Sponsors Link

15 Cara Mengobati Demam Tulang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Sesuai dengan namanya, penyakit demam tulang disebut demikian karena penyakit ini mempunyai gejala demam disertai nyeri tulang. Masyarakat lebih mengenal namanya demam chikungunya atau flu tulang. Gejalanya mirip dengan gejala demam berdarah pada orang dewasa dan anak, yaitu demam tinggi, nyeri sendi, dan timbul bintik merah. Namun, tidak seberbahaya demam berdarah yang menyebabkan kematian. Termasuk demam infeksi tidak dapat diobati, hanya dikurangi gejalanya hingga tidak menimbulkan komplikasi.

ads

Masa inkubasi virus demam tulang sekitar 2 sampai 7 hari. Selama itu, gejala dirasakan akan bertambah banyak jika tidak segera diobati. Beberapa cara mengobati demam tulang, antara lain ;

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tetap konsumsi makanan bergizi, makanan penurun demam orang dewasa dan anak, seperti bubur, buah penurun panas dewasa dan anak, dan lain-lain harus dilakukan penderita demam tulang. Makanan bergizi, terutama yang mengandung protein (membangun sel yang rusak) dan vitamin C (meningkatkan kekebalan tubuh).

  1. Istirahat

Sama dengan jenis demam infeksi lain, pengobatan demam tulang harus diiringi dengan istirahat. Istirahat membuat tubuh menghemat energi dan fokus pada perlawanan terhadap penyakit.

  1. Minum Air Putih

Demam infeksi virus dapat dikurangi gejalanya dengan minum air putih. Air putih juga menurunkan panas dari dalam tubuh.  Fungsi utama air putih ketika sakit adalah mencegah dehidrasi.

  1. Obat Kimia

Cara mengobati demam tulang salah satunya dengan cara mengurangi gejala panas, demam sakit kepala, dan nyeri tulang. Obat kimia termasuk sangat cepat bereaksi. Obat kimia yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter adalah antipiretik dan analgesik. Paracetamol, ibuprofen, dan naproxen jenisnya. Sanmol, contoh merek yang mengandung paracetamol.

  1. Obat Luar

Obat luar yang dimaksud adalah obat kimia tetapi tidak dikonsumsi. Umumnya berupa salep yang dioleskan ke seluruh tubuh untuk mengatasi nyeri sendi atau nyeri tulang. Contoh salepnya kortikosteroid tropikal.

  1. Lempuyang Emprit dan Kunyit

Kedua jenis rimpang khas Indonesia, lempuyang emprit dan kunyit, dapat disatukan dan diambil sarinya. Airnya dapat diminum 3 kali sehari. Hanya saja penggunaannya tidak boleh dicampur dengan obat kimia. Ramuan ini berfungsi menurunkan demam panas, meningkatkan imunitas, dan menambah nafsu makan.

Sponsors Link

  1. Jahe dan Madu

Teh jahe atau minuman sari jahe yang dicampurkan dengan madu, berkhasiat sebagai anti inflamasi. Berarti, selain menghangatkan jahe juga anti peradangan yang membantu mengatasi demam tulang. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari.

  1. Sambiloto

Di desa, tumbuhan sambiloto dengan mudah ditemukan. Sehingga sejak dulu, orang yang menderita demam tulang dapat meminum ramuan 10 gr daun sambiloto yang direbus dengan 200 ml air hingga air tinggal setengahnya. Jika ingin rasanya lebih enak, bisa dicampur satu sendok madu atau gula aren. Minum rebusannya 3 kali sehari.

ads

  1. Daun Bandotan

Daun bandotan dapat dibuat ramuan mengobati demam tulang dengan cara sama seperti sambiloto.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa mengandung banyak ion yang berguna bagi tubuh. Di mana ion tersebut banyak hilang ketika demam panas. Minum air kelapa muda rasanya menyegarkan, sehingga penderita sakit akan suka. Air kelapa mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh bersama air seni.

  1. Pegagan

Pegagan termasuk jenis tumbuhan atau obat herbal demam panas. Konsumsi sari dari pegagan dengan cara seperti yang sudah ditunjukkan bahan alami lain di atas. Pegagan dapat juga dikombinasi dengan tumbuhan lain sebagai pengobatan.

  1. Jintan Hitam

Tidak banyak orang menggunakan jintan hitam sebagai bahan pengobatan. Padahal selain sebagai bumbu dapur, banyak kandungan jintan hitam yang sangat bermanfaat. Di antaranya adalah menghentikan virus. Perkembangan virus demam tulang terhambat dengan konsumsi jintan hitam.

  1. Kompres

Salah satu manfaat kompres selain menurunkan panas adalah membuat penderita sakit merasa lebih nyaman. Dengan demikian, kompres dapat juga meredakan nyeri tulang atau merupakan salah satu cara mengobati demam tulang. Khususnya kompres daun penurun panas badan menggunakan daun singkong.

  1. Meniran

Sari dari daun meniran dapat menyembuhkan demam, khususnya demam berdarah dan demam tulang yang berasal dari virus. Kandungan meniran adalah anti inflamasi, sehingga dapat menghentikan peradangan dan demam tulang segara disembuhkan.

  1. Dokter

Apabila cara mengobati demam tulang yang dikemukakan di atas, tidak menunjukkan hasil yang signifikan, maka sebaiknya penderita konsultasi ke dokter. Konsultasi ke dokter diperlukan guna menghindari komplikasi.

Siapapun tidak ingin sakit. Meskipun pengobatan alami sering dikatakan pengobatan murah, nmun rasa sakit bukan hal yang nyaman. Cara mengobati demam tulang yang dikemukakan di atas hanyalah alternatif. Tergantung tingkat keparahan dan seberapa jauh kedisiplinan pengobatan di rumah.   Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan