Sponsors Link

9 Cara Menurunkan Demam Pada Lansia dengan Cepat

Sponsors Link

Masalah demam merupakan masalah yang paling umum dialami setiap orang. Demam yang terjadi pun disbabkan oleh banyak hal dan banyak faktor. Salah satu faktor yang paling umum yaitu tidak menjaga kesehatan tubuh , tidak menjaga pola makan, tidak menjaga olahraga serta tidak memelihara kebersihan lingkungan.

ads

Namun demam juga disebabkan karena tertular dari orang lain. Perlu kita ketahui demam dapat menyerang siapapun semua usia baik anak-anak, remaca, dewasa hingga seseorang yang telah lanjut usia. Usia tua atau usia lanjut sangat rentang sekali terhadap penyakit khususnya demam ini , karena pada kemampuan fungsi ubuh seorang lansia mengalami penurunan. Hal itu memang umum terjadi karena adanya penurunan semua fungsi tubuh dari fungsi fisik atau biologis hingga fungsi sosialnya sebagai lansia.

Untuk pengobat demam pada lansia dan anak-anak , remaja tetunya berbeda . Berikut mengenai penjelasan mengenai cara menurunkan demam pada lansia.

Cara Menurunkan Demam Pada Lansia

Ada beberapa cara untuk menurunkan demam pada seseorang , hal tersebut tergantung dari jenis demam. Demam dibedakan beberapa jenis menurut penyebabnya yaitu demam karena ambeien , demam karena asam lambung , demam karena batuk pilek , demam karena sariawan dan sebagainya.

Seringkali lansia tidak mengetahui demam yang menyerangnya, sehingga penanganannya menjadi tidak tepat. Namun ada beberapa cara yang umum unuk menurunkan demam pada lansia. Berikut mengenai cara menurunkan demam pada lansia :

1. Kompres

Cara yang paling sederhana untuk menurunkan demam pada lansia yaitu dengan mengkompres air hangat. Mungkin baiasanya banyak yang mengkompres dengan air dingin, hal tersebut tidaklah benar , karena mengkompres dengan air dingin akan menakibatkan perubahan suhu secara mendadak pada tubuh. Sebaiknya air yang digunakan tidak dari air es atau pun dari air kulkas, melainkan dengan air yang bersuhu sedang (hangat). Cara meredamkan demam orang dewasa dengan menggunakan kompres ini cukup efisien untuk dilakukan.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Bernutrisi

Makanan merupakan sumber energi untuk tubuh , kandungan didalam makanan yang kita konsumsi pun banyak sekali anatara lain yaitu mengandung protein, vitamin, lemak dan lain sebagainya. Kandungan tersebut nantinya akan digunakan pada proses metabolisme. Saat tubuh sakit tubuh memerlukan makanan yang bergizi guna memperbaiki jaringan yang telah rusak, selain itu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi akan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh , dimana sistem imun berfungsi untuk menyerang patogen luar yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu mengkonsusmsi makanan yang bergizi pada saat sakit akan mengembalikan kebugarn tubuh. Maka saat sakit sangat dianjurkan untuk makanan untuk orang demam dan batuk.

Sponsors Link

3. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat saat demam dapat dimanfaatkan untuk merilekskan saraf-saraf , serta otot-otot yang ada pada tubuh. Hal tersebut akan membuat aliran darah didalam tubuh menjadi lancar , sehingga akan membantu proses pemulihan saat demam. Mandi dengan air hangat saat demam merupakan cara tradisional yang sudah dikenal sejak lama. Manfaatnya pun sudah terpercaya selain untuk mengurangi demam , mandi dengan air hangat juga akan menjaga kesehatan kulit , dan mengurangi stress. Demam setelah kehujanan ini juga dapat diatasi dengan cara mandi dengan air hangat , setelah mandi dengan air hangat dianjurkan untuk beristirahat yang cukup.

ads

4. Istirahat Cukup

Istirahat merupakan kebutuhan setiap orang , karena hal tersebut merupakan salah satu yang penting. Istirahat bermanfaat untuk mengistirahatkan kerja sel-sel jaringan maupun organ dalam didalam tubuh , karena lelah bekerja. Selain itu saat tidur atau istirahat tubuhbmelakukan perbaikan jaringan yang telah rusak. Seringkali saat kita sakit timbul disebabkan karena tubuh yang lelah. Istirahat juga akan membantu proses penyembuhan seseorang yang sedang sakit baik sakit ringan maupun sakit berat.Perawatan anak demam tinggi pun bisa dengan mengatur jam tidurnya agar anak mendapatkan istirahat yang cukup.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih sangat berperan pentig didalam tubuh . Karena cairan didalam tubuh berfungsi untuk melancarkan aliran tubuh , membantu dalam pembuangan hasil sisa metabolisme didalam tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh , serta mengatur keseimbangan pH didalam tubuh. Saat seseorang khususnya lansia  yang sedang demam sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup karena dapat membantu proses penyembuhan demam. Dan pastikan bahwa tubuh tidak kekurangan cairan karena akan mengakibatkan dehidrasi. Manfaat buah pir untuk demam juga dapat dikolaborasikan dengan mengkonsumsi air putih, karena buah pir juga mengandung banyak air dan vitamin yang berguna pada pemulihan demam.

6. Minum Air Kelapa

Air kelapa muda memiliki kandungan ion yang sangat tinggi dan berguna sekali untuk menjaga konsentrasi cairan di dalam tubuh. Hal ini aan membantu mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh. Selain itu air kelapa juga sangat dipercaya untuk menurunkan demam yang , dan dapat dijadikan sebagai proses pemulihan seseorang yang sedang mangalami sakit. Tidak hanya menurunkan demam air kelapa juga mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Obat demam tradisional untuk ibu menyusui ini juga salah satunya yaitu mengkonsumsi air kelapa muda.

7. Mengkonsumsi Vitamin C

Selanjutnya untuk mengurangi demam yang berkepanjangan pada lansia kita dapat memberikannya vitamin C. Terkadang seseorang mengalami demam dikarenakan sistem imunitas didalam tubuh yang menurun, hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh mudah sekali tertular ataupun terserang penyakit yang membuat tubuh demam. Salah satu untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengkonsumsi vitamin C, karena manfaat dari vitamin C sendiri yaitu dapat meningkatkan sistem imunitas didalam tubuh. Maka pemenuhan vitamin C didalam tubuh pun sangat dperlukan untuk proses pemulihan atau proses penurunan demam. Badan panas saat hamil mungkin juga dapat diatasi dengan engkonsumsi vitamin C secara teratur.

Sponsors Link

8. Melakukan Pijat

Hal selanjutnya yang dapat dipercaya untuk menurunkan demam pada lansia yaitu dengan melakukan pemijatan di tubuh. Proses pemijatan ini akan membuat tubuh rileks serta dapat melanjcarkan aliran darah di dalam tubuh lancar. Apabila aliran darah didalam tubuh lancar maka akan menstabilkan suhu pada tubuh kita.

9. Mengkonsumsi Obat Anjuran Dokter

Meskipun terdapat berbagai cara tradisional dalam mengatasi demam , akan tetapi kita juga perlu berkonsultasi dengan dokter. Karena ada beberapa penyakit yang tidak bisa sembuh juka hanya mengkonsumsi obat tradisional . Maka dari itu obat kimia juga penting untuk proses penyembuhan sakit pada tubuh , namun dalam penggunaanya pastikan bahwa memang anjuran dokter.

Banyak sekali cara untuk menurunkan demam pada lansia seperti diatas. Dianjurkan dan sangat diharapkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya baik lansia maupun orang dewasa dan remaja.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan