Sponsors Link

Benarkah Putih Telur Bisa Menurunkan Demam Atau Hanya Mitos?

Sponsors Link

Banyak orang yang beranggapan dan sudah sering menggunakan putih telur untuk menurunkan demam. Sebuah kain akan direndam dalam putih telur yang kemudian ditempelkan pada telapak kaki penderita demam kemudian dibungkus kembali dengan kaus kaki agar kain tersebut tidak bergerak. Saat kain sudah kering dan berubah menjadi hangat, maka kain tersebut akan diganti dan dicelupkan kembali dengan putih telur dan dilakukan selama berulang kali hingga demam tersebut bisa reda. Namun, apakah benar putih telur bisa menurunkan demam?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Pengertian Tentang Demam

Seseorang bisa dikatakan mengalami gejala demam jika suhu tubuh naik dan berada diatas kondisi normal. Demam sendiri bukanlah penyakit namun menjadi pertahanan tubuh saat menghadapi penyakit atau infeksi. Demam juga bisa terjadi karena beberapa faktor lain seperti terbakar sinar matahari, infeksi seperti flu, pneumonia dan selesma, peradangan, keracunan makanan, kanker dan juga mengkonsumsi obat antibiotik, antiepilepsi dan juga antihipertensi.

Sementara untuk obat penurun demam yang bagus tergantung dari seberapa parah demam tersebut. Demam ringan yang tanpa disertai dengan gejala lain biasanya tidak memerlukan penanganan medis khusus dan minum air putih cukup dan istirahat sudah cukup ampuh untuk mengatasi demam. Akan tetapi jika sudah diikuti dengan beberapa tanda, maka sangat disarankan untuk membawa bayi anda segera ke dokter. Beberapa kondisi bayi yang membutuhkan penanganan dokter lebih lanjut diantaranya adalah:

  • Bayi berumur kurang dari 3 bulan dan suhu tubuh sudah melebihi 38 derajat celcius.
  • Bayi berumur 3 hingga 6 bulan dengan suhu tubuh mencapai 38.9 derajat celcius atau lebih.
  • Bayi berumur 6 hingga 24 bulan dengan suhu tubuh melebihi 38.9 derajat celcius.

Sedangkan untuk perawatan anak demam tinggi disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ketika beberapa gejala dibawah ini terjadi.

  • Anak terlihat lemas
  • Anak baru saja mendapatkan imunisasi
  • Suhu tubuh sudah melebihi 39 derajat celcius
  • Demam sudah melebihi tiga hari
  • Anak tidak bisa melakukan kontak mata dengan baik
  • Anak memiliki penyakit serius atau sistem kekebalan tubuh yang menurun atau terganggu.

Sedangkan untuk demam orang dewasa, maka ada beberapa gejala yang harus diwaspadai seperti beberapa diantaranya adalah:

  • Demam panas sudah melebihi tiga hari
  • Suhu tubuh sudah meningkat hingga melebihi 39.4 derajat celcius
  • Orang dewasa memiliki penyakit serius atau sistem kekebalan tubuh yang mengalami gangguan. 
    Sponsors Link

Sedangkan cara terbaik untuk mencegah segala jenis demam bisa dilakukan dengan cara meminimalisir paparan agen infeksius berupa bakteri atau virus sebab agen infeksius bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat. Selain itu, pastikan juga untuk mencuci tangan dengan teratur sebelum makan, sesudah menggunakan toilet dan sesudah bertemu dengan banyak orang. Pastikan anda selalu mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir.

Apakah Putih Telur Berkhasiat?

Putih telur memang sudah banyak digunakan untuk menurunkan demam berkepanjangan, namun sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah dan hanya sekedar bukti anekdotal yakni hanya berdasarkan pengalaman seseorang dan juga bukan dalam jumlah yang banyak yang bisa mendukung kredibilitas mengenai hal ini. Satu satunya penjelasan yang sering dikatakan adalah putih telur bisa menyerap panas tubuh lewat kelenjar keringat pada bagian telapak kaki sehingga bisa meredakan demam atau memindahkan panas dari kepala dan juga tubuh ke bagian atas telapak kaki. 

Sponsors Link

Mengoleskan putih telur sebenarnya bukanlah cara yang dianjurkan untuk menurunkan demam dan juga bukan cara mengobati panas dingin. Putih telur memang mungkin saja bisa mengatasi rasa tidak nyaman ketika sedang demam namun hanya sebatas itu saja. Sedangkan cara terbaik untuk menurunkan demam adalah dengan cara mengenali penyebab dari demam yang terjadi kemudian diobati sesuai dengan penyebabnya atau sesuai dengan anjuran dokter.

Demikian ulasan dari kami tentang anggapan jika putih telur bisa menurunkan demam yang sudah sangat sering digunakan sejak dulu sebagai salah satu cara menurunkan demam. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk anda sekaligus menambah informasi seputar berbagai kebiasaan orang dalam mengatasi demam.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan