Sponsors Link

12 Obat Demam Menggigil yang Wajib Diminum

Sponsors Link

Demam gigil atau demam menggigil sebenarnya bagian dari demam panas. Berbeda dengan apa yang disebut dengan meriang. Meriang adalah perasaan tubuh yang tidak nyaman, sebelum atau saat demam panas terjadi. Sementara menggigil berkaitan dengan perasaan kedinginan, yang ditandai dengan gerakan otot secara berulang. Hal tersebut yang kemudian disebut menggigil.

ads

Jadi, demam menggigil adalah kondisi di mana seseorang merasa kedinginan sementara jika dipegang suhu tubuh panas. Begitu pula dengan kondisi lingkungan. Tidak dingin sama sekali. Umumnya demam menggigil ini terjadi karena adanya infeksi dalam tubuh atau demam infeksi. Dan karena demam ini berkaitan dengan demam panas, maka obat demam menggigil juga tidak berbeda jauh. Obat demam menggigil diuraikan di bawah ini.

1. Obat Penurun Demam

Jika penderita ingi mengonsumsi obat yang cepat dirasakan menurunkan demam, obat kimia atau obat penurun panas badan menjadi pilihan. Acetaminophen adalah obat yang paling aman. Banyak dijual bebas dengan berbagai merek. Di antaranya adalah Sanmol.

2. Air Putih

Demam menggigil umumnya terjadi karena panas yang tinggi, misalnya pada demam thypoid. Dengan kondisi ini, penderita minimal konsumsi air putih 2 liter per hari. Air putih akan membantu menurunkan panas dan mengatasi dehidrasi yang mungkin terjadi.

3. Istirahat

Istirahat wajib dilakukan jika seorang yang terkena demam menggigil ingin segera pulih. Istirahat akan memberikan ruang bagi tubuh untuk melawan penyakit.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Penderita sakit apa saja, gejala demam biasa atau berbahaya tetap harus makan bergizi. Makanlah sedikit-demi sedikit. Termasuk makanan bergizi adalah buah penurun panas, sayuran, makanan yang mengandung protein, dan sebagainya.

5. Ginseng

Ginseng terkenal sebagai obat yang menghasilkan banyak energi berasal dari China. Energi yang dihasilkan ginseng dapat dengan cepat memulihkan stamina penderita sakit. Selain itu, ginseng juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

6. Teh Hijau

Minum teh, membuat tubuh merasa lebih nyaman. Demam akibat radang tenggorokan akan merasa lebih ringan. Teh hijau mengandung 6 jenis antioksidan, sehingga bersifat anti virus. 

Sponsors Link

7. Madu

Manfaat madu untuk penurun demam tidak diragukan lagi. Manis madu yang bukan dari gula biasa membuatnya cepat menghasilkan energi. Sekarang ini banyak ditemui madu dari berbagai jenis pohon.

8. Kunyit

Kunyit, rimpang kuning khas Indonesia yang kaya manfaat di bidang kesehatan. Jika dikonsumsi tidak berlebihan akan sangat baik sebagai obat demam menggigil. Kunyit ini mengandung antibiotik alami.

9. Makanan Yang Mengandung Zinc

Makanan yang mengandung Zinc akan meningkatkan kekebalan tubuh. Zinc juga biasanya berkaitan erat dengan protein yang membangun sel tubuh rusak. Makanan zinc sebenarnya termasuk dalam makanan bergizi. Namun, sebagai obat demam menggigil dituliskan sebagai item terpisah karena sangat penting diperhatikan. Makanan yang banyak mengandung zinc , antara lain jamur, bayam, udang, dan kepiting.

10. Kompres

Kompres penurun panas dengan cara yang benar dapat membuat tubuh menurunkan panas dan lebih nyaman. Plester kompres demam untuk anak dapat digunakan jika ingin praktis. Begitu pula degan daun penurun panas, seperti daun pepaya untuk penderita demam tinggi. 

Sponsors Link

11. Kumur Air Garam

Air garam dapat disebut sebagai antibiotik alami. Jika panas tinggi dialami, maka berkumur dengan air garam akan sangat membantu. Di apotek dijual garam Epsom yang dapat digunakan dan ditambahkan dengan air untuk mandi. Terapi ini sama dengan kompres, menurunkan suhu tubuh dan membuat lebih nyaman.

12. Kurma

Kurma berkhasiat mirip dengan madu. Kurma menghasilkan banyak energi. Beberapa orang meyakini akan membantu meningkatkan trombosit pada penderita demam denggi berdarah.

Demikian obat demam menggigil. Jika sakit terus berlanjut lebih dari 3 hari, demam berkepanjangan, demam naik turun, sesak napas, keluar bintik merah setelah demam turun, kejang demam, dan penderita semakin lemas, maka segeralah bawa ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosa dengan penanganan cepat dan tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan