Sponsors Link

8 Gejala Demam Malaria yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Demam malaria merupaka suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Biasanya nyamuk ini sudah terinfeksi virus ataupun ptotozoa malaria bernama PlasmodiumPenyakit malaria biasanya baru terdeteksi 10 hingga 15 hari setelah kalian digigit oleh nyamuk. Karena gigitan nyamuk inilah yang mengedarkan virus plasmodium malaria dengan bantuan air liur nyamuk masuk ke peredaran darah kalian.

ads

Nyamuk yang sering menebarkan Virus penyebab demam dengue malaria adalah nyamuk Anopheles betina. Kalian harus segera menangani penyakit ini ketika gejalanya sudah mulai terlihat. Berikut gejala demam malaria yang harus kalian ketahui.

1. Demam yang Berkepanjangan

Pada saat kalian terkena gejala demam malaria, biasanya tubuh akan mengalami demam diatas 38° Celcius. Bahkan demam yang kalian alami biasanya akan berlangsung kurang lebih 3 hari bahkan bisa sampai satu minggu. Tapi demam ini tidak dapat turun hanya dengan pemberian antibiotik maupun dengan obat penurun demam. Bahkan tidak jarang juga ada yang mengalami  kejang-kejang hingga mengigau pada saat terkena demam berkepanjangan tinggi yang berkepanjangan.

2. Muncul Bintik-bintik Merah

Sama seperti  demam panas malaria akan membuat timbulnya bintik-bintik merah di tubuh kalian. Yang anehnya, jika kalian menekan bintik merah menggunakan jari ataupun tangan tidak akan hilang begitu saja. Bintik-bintik merah biasanya berwarna merah tua pada orang dewasa serta berwarna merah muda pada anak-anak.

3. Perut Terasa Nyeri dan Mual-mual

Ketika tubuh mulai demam tinggi serta mulai timbul bintik-bintik merah biasanya akan diikuti dengan perut yang terasa nyeri serta mual-mual. Ini akan membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman, karena rasa mual seringkali datang terus menerus diserta dengan badan panas dan berkeringat dingin

4. Kepala Pusing

Demam dan sakit kepala akan seringkali dikuti dengan otot-otot yang tegang disekitar kepala serta leher. Kepala seringkali merasa pusing yang biasanya akan datang dan pergi dengan tidak tentu. Kondisi ini biasanya akan membuat kalian menjadi tidak dapat berpikir serta konsentrasi.

5. Tubuh Pegal-pegal Luar Biasa

Demam tinggi berkepanjangan seringkali diserta otot tubuh yang mengerut serta menegang. Ini akan mengakibatkan aliran darah jadi tersendat sendat. Bahkan bisa memicu munculnya rasa pegal-pegal di sekujur badan. Terutama didaerah punggung serta bagian bahu belakang seringkali terasa nyeri. Apalagi jika kalian mencoba untuk menggerakkannya.

6. Tubuh Berkeringat Dingin

Pada saat demam infeksi parasit malaria akan merusak beberapa jaringan kelenjar keringat. Sehingga pada saat demam, keringat akan berlebihan. Inilah yang akan membuat kalian merasa dingin serta menggigil. Biasanya ini akan berlangsung beberapa menit hingga satu jam.

7. Muntah-muntah

Pada saat kalian terkena malaria, kalian akan sering mengalami muntah-muntah. Karena perutnya terasa tertekan serta penuh. Bahkan perut akan terasa kembung serta tidak nyaman pada ulu hati dan juga lambung sehingga sering membuat muntah-muntah.

Sponsors Link

8. Nafsu Makan Hilang

Tidak hanya muntah-muntah saja, gejala demam malaria juga akan membuat tubuh menjadi lemas. Bahkan seringkali kehilangan nafsu makannya untuk beberapa hari bahkan selama kalian terkena demam malaria.

Kondisi ini bisa membuat tubuh memiliki gangguan yang lainnya.  Seperti anemia serta kekurang gizi, jika kalian membiarkannya ini akan menyebabkan kematian.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan