Sponsors Link

10 Cara Mengobati Demam Berdarah Pada Anak Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Cara Mengobati Demam Berdarah Pada AnakSaat musim pancaroba dan saat musim penghujan adalah saat di mana wabah demam berdarah pada anak dapat merebak.  Hal ini terkait dengan penyebaran demam berdarah oleh nyamuk Aedes aegephty yang dapat bertelur di air-air tergenang yang tidak menyentuh.  Nah, saat-saat inilah banyak media tersebut.  Walaupun tidak menutup kemungkinan nyamuk ini berkembang di dalam rumah dan tidak perlu menunggu musim hujan untuk menemui genangan air.

ads

Salah satu orang yang rentan terhadap demam berdarah adalah anak-anak dengan daya tahan tubuh rendah.  Tentu saja penyakit ini terkadang membuat orang tua sangat khawatir.  Oleh karena itu, di bawah ini adalah cara mengobati demam berdarah pada anak atau mengatasi gejalanya hingga tidak terjadi pendarahan hebat.

  1. Obat

Demam berdarah tidak selalu dapat terdeteksi lebih awal.  Hal ini dikarenakan, metode tes darah yang dilakukan adalah melihat penurunan trombosit pada tes darah.  Sementara penurunan ini tidak selalu dilihat di awal gejala.  Jika anak mengalami gejala demam dengue, biasanya dokter akan memberi obat penurun panas jenis Acetaminophen atau biasa dikenal dengan Paracetamol atau jika disebut merek salah satunya adalah Sanmol.  Penggunaan Ibuorofen dan Aspirin dapat mempengaruhi kadar trombosit darah, sehingga sangat dilarang.

  1. Istirahat

Penderita dianjurkan untuk banyak istirahat.  Istirahat akan menghemat energi dan tubuh akan fokus melawan virus yang masuk.

  1. Minum

Anak yang terkena DB diwajibkan untuk banyak minum.  Minum akan membantu mengatasi dehidrasi, menurunkan panas, dan memperlancar peredaran darah.  Selain itu, minum air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Meskipun sedang sakit dan tidak nafsu makan, anak harus makan sedikit-sedikit.  Orang tua harus membujuknya.  Konsumsi makanan yang mudah dicerna sangat dianjurkan karena termasuk makanani untuk penderita demam berdarah dan tipes.  Contoh makanan yang dianjurkan adalah:

  • Jus buah segar
  • Sup hangat
  • Bubur bayi
  • Air Kelapa
  1. Kompres

Umumnya anak demam fever atau demam denggi berdarah akan merasa sakit kepala dan nyeri sendi menyertai panas tubuh. Kompres penurun panas dengan air hangat, kompres daun penurun panas, dan plester kompres demam untuk anak akan membantu mengatasi gejala di atas dan membuat anak merasa lebih nyaman.

Sponsors Link

  1. Menghindari Makanan Tertentu

Selain ada makanan yang harus dikonsumsi, ada makanan yang harus dihindari anak penderita demam berdarah juga menjadi cara mengobati demam berdarah pada anak.  Pantangan makanan demam berdarah tersebut adalah makanan yang mengandung protein kompleks, gula tinggi, dan makanan cepat saji.  Gorengan, fried chicken, dan burger termasuk dalam makanan penyebab demam tinggi dan harus dihindari.  

ads

  1. Vitamin C

Vitamin C banyak terdapat pada sayuran dan buah yang bergizi.  Namun, vitamin C pada kondisi tertentu juga dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet jika anak sulit sekali makan.  Dokter kemungkinan akan meresepkannya.  Vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit sehingga anak akan cepat pulih.

  1. Sari Kurma

Sari kurma menghasilkan banyak energi.  Sari kurma juga rasanya enak sehingga anak akan sulit menolaknya.  Minum sari kurma dua jam setelah obat yang diberikan dokter dapat membantu mengatasi  gejala demam berdarah dan membantu pemulihan.

  1. Angkak

Angkak adalah sejenis beras merah yang berasal dari Tiongkok dan dipercaya meningkatkan trombosit darah dengan cepat.  Angkak dijual di toko-toko herbal dalam bentuk kapsul.  Namun, angkak tidak bisa diminum bersamaan dengan obat dokter.  Atau bisa diminum dua sampai 3 jam setelah obat dokter.

  1. Obat Herbal Lain

Beberapa obat herbal demam berdarah pada anak lain diyakini masyarakat dapat menurunkan panas dan meningkatkan trombsit dalam darah.  Seperti halnya angkak, obat ini tidak dapat dikonsumsi berbarengan dengan obat dokter.  Disarankan untuk coba dikonsumsi sebelum mendapatkan pengobatan dokter sebagai obat alami dan jika demam berdarah tidak menunjukkan gejala parah.  Beberapa obat herbal tersebut, antara lain :

  • Daun Kemangi
  • Jus Buah Jeruk
  • Daun Meniran dan Pegagan
  • Daun Nimba
  • Goldenseal
  • Dauh Buah Pepaya
  • Fenugreek
  • Daun Ketumbar  
    Sponsors Link

  • Jus Delima
  • Daun mahkota dewa
  • Meniran
  • Daun Patikan Kebo

Cara mengobati demam berdarah pada anak di atas dapat dilakukan di rumah dengan disiplin.  Yang harus diperhatikan bahwa anak tetap harus selalu didampingi, agar dapat mengambil tindakan cepat jika ada gejala yang mengkhwatirkan.  Selain itu, pendampingan dapat dilakukan untuk menghindari nyamuk dan menghindari anggota keluarga lain terkena penyakit yang sama.

Segera bawa anak ke dokter jika terlihat mengalami pendarahan, seperti mimisan, muntah darah, dan BAB mengeluarkan darah.  Jangan lupa untuk melakukan cara mencegah bahaya demam berdarah.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan