Sponsors Link

14 Penyebab Suhu Badan Panas di Malam Hari yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Pernah mengalami suhu badan hanya panas di malam hari? Atau demam panas baru terasa di malam hari padahal siangnya masih normal? Memang umumnya suhu badan baru terasa meningkat ketika malam hari. Ini dikarenakan pada malam hari suhu lingkungan berubah drastis, sehingga kondisi tertentu menyebabkan suhu badan naik. Ada juga penyebab atau penyakit tertentu yang membuat demam panas di malam hari. Artikel ini akan membahas hal tersebut.

ads

Penyebab suhu badan panas di malam hari, yaitu :

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh, meskipun sedikit kemungkinan menyebabkan panas tubuh. Karena ketika dehidrasi, semua organ tubuh berusaha menutupinya dan bekerja keras. Salah satu caranya adalah dengan memberi sinyal demam panas.

2. Perubahan Suhu

Ketika siang berganti menjadi malam, terkadang perubahan suhu ekstrim terjadi. Dari panas terik menjadi dingin. Khususnya di musim hujan. Kondisi perubahan suhu lingkungan membuat tubuh menyesuaikan diri dengan mengeluarkan panas atau sebaliknya, demam menggigil di malam hari.

3. Pancaroba

Musim pergantian hujan ke panas atau panas kehujanan disebut musim pancaroba. Saat ini, suhu badan berusaha menyesuaikan diri lebih keras. Pancaroba membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit dan timbul panas di malam hari.

4. Pakaian Tebal

Pakaian yang terlalu tebal membuat panas tubuh terperangkap di dalam. Panas yang terperangkap akan membuat suhu tubuh terus meningkat. Oleh karena itu, orang yang mengalami demam tinggi dan sesak napas tidak dianjurkan untuk menggunakan pakaian dan selimut tebal.

5. Kelelahan

Tubuh yang beraktivitas terlalu banyak, tidak disertai istirahat dan makan cukup, akan kelelahan. Kelelahan akan memicu suhu badan panas saat malam hari.

6. Tifus

Gejalanya demam thypoid atau demam parathypoid yang paling khas adalah masalah pada pencernaan dan panas di malam hari. Penderita yang minum obat penurun panas badan, seperti Sanmol, akan turun panasnya. Namun, saat malam demam akan kembali meninggi.

7. Radang Tenggorokan

Demam akibat radang tenggorokan tidak tergolong berbahaya. Termasuk demam infeksi karena bakteri dengan gejala sakit pada tenggorokan.  

Sponsors Link

8. TBC

Demam pada pasien TBC seringkali dianggap remeh atau hampir tidak terdeteksi. Ketika kekebalan semakin menurun, penderita mudah diserang penyakit lain. Gejala khas lain dari TBC di antaranya, suhu badan panas di malam hari, tetapi menggigil.

9. Demam Berdarah

Sama dengan demam infeksi karena virus yang lain, demam berdarah dengue menyebabkan suhu badan panas di malam hari. Setelah beberapa hari turun, masuk periode kritis. Kemudian, suhu badan akan meningkat kembali.

10. HIV

Virus HIV atau virus penyebab AIDS yang sampai saat ini belum ada obatnya menjadi salah satu penyebab suhu badan panas di malam hari. Virus ini juga menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Akibatnya berbagai penyakit dapat hinggap.

11. Malaria

Sama dengan dengan dengue, penyakit yang dibawa virusnya oleh nyamuk ini membuat panas di malam hari. Sedikit pembedanya, demam malaria membuat demam menggigil dan keringat dingin

Sponsors Link

12. Infeksi Virus Lain

Infeksi virus lain, seperti demam flu pada anak, demam batik pilek, dan demam selesma menimbulkan panas di malam hari. Anak-anak yang meski sakit tetap beraktivitas kebanyakan mengalaminya.

13. Bronkitis

Bronkitis, penyakit yang menyerang paru-paru,menyebabkan suhu meningkat di malam hari. Ini dikarenakan suhu malam hari yang menurun membuat penyakit ini lebih terasa.

14. Aktivitas di Bawah Sinar Matahari

Terlalu lama beraktivitas di ruang outdoor atau di bawah sinar matahari langsung menyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan lain-lain. Akibatnya, saat malam hari akan istirahat dirasakan tubuh menjadi panas.

Tidak semua penyebab suhu badan panas di malam hari indikasi berbahaya. Namun, jika terjadi beberapa hari kita harus mengetahui segera, agar tindakan cepat bisa dilakukan. Kemungkinan komplikasi atau dengan akut bisa dihindari.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyakit