Sponsors Link

Manfaat Cacing Untuk Demam – Cara Mengolah dan Mengkonsumsi

Sponsors Link

Cacing tanah atau pheretima aspergillum sudah sangat banyak digunakan sebagai ramuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sedangkan dalam pengobatan tradisional, cacing tanah juga sering digunakan untuk menyembuhkan radang sendi, demam, sakit gigi, tipes dan berbagai penyakit lainnya. Cacing tanah ini biasanya bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul ekstrak cacing tanah atau ramuan.

ads

Sedangkan jenis cacing tanah yang biasa digunakan untuk obat adalah cacing kalung atau long dan juga limbricus rubellus. Untuk lebih jelas tentang manfaat cacing untuk demam lengkap dengan cara pengolahan dan cara mengkonsumsinya bisa dilihat dalam artikel kami berikut ini.

Manfaat Cacing Untuk Demam

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika dalam cacing mengandung beberapa khasiat yang tidak hanya ampuh untuk menurunkan segala jenis demam, namun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit lainnya. Sementara manfaat cacing untuk demam diantaranya adalah:

  1. Mengandung Anti Bakteri

Dalam cacing mengandung khasiat anti bakteri yang berasal dari protein. Kandungan ini didapat dari hasil ekstrasi cacing tanah yang bisa menghambat perkembangan bakteri gram negatif escherichia coli, staphilococcus aureus, shigella dysenterica dan juga salmonella thyp sehingga bisa mengatasi peradangan yang bisa menyebabkan demam atau panas tinggi.

  1. Menurunkan Suhu Tubuh

Kandungan lain yang ada dalam cacing adalah arachidonicacid yang sangat ampuh untuk menurunkan panas suhu tubuh saat demam. Zat tersebut juga bisa menghambat perkembangan kuman salmonella typhimurium dan beberapa jenis bakteri lain yang tidak hanya menyebabkan demam tinggi namun juga penyakit lain seperti diare.

  1. Mengatasi Infeksi Virus

Kandungan protein dalam cacing juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga demam virus yang masuk ke dalam tubuh bisa dicegah sehingga tidak timbul gejala dari demam. Infeksi yang disebabkan virus tersebut bisa berdampak serius jika menyerang organ penting dalam tubuh dan untuk mencegah virus tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan ekstrak cacing.

  1. Mencegah Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang juga bisa menyebabkan demam tinggi juga bisa dicegah dengan menggunakan cacing yakni dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Infeksi yang terjadi karena jamur protozoa penyebab penyakit toksoplasmosis penyebab tubuh mengalami demam menggigil.

Cara Mengolah Cacing Untuk Demam

Untuk cara mengolah cacing sebagai obat penurun demam berkepanjangan sekaligus obat mengatasi penyakit lainnya bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti sangrai dan rebus seperti beberapa cara berikut ini.

Sponsors Link

  • Sangrai: Panaskan kuali gerabah lalu sangrai cacing yang sudah dibersihkan seperti saat menyangrai kopi. Sesudah kering maka lanjutkan dengan menghaluskan cacing hingga lembut lalu masukkan dalam kapsul kosong.
  • Rebus: Untuk mengolah cacing dengan cara direbus bisa dilakukan dengan merebus air sampai mendidih lalu masukkan cacing dan biarkan hingga matang. Tambahkan dengan teh pada air rebusan untuk menghilangkan bau anyir.

Cara Mengkonsumsi Cacing Untuk demam

Seperti cara pengoalahannya, untuk cara mengkonsumsi cacing untuk menurunkan demam panas pada anak ataupun dewasa juga bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda yakni:

  • Untuk cacing yang disangrai bisa dimasukkan dalam kapsul dan diminum sebanyak 3 kali sehari sebanyak 1 kapsul sebelum atau sesudah makan.
  • Sedangkan untuk cacing yang diolah dengan cara rebus bisa dikonsumsi dengan cara Mendiamkan cacing yang sudah direbus selama 5 menit lalu langsung minum selagi masih hangat dan hindari mendiamkan air terlalu lama karena bisa menimbulkan bau tidak sedap.
  • Cara mengkonsumsi bubuk cacing juga bisa dilakukan dengan memasukkan bubuk cacing ke dalam tapai dan ditelan bersama dengan air.
    Sponsors Link

Efek Samping Mengkonsumsi Cacing

Selain memiliki beberapa kegunaan yang positif sebagai salah satu obat penurun demam yang bagus, mengkonsumsi cacing juga memiliki beberapa efek samping yang bisa menimbulkan masalah pada tubuh.

  • Memberikan cacing pada penderita demam memang bisa menyembuhkan namun juga bisa meningkatkan risiko infeksi cacing pada saluran pencernaan jika dosis yang diberikan terlalu berlebihan.
  • Mengkonsumsi cacing dalam jangka panjang juga bisa yang belum diuji secara medis juga tentunya meningkatkan potensi zat berbahaya yang terkandung dalam cacing dan mengendap di dalam tubuh manusia.

Manfaat cacing untuk demam panas memang sudah digunakan sejak dulu sebagai pengobatan tradisional. Selain itu juga bisa digunakan untuk beberapa pengobatan lain seperti masalah pembekuan darah, kelelahan, obat tifus dan masih banyak lagi yang lain. Pastikan untuk mencuci cacing yang akan digunakan sampai bersih dan mengolahnya secara benar agar terhindar dari efek samping yang bisa ditimbulkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan