Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Demam Menggigil Pada Orang Dewasa

Sponsors Link

Penyakit datangnya tiba-tiba. Demam menggigil tidak diketahui alasan dan kapan datangnya. Terkadang orang dewasa menganggapnya sebagai demam biasa. Namun, demam tersebut menjadi demam menggigil yang tidak terkendali. Sebenarnya demam menggigil adalah reaksi otot yang berulang-ulang dalam menghadapi demam panas tinggi. Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. Dan hal tersebut akan dibahas di bawah ini.

ads
  1. Minum Jahe Hangat

Minum jahe hangat akan membantu menghangatkan tubuh dari dalam. Dengan minum jahe yang banyak mengandung anti oksidan dan anti bakteri, maka tubuh juga akan melawan infeksi yang masuk. Cara membuat minuman jahe sangat mudah. Hanya dengan membersihkan beberapa siung jahe dan memasaknya dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas. Dapat juga memanfaatkan jahe instan yang saat ini banyak dijual. Sangat cocok untuk demam selesma karena melegakan pernapasan.

  1. Minum Teh Herbal

Jika tidak ada jahe, minum teh herbal hangat juga akan sangat membantu. Saat ini banyak toko herbal yang menjualnya. Cara menyediakannya sama dengan teh biasa.

  1. Istirahat

Demam gigil kebanyakan menandakan bukan gejala demam biasa. Oleh karena itu, meskipun terjadi pada orang dewasa maka harus istirahat. Dengan istirahat akan membuat energi tubuh lebih fokus pada mengatasi penyakit.

  1. Minum Air Putih Hangat

Minum air putih hangat akan sangat membantu mengatasi badan demam tapi kedinginan. Air putih juga akan memperlebar pembuluh darah di bawah kulit sehingga penguapan panas akan lebih cepat.

  1. Kompres

Kompres penurun panas sangat efektif juga untuk mengatasi demam menggigil. Kompres tidak hanya bagus untuk anak-anak. Kompres akan membuat penderita merasa lebih nyaman. Bahkan plester kompres demam untuk dewasa juga ada.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih membantu menghangatkan tubuh penderita demam menggigil orang dewasa. Minyak kayu putih dapat dioleskan ke seluruh tubuh atau bagian-bagian tertentu saja. Demam disertai sakit kepala juga akan lebih nyaman jika tubuh lebih hangat.

  1. Lemon dan Kayu Manis

Minum perasan lemon yang dicampur kayu manis akan menyegarkan. Kandungan anti bakteri di dalam keduanya akan bekerja sama mengatasi demam menggigil. Kandungan vitamin C pada lemon akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Sup Hangat

Sup hangat dengan kaldu ayam sangat diyakini berbagai orang di dunia akan menghangatkan tubuh. Sup ini mengatasi demam hidung tersumbat dan demam flu. jangan gunakan daging merah sebagai campuran karena lemak daging sulit dicerna dan termasuk makanan penyebab demam tinggi.

Sponsors Link

  1. Minum Madu

Manfaat madu untuk demam yang dikonsumsi secara teratur akan membantu menstabilkan suhu tubuh. Madu juga menghasilkan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan anti oksidan. Konsumsi madu, khususnya pada demam pada  pasien TBC akan mengatasi demam menggigil pada orang dewasa.

  1. Konsumsi Sari Kurma

Konsumsi sari kurma hampir sama fungsinya dengan madu. Kurma sangat mudah dicerna tubuh, sehingga dapat dikatakan termasuk makanan untuk orang sakit. Kurma cocok bagi penderita demam typoid dan diare demam menggigil yang dalam masa penyembuhan.

Sponsors Link

  1. Mengenakan Baju Biasa

Demam menggigil tidak diketegorikan keidnginan karena suhu udara di sekitar yang sangat tinggi. Demam menggigil lebih dikarenakan reaksi atas suhu tubuh yang panas. Maka, mengatasi demam menggigil pada orang dewasa tidak perlu dengan baju tebal dan selimut. Cukup mengenakan baju biasa yang menyerap keringat dan selimut tipis. Baju tebal akan mengakibatkan panas terperangkap dalam tubuh dan akan meningkat. Resiko demam menggigil akan semakin besar.

  1. Obat Penurun Panas

Obat penurun panas badan merupakan salah satu cara mengatasi demam menggigil pada orang dewasa.  Karena penyebab demam menggigil adalah infeski dan peningkatkan suhu tubuh.  Dengan menurunnya panas, maka demam menggigil juga akan hilang

  1. Konsutasi dengan Dokter

Langkah terakhir dalam mengatasi demam menggigil pada orang dewasa adalah dengan konsultasi ke dokter jika demam berkepanjangan atau nampak ada gejala penyakit yang tidak biasa.

Itulah beberapa langkah mengatasi demam menggigil pada orang dewasa. Meskipun demikian, tetap lebih baik jika kita mencegah datangnya penyakit dengan tetap berusaha menerapkan pola hidup sehat bagi diri sendiri dan lingkungan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan