Sponsors Link

7 Cara Menurunkan Demam Bayi 8 Bulan Paling Efektif

Sponsors Link

Saat bayi dalam keadaan sehat, maka suhu tubuh bayi berada antara 36.5 derajat celcius hingga 37.5 derajat celcius. Bayi bisa dikatakan demam jika suhu tubuh sudah lebih dari 37.5 derajat celcius yang bisa terjadi karena tubuh sedang melawan infeksi karena bakteri atau virus sebab kedua kuman dan virus tidak bisa hidup pada suhu tubuh yang panas tersebut. Untuk itu, sebenarnya tidak semua demam yang terjadi pada bayi harus sesegera mungkin diobati.

ads

Demam harus mendapatkan penanganan lebih lanjut jika suhunya sudah lebih dari 38 derajat celcius yang umumnya akan disertai juga dengan dehidrasi dan timbul rasa tidak nyaman yang bisa terlihat dari semakin rewelnya bayi. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab dari demam pada bayi dan bagaimana cara menurunkan demam pada bayi 8 bulan bisa melihat ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Demam Pada Bayi

Bayi berusia dibawah 1 tahun umumnya bisa mengalami demam karena berbagai sebab seperti serangan penyakit, bakteri, virus dan juga berbagai hal lain seperti berikut ini.

  • Terinfeksi virus seperti diare, flu, batuk dan sebagainya.
  • Infeksi bakteri seperti pneumonia, meningitis, bronkhitis, infeksi saluran kencing dan sebagainya.
  • Sesudah menerima imunisasi untuk kekebalan tubuh atau saat akan tumbuh gigi.

Cara Menurunkan Demam Bayi

Untuk cara menurunkan demam bayi usia 8 bulan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang tentunya aman dan sudah disesuaikan dengan umur bayi seperti berikut ini.

  1. Berikan ASI

Saat bayi masih berusia kurang dari 8 bulan dan mengalami demam, maka ASI sangat penting untuk diberikan karena bisa memberikan keseimbangan nutrisi yang unik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi dimana kondisinya akan semakin lemah saat sedang demam. ASI merupakan cairan yang mudah untuk dicerna sehingga bisa mengatasi tanda bayi dehidrasi karena demam dengan baik sekaligus mempercepat penurunan demam.

  • Cobalah untuk lebih sering menyusui bayi dan jika bayi menolak karena posisi menyusui membuat bayi tidak nyaman, maka jaga posisi bayi tetap tegak agar lebih nyaman saat menyusui.
  • Jika bayi masih menolak untuk minum ASI, maka ASI bisa diberikan dengan botol atau sendok dengan teratur.
  1. Berikan Pijatan Kaki

Menggosok telapak kaki dengan minyak hangat khusus bayi juga sangat penting untuk mempercepat penurunan demam berkepanjangan pada bayi sekaligus menenangkan bayi yang rewel. Pijatan pada kaki bayi yang dilakukan dengan teratur sangat baik untuk mempercepat penyembuhan demam yang bisa dilakukan secara mudah dan aman di rumah.

Sponsors Link

  • Gosok minyak zaitun yang sudah dihangatkan pada telapak kaki bayi.
  • Berikan pijatan yang sangat lembut memakai ibu jari dan diteruskan ke seluruh bagian kaki bayi dengan arah pijatan ke arah atas yakni menuju jantung.
  • Lakukan pemijatan ini selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali namun jangan terlalu berlebihan.
  1. Selimuti Tubuh Bayi

Jika demam panas yang dialami bayi juga disertai dengan menggigil, maka segera tambahkan selimut untuk menghangatkan tubuh bayi. Selimut menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah kehangatan secaar cepat. Namun pastikan tidak memakai selimut yang berat sebab bisa meningkatkan suhu tubuh bayi.

  1. Ganti Segera Pakaian Basah

Jika pakaian, selimut, alas atau apapun yang digunakan bayi sudah terlihat lembab, maka segera ganti kain tersebut sebagai cara mengatasi demam pada bayi. Bahan kain yang basah hanya akan meningkatkan demam pada bayi sehingga semakin sulit untuk dilakukan.

  1. Perhatikan Suhu Kamar

Agar bayi bisa tetap nyaman meski sedang demam, maka sesuaikan suhu ruangan atau kamar dan pastikan sirkulasi berjalan dengan baik. Anda juga bisa memasang kipas angin namun jangan arahkan langsung pada bayi tetap pantulkan pada dinding yang penting untuk meningkatkan sirkulasi dan suhu dalam kamar tidur bayi.

Sponsors Link

  1. Asetaminofen

Asetaminofen bisa diberikan untuk membantu perawatan demam pada bayi namun jangan berikan pada bayi yang masih berumur dibawah 2 bulan. Baca instruksi pada kemasan secara baik dan pastikan dosis yang digunakan sesuai dengan berat tubuh bayi.

  1. Berikan Obat Penurun Demam

Bayi yang sudah berumur diatas bulan bisa diberikan obat penurun demam yang bagus seperti ibuprofen, acethaminnopen yang bisa meringankan demam, Jika bayi masih berusia dibawah 3 bulan, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai beberapa jenis obat tersebut. Jadikan pemberian obat ini adalah pilihan paling terakhir khususnya jika suhu tubuh bayi sudah melebihi dari 38 derajat celcius.

Beberapa cara menurunkan demam bayi 8 bulan yang sudah kami berikan diatas sangat aman dan dan mudah untuk dilakukan. Hindari juga memberikan berbagai jenis obat obatan pada bayi tanpa resep dari dokter dan selalu gunakan dosis paling tepat sesuai dengan cara penggunaannya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan