caranya yaitu dengan mengoleskan parutan bawang tersebut ke sekujur dada dan punggung. Setalah itu maka bawang merah akan bekerja menghangatkan tubuh sehingga demam bayi naik turun disertai batuk pilek akan mereda dengan sendirinya. Inilah salah satu cara alami yang minim efek samping dibanding minum obat resep dokter yang dapat menyebabkan resiko alergi.

Demikian beberapa cara menurunkan demam bayi 4 bulan yang dapat dilakukan dengan maksimal. Langkah-langkah menurunkan gejala demam anak naik turun ini diharapkan dapat membuat kondisi bayi cepat sembuh dan tidak mengalami komplikasi penyakit lainnya. Sehingga bayi bebas melakukan aktivitasnya kembali dan tumbuh kembang bayi juga tetap maksimal tanpa gangguan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan