Sponsors Link

12 Obat Tradisional Penurun Panas Bayi 8 Bulan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Balita khususnya bayi berusia 8 bulan belum mempunyai kekebalan tubuh yang sempurna. Oleh karena itu seringkali mereka mudah terserang demam panas, akibat dari reaski tubuh terhadap adanya infeksi. Bahkan terkadang bayi juga dapat mengalami demam tanpa disebabkan infeksi atau demam non infeksi. Menggunakan obat tradisional pada bayi demam panas waktu malam atau bayi yang panas memang tidak secepat reaksi obat kimia atau obat sintetik. Namun, ini merupakan cara yang relatif lebih aman, khususnya bila panas hanya merupakan gejala demam biasa, demam selesma, dan bayi bukan penderita kejang demam. Di bawah ini ada beberapa obat tradisional penurun panas bayi 8 bulan tersebut.

ads
  1. Minum Sebanyak Mungkin

Sama dengan penderita demam panas lain, bayi berusia 8 bulan juga harus banyak konsumsi air putih agar mempercepat turunnya panas dan mencegah dehidrasi. Selain itu, bagi bayi yang masih konsumsi ASI, teruslah diberikan ASI sesering dan sebanyak mungkin. ASI meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

  1. Madu Anak

Manfaat madu untuk demam anak sangat dipercaya sejak zaman dahulu sebagai penurun panas. Meskipun pada awalnya kebanyakan madu tidak cocok untuk anak usia di bawah 2 tahun, namun saat ini mulai banyak diproduksi madu untuk anak yang bahkan bisa dikonsumsi bayi. Selain menurunkan panas, madu cepat memulihkan energi yang hilang.

  1. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat menyegarkan jika diminum. Air ini mempunyai kandungan anti racun dan tannin yang menurunkan panas. Air ini juga cukup aman diminum bagi bayi yang berusia 8 bulan.

  1. Kompres Air Hangat

Sejak puluhan tahun yang lalu, kompres penurun panas sangat diyakini khasiatnya. Para ahli kesehatan sudah membuktikannya dengan berbagai penelitian. Kompreslah bayi yang panas dengan handuk yang dibasahi air hangat. Letakkan kompres di dahi, di ketiak, dan di lipatan paha.

  1. Konsumsi Buah

Bayi berusia 8 bulan umumnya sudah konsumsi makanan pendamping selain ASI. Buah-buahan juga diberikan. Tingkatkan pemberian buah-buahan saat bayi panas. Buah-buahan seperti melon, apel, pisang, papaya, dan jeruk sangat baik sebagai penurun panas. Buah ini juga banyak mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Temulawak

Sari temulawak termasuk rimpang penurun panas yang bisa dikonsumsi bayi. Obat tradisional penurun panas bayi 8 bulan ini mengandung curcumin dan tannin, sehingga menurunkan panas dan meningkatkan nafsu makan yang biasanya hilang saat sakit.

  1. Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek mengadung berbagai kandungan yang berguna bagi kesehatan. Di antaranya sebagai penurun panas, obat asma, obat sakit gigi, dan sebagainya. Sebagai obat penurun panas, daun cocor bebek hanya perlu ditumbuk halus dan dijadikan nama kompres penurun panas. Letakkan tumbukan di dahi bayi selama beberapa menit dan gantilah setiap 15 sampai 30 menit sekali hingga panas turun. 

Sponsors Link

  1. Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk demam anak cukup aman bagi bayi tanpa harus dikonsumsi. Tingginya kandungan minyak atsirinya membuat bawang merah cukup diris tipis dicampurkan dengan minyak kepala atau baby oil, dan dibalurkan ke seluruh tubuh, maka akan menurunkan panas.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Meskipun bayi sakit dan nafsu makan menurun, usahakan terus memberi ASi dan tetap diberi makan yang bergizi meskipun sedikit. Makanan yang bergizi akan membantu mengingkatkan daya tahan tubuh dan mengganti sel dan jaringan rusak sehingga pemulihan cepat terjadi.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga mempunyai banyak kandungan yang sangat berguna mengatasi berbagai penyakit. Di antaranya asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, falavonoid, dan lain-lain yang dapat menurunkan panas bayi, obat pegal linu, dipteri, dan lain-lain. Caranya hanya dengan mencamuprkan perasan jeruk nipis dengan minyak telon dan mengoleskannya ke seluruh tubuh bayi. 

Sponsors Link

  1. Istirahat Cukup

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi harus cukup istirahat bila sakit. Ajaklah bayi yang sakit untuk selalu berada di dalam rumah agar aktivitasnya berkurang. Ini akan membantu menurunkan panas dan pemulihan dari demam infeksi.

  1. Daun Singkong

Daun singkong selain dapat dijadikan sayur, ternyata dapat dijadikan daun penurun panas bayi, Caranya hanya dengan menjadikannya sebagai kompres dengan menumbuk halus dan mencampur dengan minyak kelapa.

Cukup banyak bukan obat tradisional penurun panas bayi 8 bulan? Selama bayi tidak menunjukkan gejala atau jenis demam yang berbahaya, maka hal di atas bisa dilakukan hingga 3 hari. Jika demam anak lebih dari 3 hari, maka segeralah bawa ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan