Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Balita Demam Tinggi dan Penyebabnya

Sponsors Link

Demam adalah hal yang sudah umum dialami oleh anak anak atau orang dewasa. Kondisi tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas sehari hari. Akan tetapi jika demam terjadi pada balita, maka bukan hanya aktivitas balita saja yang terganggu, namun anda sebagai orang tua juga jadi tidak tenang karena khawatir akan penyebab demam.

ads

Sebelum anda memutuskan membawa anak ke dokter, maka observasi awal sebetulnya bisa dilakukan di rumah. Demam panas pada anak dan balita belum tentu menjadi gejala dari penyakit yang serius, namun anda tetap harus memperhatikan perkembangan kondisi tubuh anak setiap waktu. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengatasi balita demam tinggi yang bisa anda lakukan.

Apakah Demam Berbahaya?

Demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, akan tetapi demam panas adalah gejala dari sebuah penyakit. Pada saat ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh anak, maka tubuh akan mengeluarkan pertahanan yang disebut dengan antibodi dan bisa menimbulkan peradangan.

Untuk itu, suhu badan anak akan naik dari suhu normal 37 derajat celcius yang juga bisa bervariasi sesuai dengan usia balita.Apabila demam terjadi, maka ini merupakan tanda baik sebab antibodi dalam tubuh sedang bekerja dengan baik. Panas tubuh yang meningkat merupakan usaha tubuh untuk membunuh benda asing yang masuk ke dalam tubuh tersebut.

Penyebab Demam Pada Balita

Demam pada balita bisa terjadi karena banyak hal dan berikut adalah beberapa penyebab umum demam yang terjadi pada anak anak.

1. Virus

Virus adalah salah satu penyebab demam pada balita. Virus flu menjadi jenis virus penyebab demam yang paling sering menyerang anak anak. Umumnya penyakit ini akan disertai dengan batuk, hidung tersumbat serta demam jika kondisi tubuh anak sudah cukup menurun.

2. Bakteri

Bakteri juga menjadi penyebab umum lainnya dari demam pada anak anak. Umumnya sel darah darah putih atau leukosit akan meningkat dan dokter akan memberikan resep antibiotik untuk demam sesudah melakukan pemeriksaan.

3. Kepanasan

Untuk anak anak yang masih sangat kecil atau bayi, mengenakan baju yang terlalu tebal atau tida mempunyai sirkulasi udara yang baik juga bisa menyebabkan suhu badan meningkat semakin tinggi atau penyebab demam pada balita. Untuk itu, pastikan bayi selalu mengenakan pakaian yang nyaman dan mempunyai sirkulasi udara yang baik di rumah anda.

4. Imunisasi

Imunisasi kadang kadang juga bisa menyebabkan demam pada anak. Akan tetapi, dokter atau bidan yang memberikan imunisasi umumnya akan memberitahukan apabila vaksin yang diberikan akan menyebabkan demam pada anak. Sedangkan untuk obat penurun panas bayi setelah imunisasi juga harus dikonsultasikan dengan dokter atau bidan.

Cara Mengetahui Demam

Termometer menjadi cara paling mudah untuk mengetahui tingginya suhu tubuh pada anak ketika mengalami gejala demam. Sedangkan meraba area dahi atau kulit anak belum cukup namun masih bisa dilakukan sebelum memakai termometer.

Penanganan Balita Demam di Rumah

Cara mengatasi balita demam tinggi di rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai langkah awal untuk penanganan demam. Beberapa diantaranya adalah:

1. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Makanan

Dehidrasi bisa membuat suhu tubuh akan semakin meningkat. Memberikan cairan yang cukup akan membantu anak merasa lebih nyaman sekaligus mengurangi rasa sakit karena peradangan pada beberapa jenis demam. Apabila anak terlihat tidak nafsu makan, maka hal ini masih bisa dikatakan normal namun tetap berikan sedikit demi sedikit tetapi sering.

Sponsors Link

2. Berikan Obat

Pemberian obat atau paracetamol sesuai dengan usia anak bisa diberikan jika suhu tubuh anak sudah mencapai 38 derajat celcius atau mengalami demam berkepanjangan. Untuk dosisnya sendiri juga bervariasi tergantung dari usia balita yang sedang sakit. Hal yang harus diingat adalah demam tidak selalu menjadi suatu pertanda yang buruk.

Suhu tubuh yang meningkat bertujuan untuk membunuh virus atau bakteri yang ada di dalam tubuh. Pemberian obat bisa ditunda apabila anak masih memiliki nafsu makan dan minum yang baik sebab obat sebetulnya bukan menjadi langkah pertama jika anak sedang mengalami demam.

3. Kenakan Pakaian Nyaman Pada Balita

Apabila anak demam, maka jangan kenakan baju yang tebal, selimut tebal atau sesuatu yang terlampau menutupi tubuhnya dan bisa membuat anak berkeringat. Sebaiknya, kenakan pakaian yang tipis dan nyaman namun tetap tidak membuat anak menggigil kedinginan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan