Sponsors Link

Penyebab Demam Disertai Sesak Nafas dan Pengobatan

Sponsors Link

Demam merupakan kondisi tubuh yang mempunyai suhu tinggi melebihi batas ambang normal.Hal tersebut akan mengakibatkan seseorang merasakan hal yang tidak nyaman pada tubuhnya. Belum lagi dengan demam yang disertai dengan kondisi lain seperti demam disertai gatal ,demam disertai sesak nafa dan lain sebagainya.

ads

Jenis demam bermacam-macam antara lain demam sebelum haid , demam intermiten , demam siklik , serta demam toksemia dan masih banyak lagi.Kondisi-kondisi teersebut biasanya merupakan komplikasi dari demam tersebut.Lalu bagimana dengan demam yang disertai sesak nafas ? berikut mengenai penjelasanya lebih lanjut

Demam disertai Sesak Nafas

Demam seminggu belum sembuh bisa terjadi karena penanganan yang kurang tepat. Sebelum mengetahui demam yang disertai sesak nafas , perlu kia ketahui kondisi demam secara umum. Demam pada umumnya bisa menyerang siapa saja baik usia balita, anak-anak, remaja, dewasa dan lanjut usia. Demam tersebut bisa karena beberapa faktor yang menyebabkan mulai dari penyebab ringan hingga penyebab yang serius. Terkadang kondisi demam juga disertai dengan gejala lainnya seperti sakit kepala,nyeri,gatal serta sesak nafas. Demam yang disertai sesak biasa karena merupakan indikasi adanya permasalahan serius seperti penyakit tertentu.

Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani maka akan mempengaruhi kondisi yang semakin memburuk serta dapat menimbulkan komplikasi terhadap organ didalam tubuh lainnya. Untuk itu saatterkena demam sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter , serta menjaga asupan nutrisi dan vitamin untuk menunjang atau mempercepat proses penyembuhan. Saat demam juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berat atau yang berlebihan. Obat herbal demam untuk dewasa dan obat herbal anak demam panas bisa digunakan sebagai alternatif saat terkena demam.

Penyebab Demam  Disertai Sesak Nafas

Penyebab demam pada anak maupun dewasa pada dasarnya sama, hanya sedikit yang membedakannya dari segi tingkat keparahan. Pada dasarnya demam merupakan kondisi tubuh yang sedang terjadi peningkatan suhu tubuh yng melebihi dari 37,5 derajat celcius. Kondisi ini biasanya umum sekali disebabkan oleh demam berdarah. Namu tidak semua demam yang disertai sesak nafas merupakan demam berdarah. Berikut mengenai penyebab demam yang disertai deengan sesak nafa :

1. Flu

Flu merupakan kondisi yang umum yang pernah dialami oleh setiap orang. Biasanya seseorang yang  terkena flu tertular oleh orang yang sudah terserang flu sebelumnya. Flu ini bisa menular melaluo beberapa hal seperti udara. Flu sangat mudah menyerang orang saat sistem imunya sedang menurun. Terkadang gejala flu ini diikuti dengan sesak nafas , akan tetapi sesak nafas kaena flu tidak terlalu berbahaya

2. Penyakit Asma

Penyakit asma merupakan salah satu penyebab utama pada orang yang mengalami demam dan diserai sesak nafas. Asma merupakan penyakit paru-paru yang serius apabila tidak segera ditangani atau diatasi. Penyakit asma ini bisa disebabkan karena keturunan aau penyakit bawaan lahir. Biasanya seseorang yang terkena asma mempunyai alergi terhadapa beberapa kondisi seperti kondisi dingin. Saat asma kambuh maka seseorang akan merasakan pusing, demam dan rasa tidak nyaman dipada tubuhnya.

Sponsors Link

3. Bronkitis

Merupakan salah satu kondisi yang terjadi pada akah satu bagian paru-paru yaitu bronkus. Kondisi ini terjadi karena terdapat radang di dalam bronku. Gejala yang timbul yaitu sesak nafas yang disertai dengan demam , selain itu saat kondisi ini kambuh akan mengakibatkan seseorang merasa kesakitan pada bagian dada dan juga pusing serta sakit kepala.

4.Pneumonia

Penyakt pneumonia merupakan salah satu penyebab demam yang disrtai esak naafas. Kondisi ini juga termasuk kondisi gangguan yang terjadi pada paru-paru. Pneumonia dapat menyerang siapa saja , mulai dari pria maupun wanita. Akan tetapi seseorang yang mempunyai riwyat keturunan penyakit pneumonia akan beresiko tinggi untuk terserang penyakit ini.

ads

5. TB Paru-paru

TB paru juga merupakan penyebab dari demam yang disertai sesak nafas, yang merupakan kondisi karena adanya gangguan pada paru-paru. Saat organ paru mengalami gangguan maka proses pernafasan pun terganggu dan salah satu akibatnya yaitu kesulitan bernafas atau yang biasa disebut dengan sesk nafas.

6. Sepsis

Sepsik ini merupkan penyakit yang menyerang peredaran darah secra sistemik. Gejala yang ditimbulkan dari adanya penyakit ini adalah demam tinggi, sesak nafas, lelah,pucat, sakit kepal,pusing serta tidak nafsu makan. Saat seseorang terkena kondisi ini sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

7. Penyakit Paru Obstuksi Kronis (PPOK)

Penyakit paru-paru obstruksi kronis umumnya menyerang orang tua  dan jarang sekalli menyerang anak-anak. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab dari demam yang disertai dengan sesak nafas. Gejala-gejala  yang timbul bisa menyerang kapan saja seperti demam , sesak nafas secara tiba-tiba, pusing, mudah lelah dan sulit bernafas.

8. Kanker Paru-paru dan Tenggorokan

Penyaki ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dn bisa mengancam nyawa siapa saja dan dan secara tiba-tiba. Jika sudah menjadi kanker maka perlunya perawatan yang intensif.Biasanya seseorangakan bergantung pada obat apabila memiliki kondisi penyakit ini. Untuk mendiagnosisi adanya penyakit ini perlu beberapa pemeriksaan yang harus di ikuti, karena untuk mendiagnosis penyakit ini tidak mudah.

9. Tumor

Biasanya tumar yang terjadi yaitu masa pada daerah nasofaring ( hidung tenggorokkan) .Kondisi tersebut akan mengganggu sisstem pernafasan manusia. Sehingga menyebabkan seeorang merasakan demam dan sesak nafas dan akan menghambat seseorang sulit melakukan aktivitas sehari-harinya.

 Cara Mengatasi Demam disertai Sesak Nafas

Badan menggigil tengah malam merupakan adanya demam yang secara tiba-tiba dan perlunya penanganan yang tepat dan cepat. Ada beberapa cara untuk mengatasi atau menangani apabila kita merasakan demam yang diertai sesak nafas. Penanganan tersebut bertujuan untukmengurangi tanda dan gejala yang timbul pada kondisi tersebut. Kita dapat melakukan beberapa tips yang dapat kita lakukan antara lain :

  • Itirahat Cukup , sangat penting apabila kita merasakan demam yang disertai sesak nafas, hal ini bertujuan agarorgan-organ didalam tubuh beristirahat dan tidak bekerja terlalu bera
  • Konsumsi air secara cukup, juga wajib dilakukan minimal 2 liter perharinya.Air berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme dalam tubuh
  • Mengkonsumsi parasetamol ,juga digunakan apabila demam tinggi secara erus meners. Sebaiknya menggunakan dengan anjuran dokter.
  • Mengkompres bagian-bagian tubuh tertentu antara lain dahi, dada , serta ketiak menggunakan air hangat

Penjelasan diatas sangat bermanfaat apabila kita merasakan tanda-dan gejala seperti kondisi-kondisi diatas. Sebaiknya tetap menjaga  kesehatan tubuh serta menjaga pola asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dan konsultasikan dengan dokter apabila terdapa permaslahan seperti diatas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan