Sponsors Link

4 Jenis Tanaman Herbal Untuk Demam yang Mudah Didapat

Sponsors Link

Untuk mengatasi demam, umumnya orang akan langsung minum obat demam seperti obat panas seperti aspirin atau parasetamol. Namun sebenarnya, ada beberapa jenis tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi demam dengan ampuh bahkan tidak kalah cepat jika dibandingkan dengan obat sintetik yang bisa dibeli bebas di warung dan juga apotik. Kelebihan dari tanaman herbal untuk demam adalah tidak menyebabkan efek samping karena efek toksisitas yang dihasilkan dari tanaman herbal terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan obat obatan. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis tanaman herbal untuk demam yang bisa anda temukan dengan mudah di rumah sebagai solusi mengatasi demam secara alami.

ads
  1. Kina [Cinchona Ledgeriana]

Tumbuhan kina jenis Chincona ledgeriana merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dikenal sebagai obat obatan untuk mengatasi banyak penyakit. Kina sudah sejak lama sering digunakan untuk mengatasi malaria, penyakit jantung, kejang otot, demam berkepanjangan dan beberapa jenis penyakit lainnya. Dalam tumbuhan kina ini mengandung senyawa saponin, alkaloida, terpenoid, kinidin, sinkonin dan juga sinkonidin. Salah satu senyawa dalam tumbuhan kina yakni kinin merupakan bahan tonikum, antipretikum, antimalaria dan juga mengandung bahan aktif yang berguna untuk menurunkan panas. Sementara kinidin dipakai untuk obat jantung dan juga antimalaria untuk penderita yang alergi terhadap kinin.

  • Untuk membuat ramuan demam, seduh sekitar 2 gram kulit batang kina serbuk dengan 1 gelas air hangat.
  • Saring air tersebut dan minum sebanyak 2 kali sehari, pagi dan juga sore hari.
  1. Temulawak [Curcuma Zanthorriza]

Dalam temulawak mengandung zat kuning kurkumin, protein, minyak atsiri, lemak selulosa, pati dan juga beberapa jenis mineral lain. Beberapa komponen penyusun minyak atsiri dalam temulawak ini berguna untuk menurunkan beberapa jenis demam tinggi secara efektif dan cepat. Beberapa komponen minyak atsiri tersebut diantaranya adalah kurkumin, zingiberen, xanthorrizol, atlantan, armeron, tumeron dan juga isofuranogermakren. Senyawa kurkumin sebagai senyawa utama dalam temulawak juga memiliki banyak fungsi lainnya seperti antikarsinogenik, antioksidan dan juga antihiperkolesterolimea.

  • Untuk menurunkan gejala demam memakai temulawak, anda bisa menyeduh temulawak yang sudah diiris tipis tipis dengan air panas.
  • Diamkan beberapa saat kemudian saring dan minum sampai habis hingga demam bisa turun.
  1. Daun Ketela Rambat [Lpomoea Batatas]

Selain sangat murah dan mudah didapat, daun ketela juga bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan untuk tubuh seperti mengatasi demam virus, infeksi atau karena bakteri. Daun ketela ini juga bisa dipakai untuk menyembuhkan konstipasi, sakit kepala, anemia dan juga diare. Daun ketela ini mengandung banyak komponen penting seperti cuprofillin yang juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, lipida, trigliserida serta serum darah. Daun dan juga umbi ketela juga mengandung flavonoida, saponin, polifenol serta beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan juga C, kalsium, protein, fosfor, lemak, zat besi dan hidrat arang yang sangat berguna untuk tubuh.

  • Anda bisa meredakan demam dengan cara mengkonsumsi daun ketela rebus seperti lalapan.
  • Cara lainnya, gunakan sari daun ketela dan minum untuk menurunkan demam dan beberapa penyakit lainnya. 
    Sponsors Link

  1. Krangkong [Ludwigia Adscenden]

Krangkong adalah jenis tumbuhan air yang biasanya tumbuh dengan liar di sepanjang aliran sungai, rawa, sawah dan beberapa area yang tergenang air. Dalam daun krangkong mengandung beberapa zat kimia seperti saponin, flavonoid dan juga kardenolin yang bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau sudah dikeringkan. Tidak hanya bagian daun krangkong saja yang bisa dimanfaatkan, namun semua bagian tumbuhan ini juga bisa dipakai untuk mengatasi banyak penyakit seperti menurunkan demam panas, mengatasi nyeri otot dan juga melancarkan buang air kecil.

  • Rebus daun krangkong segar kemudian saring air rebusan tersebut.
  • Sesudah dingin, minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari hingga sembuh. 
    Sponsors Link

Semua bahan alami yang sudah disediakan dari alam diatas menjadi tanaman herbal untuk demam dan panas secara cepat yang juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit lainnya. Selain mudah didapat, semua jenis tanaman ini juga tentunya lebih aman digunakan dibandingkan obat obatan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan